Traveling Sendirian Atau Rame-Rame Mana yang Lebih Enak?

Melakukan traveling merupakan salah satu cara bagi sebagian orang untuk melepas kepenatan dan mencari hiburan. Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing dalam berlibur ada yang ingin mencari pengalaman baru, mencoba hal-hal baru bahkan untuk mengisi waktu luang saat hari libur.

Aktivitas traveling bisa dilakukan sendirian ataupun rame-rame bersama teman dan keluarga. Berlibur sendirian tentunya akan membuat kalian lebih leluasa mengatur perjalanan. Akan tetapi momen kebersamaan akan susah kalian dapat jika melakukan traveling sendirian.

Lalu sebenarnya mana yang lebih enak antara traveling sendirian atau rame-rame? Berikut beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan :

Budget

Credit : unsplash.com

Biaya yang harus kalian keluarkan saat memutuskan melakukan traveling sendirian tentunya akan lebih besar. Hal ini karena kalian harus menanggung sendiri beberapa biaya yang sebenarnya bisa dinikmati bersama-sama. Contoh biaya itu seperti biaya transportasi, biaya penginapan dan lain sebagainya.

Saat kalian bepergian sendiri maka kalian hanya membayar untuk diri kalian saja. Bayangkan jika kalian melakukan traveling rame-rame pastinya biaya di atas akan saling dibayar oleh teman-teman kalian. Jadi pertimbangkan kembali kondisi keuangan kalian jika ingin memutuskan melakukan traveling sendirian. Pastikan kalian memiliki persediaan budget yang cukup untuk melakukan traveling. Jika tidak, maka traveling rame-rame adalah alternatif agar kalian bisa tetap merencanakan liburan yang menyenangkan.

Pilihan Akomodasi

Credit : unsplash.com

Melakukan traveling dalam beberapa hari tentu sangat penting memikirkan penginapan yang cocok bagi kalian. Jika kalian melakukan perjalanan sendirian kalian bisa bebas memilih jenis penginapan yang akan kalian tempati. Ini tentunya akan sesuai dengan tipe dan kenyamanan kalian. Namun lain halnya jika kalian melakukan traveling rame-rame. Kalian harus rela menerima jenis penginapan manapun sesuai hasil kesepakatan bersama.

Baca juga:  8 Manfaat Dari Traveling Dan Liburan

Hal lain tentunya dalam satu kamar bisa saja digunakan beramai-ramai untuk menghemat biaya. Mungkin bagi sebagian orang ini merupakan keseruan tersendiri bisa bersama-sama. Akan tetapi bagi kalian yang tetap ingin memiliki ruang privasi ini akan sedikit mengganggu.

Pilihan Transportasi

Credit : unsplash.com

Transportasi adalah hal yang sangat penting saat kalian melakukan traveling. Traveling sendirian akan membuat kalian fleksibel menentukan jenis transportasi yang akan ditumpangi. Selain itu, penggunaan transportasi umum akan lebih memungkinkan karena kalian cukup mencari 1 kursi kosong.

Lain halnya jika kalian harus bepergian rame-rame. Kalian harus membooking kursi jauh-jauh hari jika ingin menggunakan transportasi umum. Oleh sebab itu jika kalian melakukan traveling rame-rame maka mau tidak mau harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa travel. Hal ini akan membuat kalian lebih leluasa saat perjalanan.

Penentuan Schedule Perjalanan

Credit : unsplash.com

Setiap orang memiliki waktu luangnya masing-masing. Begitu pula waktu yang tepat untuk melaksanakan liburan. Saat melakukan traveling sendirian, kalian bisa bebas menentukan schedule perjalanan kalian. Tak perlu khawatir bentrok dengan acara ini dan itu. Kalian hanya perlu menyesuaikan dengan jadwal kalian saja.

Namun jika kalian melakukan perjalanan rame-rame tentunya hal ini berbeda. Kalian harus melakukan penyesuaian schedule dengan teman-teman kalian. Disatu sisi ini sangat merepotkan namun disisi lain ini melatih kepandaian kalian untuk menyusun strategi dan jadwal liburan yang menarik.

Makan Menyenangkan?

Credit : unsplash.com

Saat kalian dalam perjalanan sendirian dan memutuskan untuk makan, maka kalian akan lebih mudah mencari tempat makan. Pasalnya kalian hanya butuh mencari 1 tempat kosong tanpa harus mempertimbangkan antrian dan banyaknya pengunjung. Ini tentu sangat menyenangkan.

Di sisi lain jika kalian melakukan perjalanan rame-rame, maka kalian harus benar-benar mencari tempat makan yang pas dengan jumlah teman kalian. Kalian mungkin akan sangat kesusahan. Namun tetap ada hal lain yang bisa menyenangkan perjalanan kalian yaitu suasana makan yang berbeda diselingi obrolan hangat. Selain itu kalian juga bisa diuntungkan jika pada saat itu ada diskon makanan untuk pembelian yang banyak. Makan sendiri ataupun rame-rame tetaplah menyenangkan.

Baca juga:  Tips Agar Baterai Ponsel Tidak Cepat Habis Saat Traveling

Momen Berkesan

Credit : unsplash.com

Mungkin bagi kalian yang berlibur sendirian akan banyak mendapat ketenangan dan kesempatan menyendiri. Ini sekali lagi sesuai dengan tujuan perjalanan kalian. Namun dengan begitu kalian akan kehilangan momen berkesan yang tidak kalian dapat jika melakukan traveling rame-rame. Jika kalian bepergian bersama teman-teman tentunya akan lebih banyak momen yang tercipta. Selain itu kebersamaan akan banyak terjadi dan suasana tidak akan membosankan.

Itulah beberapa hal yang bisa kalian dapatkan jika memilih traveling sendirian atau rame-rame. Dalam melakukan aktivitas traveling sekali lagi setiap orang memiliki tujuannya masing-masing. Bukan sesuatu yang buruk bepergian sendirian ataupun rame-rame. Semua mempunyai hal menariknya masing-masing.

Sekarang sesuai dengan kebutuhan kalian, lagi butuh ketenangan atau kebersamaan? Sendiri ataupun rame-rame pastikanlah perjalanan kalian tetap menyenangkan. Selamat Traveling.

Featured Image Credit : Unsplash.com

Reply