7 Macam Biaya Yang Dikeluarkan Selama Traveling

Yang namanya traveling tentu saja membutuhkan biaya atau anggaran agar traveling dapat berjalan dengan lancar. Bagi seorang traveler, sebelum melakukan perjalanan tentu saya wajib mengetahui apa saja biaya yang perlu dikeluarkan selama traveling. Hal ini diperlukan agar dapat mengatur berapa budget yang diperlukan untuk melakukan traveling. Untuk mengetahui berapa kisaran budget yang diperlukan, Anda harus mengetahui apa saja macam-macam biaya yang perlu dikeluarkan selama traveling. Berikut 7 macam biaya yang dikeluarkan selama traveling.

1. Biaya Transportasi

source: pixabay.com

Untuk mencapai tujuan traveling, tentu saja Anda membutuhkan transportasi. Baik itu transportasi pribadi maupun transportasi umum. Anda harus menghitung berapa biaya yang dibutuhkan untuk transportasi mulai dari berangkat hingga pulang. Biaya transportasi ini juga meliputi transportasi dari rumah Anda ke kota tujuan, dari hotel ke lokasi destinasi wisata dan itu semua dihitung untuk pulang-pergi. Biaya transportasi seperti ongkos, rental kendaraan dan minyak kendaraan.

2. Biaya Makan

source: patick.af.mil

Selama traveling tentu saja Anda tetap membutuhkan makanan. Apalagi bagi Anda pecinta kuliner, tentu saja selalu tergoda untuk mencicipi makanan khas dari daerah tujuan traveling Anda. Hitung berapa kira-kira Anda makan dalam satu hari dan kalikan dengan lama Anda traveling. Berapa kisaran biaya yang diperlukan dalam sekali makan.

3. Biaya Penginapan

source: piqsels.com

Bagi Anda yang traveling hingga berhari-hari tentu saja membutuhkan penginapan seperti hotel, villa atau homestay. Pilih penginapan sesuai budget Anda dan kenyamanan Anda. Hitung berapa biaya yang dibutuhkan selama Anda menginap. Bagi Anda yang traveling ke Yogyakarta dapat menyimak daftar penginapan murah di Yogyakarta.

4. Biaya Pulsa Ponsel dan Paket Internet

source: piqsels.com

Selama traveling tentu saja komunikasi dengan keluarga di rumah tidak boleh terputus. Anda juga membutuhkan paket internet agar bisa mencari informasi atau untuk melihat peta pada ponsel dan juga agar Anda tetap bisa eksis di sosial media. Jadi Anda juga harus menghitung biaya yang diperlukan untuk pulsa ponsel dan paket internet Anda.

Baca juga:  Traveling Di Masa Pandemi? Ini 6 Aplikasi di Smartphone Yang Traveler Wajib Punya!

5. Biaya Tiket Masuk Objek Wisata

source: piqsels.com

Meskipun ada beberapa destinasi wisata yang gratis, tapi kebanyakan dari destinasi wisata mengharuskan untuk membeli tiket masuk. Mungkin sebelum melakukan traveling Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui berapa biaya masuk destinasi yang ingin dikunjungi. Ada berapa destinasi yang harus membeli tiket lalu jumlahkan biaya masuk setiap destinasi.

6. Biaya Visa Jika Traveling Ke Luar Negeri

source: pxfuel.com

Jika traveling ke luar negeri, tentu saja Anda harus membayar visa. Namun juga ada beberapa negara yang menggratiskan visa masuk untuk pemegang pasport Indonesia. Cari tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membayar visa atau malahan gratis.

7. Biaya Tak Terduga

source: flickr.com

Anda juga harus memperhatikan biaya tak terduga. Jangan membawa uang pas-pasan dengan budget yang Anda hitung sebelum berangkat. Hal ini diperlukan untuk menutupi biaya tak terduga. Biaya tak terduga bisa seperti biaya bagasi pesawat, kenaikan ongkos atau tiket masuk, biaya tarik uang di ATM berbeda atau bisa jadi sepatu atau tas yang Anda gunakan rusak jadi harus diganti.

Itulah 7 macam biaya yang dikeluarkan selama traveling. Untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan Anda harus dapat memanfaatkan semua promo yang ada selama traveling.

Reply