Tetap Berpikir Positif Selama Stay at Home, Ini Tips Biar Kamu Tidak Stress Saat #Dirumahaja

Menjaga imun tubuh, sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan di tengah pandemi Corona atau Covid-19 ini. Karena imun tubuh yang kuat, adalah  senjata untuk melawan virus yang mudah menular itu.

Tentu, untuk menjaga imun tubuh sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Rutin berolahraga. Serta pikiran yang positif. Biar tidak stres. Karena itu hilangkan kecemasan. Karena itu bisa memicu stress. Sangat penting, untuk tidak sering menerima informasi yang hanya bikin pikiran cemas. Takut. Perbanyak membaca berita dan informasi yang positif. Informasi yang tetap bisa membuat semangat dan optimisme terus terawat.

Nah, ini beberapa tips biar kamu tidak stress saat stat at home demi menghindari penularan Covid-19. Tips sederhana ini dikutip dari informasi yang ada di aplikasi 10 Rumah Sehat, aplikasi yang dibuat pemerintah dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19. Apa saja tipsnya, yuk kita simak.

Pilah dan Selektif dalam Menerima Informasi atau Membaca Berita

Sumber foto: Irishtimes.com


Di tengah pandemik Corona, banyak berita atau informasi yang bikin pikiran cemas. Kalut. Dan takut. Misalnya, berita tentang jumlah kematian yang melonjak dalam satu hari di satu negara. Berita seperti ini, hanya bikin kita cemas. Seperti dituturkan Peraih Nobel Michael Levitt, informasi yang menakutkan, hanya bikin panik banyak orang. Karena itu, ia meminta media massa untuk lebih banyak memproduksi berita yang bikin semua orang tenang. Tidak panik.

Karena itu baiknya pilah, dan selektif dalam menerima informasi dan berita. Memang kita perlu update berita tentang Covid-19. Tapi usahakan, pilih berita yang bikin pikiran tetap tenang. Coba perbanyak membaca berita atau informasi tentang bagaimana hidup sehat. Atau informasi tentang makanan yang bisa mendukung penguatan daya tahan tubuh.

Baca juga:  5 Jenis Olahraga di Rumah yang Bisa Kalian Lakukan untuk Menjaga Kebugaran di Masa Pandemi

Atau cerita inspiratif dari orang-orang yang berhasil sembuh dari infeksi Corona. Jangan berita yang bikin kamu cemas, misal soal melonjaknya jumlah kematian di satu negara atau tempat. Nah, salah satunya kamu bisa pantengin atau simak talkshow “Human vs Virus” di Disrupto LIVE. Kamu bisa dengarkan talkshow-nya di akun Instagram @disrupto.id. atau dengan mengunjungi situs The Disrupto.

Lakukan Kegiatan yang Bermanfaat dan Menyenangkan

Sumber foto: Alodokter.com

Selama tinggal di rumah, bahkan sampai berpekan-pekan, tentu rasa bosan gampang menghinggapi. Biar tak boring, tidak suntuk, baiknya lakukan kegiatan yang bikin kamu senang. Misalnya, bagi yang hobi membaca, ini saatnya untuk rajin baca buku atau majalah. Tidak punya buku, tak usah bingung. Lewat handphone kamu bisa mengunduh aplikasi yang menyediakan buku-buku yang bisa dibaca secara online atau offline.

Atau kamu, coba jadi koki di rumah. Memasak makanan kesukaan kamu. Jadi bagi kamu yang sedang menjalani program work from home, disela atau saat selesai bekerja, cobalah lakukan kegiatan yang membuat pikiran tetap positif.

Ada banyak website masak memasak yang bisa kamu buka untuk mendapatkan resep masakan yang disukai. Jangan lupa ibadah dan rajin berdoa. Agar pikiran tetap sehat dan positif. Bisa juga bagi yang suka main game, luangkan waktu bermain game. Tapi ingat, jangan kebablasan. Sampai lupa waktu. Karena bagaimana pun biar kesehatan terjaga, kamu harus cukup istirahat.

Belajar Bahasa Asing Secara Online

Sumber foto: Detik.com

Biar waktu luangmu selama di rumah jadi bermanfaat, tidak salahnya kamu coba untuk ikut kelas belajar online. Misalnya ikut belajar online bahasa asing.  Bisa via channel YouTube, atau aplikasi seperti Duolingo, Memrise, Really English, dan lain-lain. Intinya, manfaat waktu luang yang tersedia untuk kegiatan yang bawa manfaat. Kegiatan yang bikin pikiran tetap positif. Pendemi Covid-19 reda, kamu pun bisa nambah Ilmu. Dan yang harus tetap diingat, patuhi anjuran pakar kesehatan dan pemerintah. Stay at home. Jaga jarak aman atau physical distancing dengan disiplin. Semoga, wabah Covid-19 ini bisa cepat hilang.

No Responses

Reply