Buah Jeruk dan Kulitnya Berpotensi Tangkal Corona, Ini Cara Buat Infused Water dari Buah Tersebut


Saat ini para ilmuwan khususnya yang bergelut di bidang virologi dan farmasi sedang bekerja keras membuat vaksin dan obat yang bisa menangkal bahkan membunuh virus Corona atau Covid-19. Beberapa vaksin, kini tengah menjalani uji klinis, seperti yang dilakukan para ilmuwan di Amerika Serikat, China dan Jerman.

Para ilmuwan dan peneliti di Indonesia pun tak mau ketinggalan, bekerja keras menemukan formula yang tepat untuk menangkal virus Corona. Kabar baiknya, Peneliti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), salah satu universitas terkemuka di Indonesia, sudah melakukan penelitian salah satu formula yang disebut berpotensi bisa menangkal virus Corona.

Formula tersebut berasal dari buah jeruk dan kulitnya. Mengutip berita yang dimuat di Detik.com,  Tim peneliti dari Fakultas Farmasi UGM berhasil menemukan sejumlah senyawa yang punya potensi bisa menangkal virus Corona atau Covid-19. Penelitian bertajuk,”Revealing the Potency of Citrus and Galangal Cobstituents to Halt SARS-CoV-2 Infection” dilakukan oleh Rohmad Yudi Utomo, Apt, MSc, Dr Muthi Ikawati, Apt, MSc,,PhD, Rohmad Yudi Utomo, Apt, MSi, dan Prof Dr Edyi Meiyanto, Apt, MSi, PhD. Hasil studi telah diterbitkan di jurnal internasional non peer-reviewed, Preprints, grup MDPI (2020).

Senyawa Hesperidin Buah Jeruk

Sumber foto: Pexels.com

Dari penelitian tim UGM ini, senyawa  yang terkandung dalam buah jeruk berpotensi untuk menangkal virus Covid-19. Buah jeruk dan kulitnya, menurut penelitian tim UGM ini,  mengandung senyawa flavonoid, yakni hesperidin.  Hesperidin dalam buah jeruk dan kulitnya ini, kandungannya lebih tinggi dibanding lengkuas, secang, dan kunyit.

Lalu apa gunanya hesperidin? Menurut hasil studi study screening secara komputasi yang dilakukan tim UGM, hesperidin dalam buah jeruk, bermanfaat sebagai imunomodulator. Atau sederhananya, bisa meningkatkan imunitas. Manfaat lainnya sebagai anti-inflamasi, dan antioksidan. Jadi jeruk ini jadi bahan alami yang potensial menangkal Betacoronavirus, dimana salah satunya adalah SARS-CoV-2, penyebab dari  Covid-19. Masih menurut tim UGM, senyawa dalam jeruk bisa menciptakan sebuah blokade yang akan menghambat perkembangan virus untuk menginfeksi sel inang ataupun mereplikasi diri.

Baca juga:  Penganan Khas Idul Fitri Dari Berbagai Negara

Kulit Jeruk Paling Banyak Mengandung Senyawa Antivirus

Sumber foto: Pixabay.com

Lalu bagian mana dari buah jeruk yang paling banyak mengandung senyawa anti virus atau hesperidin? Menurut hasil penelitian tim UGM, senyawa antivirus berupa hesperidin dalam buah jeruk, paling banyak ada di kulitnya. Jadi, kalau ingin mendapatkan manfaat dari senyawa hesperidin di buah jeruk, ya mesti dikonsumsi bersama kulitnya.  Pertanyaannya, bagaimana makan buah jeruk langsung dengan kulitnya? Apakah itu enak? Amankah dari zat pestisida yang mungkin saja nempel tertinggal di buah jeruk?

Cara mengkonsumsi biar senyawa hesperidinnya bisa dirasakan, buah jeruk bisa dibuat jadi infused water. Jadi, buah jeruk masih bisa dikonsumsi tanpa mengupas kulitnya. Atau bisa juga menambahkan teh yang diseduh dengan irisan buah jeruk yang diiris dengan kulitnya.

Infused Water Buah Jeruk

Sumber foto: Alodokter.com

Nah, daripada bengong dan suntuk selama jalani physical distancing di rumah, mending buat infused water dari buah jeruk dan kulitnya. Cara buatnya gampang kok. Tidak ribet. Bisa dilakukan sendiri di rumah.

Begini cara buatnya.

Pertama, sediakan beberapa butir buah jeruk, bisa jeruk jenis apa saja.  Setelah itu, cuci buah jeruk itu dengan bersih. Ada cairan pencuci yang aman untuk bersihkan buah atau sayuran biar tak mengandung zat pestisida yang mungkin nempel di kulit jeruk.

Langkah kedua, potong-potong atau iris-iris buah jeruk tersebut tipis-tipis. Tapi ingat jangan dikupas. Iris dengan kulitnya ya, karena itu yang mengandung banyak

Langkah ketiga, setelah itu masukkan irisan buah jeruk itu ke dalam toples atau botol kaca. Nah, biar air sarinya keluar, tekan sedikit demi sedikit pakai sendok kayu.

Langkah keempat, masukkan es batu dalam toples atau botol kaca yang berisi irisan buah jeruk dan kulitnya itu. Tutup rapat, lalu simpan di lemari es. Biarkan air sarinya bercampur dengan es batu tersebut. Atau cukup direndam pakai air putih. Tapi, biar sarinya keluar, tekan-tekan atau peras sedikit irisan buah jeruknya ya.

Baca juga:  Beraktivitas Saat 'New Normal', Perlu Perlengkapan Apa Saja?

Nah, bila esnya mencair atau air putih telah bersatu dengan sari jeruk itu, infused water buah jeruk sudah bisa dikonsumsi. Tapi, agar khasiatnya terasa, jangan simpan terlalu lama. Infused water buah jeruk itu sendiri tahan untuk 24 jam ke depan. Konsumsi secara rutin. Selamat mencoba.

Reply