Sedang Stay at Home, Ini Beberapa Jus Buah Penguat Imunitas Tubuh yang Gampang Dibuat di Rumah

Diam di rumah. Demikian imbauan dari pemerintah di tengah pandemi Covid-19 atau Corona. Beberapa negara bahkan memberlakukan kebijakan ekstrem, menutup seluruh wilayah negaranya. Warganya wajib diam dalam rumah. Mengkarantina diri selama berpekan-pekan.

Dan, biar tidak ada yang melanggar, sanksi denda dan penjara pun diberlakukan. Seperti yang ditempuh negara-negara di belahan benua Eropa. Italia, Spanyol, Serbia dan Perancis yang memberlakukan sanksi dan denda bagi siapa pun di negara itu yang melanggar aturan karantina di rumah masing-masing.

Di tengah belum ada vaksin dan obat yang ampuh membunuh virus Corona, semua orang dilanda cemas. Cara yang terbaik jaga jarak dan diam di rumah. Cara lain untuk menangkal virus, jaga daya tahan tubuh biar tetap sehat. Rajin olahraga meski itu dalam rumah atau hanya di teras atau di balkon apartemen. Istirahat yang cukup. Dan yang sangat penting, konsumsi makanan-makanan yang sehat. Makanan bergizi. Makanan yang bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Nah, bagi kamu yang sedang #dirumahaja, daripada bingung mau ngapain, dan agar tak terus cemas, apalagi stress, baiknya coba saja jadi koki di rumah. Racik sendiri masakan atau minuman sehat di dapur sendiri.

Berikut, beberapa jus sehat yang bisa membantu untuk meningkatkan imun yang bagus diminum selama jalani physical distancing di rumah.

Jus JerukĀ Atau Infused Water Buah Jeruk

Sumber foto: Pixabay.com

Siapa pun tahu, buah jeruk itu banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Jeruk mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Jeruk juga dipercaya sebagai buah obat sariawan. Mengkonsumsi jeruk, bisa langsung dimakan, atau dibuat ja di minuman. Misalnya, dibuat jus. Cara buatnya pun gampang. Tidak ribet.

Baca juga:  Rekomendasi Kuliner Jogja Murmer, Cocok Buat Traveller Low Budget!

Kalau pun di rumah tak ada blender, buat saja infused water dari buah jeruk. Bikinnya gampang. Buah jeruk, jenis apa saja bisa digunakan sebagai bahannya. Tinggal iris tipis tanpa membuang kulitnya. Masukkan dalam toples atau botol kaca. Tekan-tekan sedikit biar sarinya keluar. Campur dengan air. Simpan dalam kulkas. Setelah disimpan beberapa saat bisa langsung dikonsumsi.

Jus Semangka 

Sumber foto: Pixabay.com

Buah lainnya yang punya banyak manfaat untuk meningkatkan imunitas adalah semangka. Mengkonsumsi buah ini bisa langsung dimakan atau dibikin jus. Cara buatnya gampang. Tinggal diblender. Bisa ditambahkan gula untuk menambah rasa manis. Tapi jangan banyak gula. Tak baik juga jika berlebihan.

Jus Kale, Bayam, dan Selada

Sumber foto: Merdeka.com

Tidak hanya buah-buahan yang bisa dibuat jus. Sayuran pun bisa dibuat jus. Sayuran seperti kale, bayam, dan selada bisa dibuat jadi jus yang menyehatkan tubuh.

Manfaat dari jus kale, bayam, dan selada ini banyak. Mengandung vitamin A, C, B-6, zat besi, dan kalsium yang baik untuk membantu meningkatkan sistem imun.

Jus Tomat, Kale dan Seleri

Sumber foto: Sehatq.com

Tomat juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Karena buah tomat vitamin C dan folat yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari infeksi. Nah, buah tomat juga bisa dibuat jus dengan dicampurkan dengan bahan seperti kale dan seleri. Jus dengan ketiga bahan ini, mengandung vitamin A, C, magnesium, potasium, zat besi, dan juga lemak nabati. Jus ini baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, jus campuran ini bisa jadi bahan alami untuk melindungi tubuh dari peradangan.

Reply