Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Traveling

Traveling memang suatu kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, karena memang traveling memiliki banyak manfaat. Meskipun sudah sering dilakukan masih saja ada traveler yang sering melakukan kesalahan. Akibatnya traveling yang tadinya diharapkan untuk bersuka ria malah menjadi kacau dan berantakan.

Oleh karena itu selain Anda harus memperhatikan tips dan trik melakukan traveling, Anda juga harus mengetahui kesalahan yang sering dilakukan oleh traveler saat traveling. Berikut ini 6 kesalahan yang sering dilakukan saat traveling.

1. Packing Terlalu Banyak Dan Barang Tidak Sesuai Destinasi

Masih banyak traveler yang membawa perlengkapan traveling terlalu banyak. Biasanya barang yang dibawa berlebihan itu seperti pakaian. Saking banyaknya sampai ada pakaian yang tidak sempat dipakai. Wajar saja kita ingin terlihat modis dan trendy ketika traveling, tapi jangan sampai berlebihan. Selain berlebihan terkadang pakaian yang dibawa tidak sesuai dengan destinasi tujuan. Membawa barang yang berlebihan malah akan membuat Anda kesusahan untuk membawanya. Membawa barang secukupnya juga merupakan salah satu cara menghindari kelebihan biaya bagasi.

2. Jadwal Terlalu Padat

Terkadang kita tidak mempunyai banyak waktu libur untuk melakukan traveling. Meskipun begitu kita tetap dapat melakukan traveling dengan waktu yang pendek. Karena waktu yang pendek, banyak para traveler yang membuat itinerary yang terlalu padat. Memasukan banyak destinasi yang harus dikunjungi, seakan ingin mengejar target. Jadwal yang terlalu padat malah membuat Anda terlalu capek bahkan bisa mengganggu kesehatan. Selain itu Anda juga tidak dapat menikmati destinasi wisatanya, karena baru sampai di satu tempat wisata, Anda malah harus pindah ke wisata lain.

3. Tidak Mau Makan Di Street Food

Credit : kotakwarna.com

Saat traveling inilah waktu yang tepat untuk menikmati kuliner khas dari suatu daerah. Namun tidak semua kuliner khas daerah yang dijual di restoran. Terkadang ada makanan yang hanya bisa ditemui pada warung pinggir jalan. Namun masih saja ada yang takut untuk mencoba makanan di warung pinggir jalan atau street food. Jangan takut mencoba makan di street foot, asalkan Anda tetap memperhatikan tips berburu kuliner saat traveling.

Baca juga:  9 Tips Dan Etika Menginap Di Hotel

4. Kurangnya Riset

Young woman using phone in a cafe, travel concept

Sebelum melakukan traveling Anda harus melakukan riset untuk mengetahui berbagai hal tentang daerah tujuan traveling. Mulai dari riset tentang destinasi favorit, makanan khas, cuaca hingga peraturan dan etika saat berada di daerah tersebut. Jangan hanya melakukan riset melalui ulasan di internet saja. Sebaiknya Anda juga melakukan riset dengan bertanya kepada warga lokal. Karena mungkin saja ada destinasi wisata yang jauh lebih seru tapi tidak dimuat di internet.

5. Tidak Menginstal Safe Travel

credit: instagram.com/pergidulu

Safe Travel adalah aplikasi ponsel yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia. Aplikasi ini sangat membantu Anda dalam melakukan riset dan mendapatkan info tentang berbagai negara. Karena manfaatnya ini jangan sampai Anda tidak menginstal Safe Travel saat traveling ke luar negeri. Untuk mengetahui manfaat lain dari Safe Travel, Anda dapat menyimaknya pada artikel fitur dan manfaat Safe Travel untuk traveling ke luar negeri.

6. Nginap Di Hotel Yang Jauh Dari Tempat Wisata

Untuk menghemat pengeluaran agar tidak kehabisan uang ketika traveling, tentu kita memilih hotel dengan biaya yang murah. Sayangnya hotel murah ini terkadang lokasinya jauh dari destinasi wisata. Memang biaya menginap di hotelnya murah, tapi jika lokasinya jauh dari lokasi wisata tentu juga akan membutuhkan ongkos untuk transportasi menuju tempat wisata. Selain itu juga akan membutuhkan banyak waktu. Jadi pikir-pikir lagi jika memilih hotel yang murah, jika lokasinya dekat dengan lokasi wisata tujuan Anda maka tidak masalah.

Jangan sampai traveling Anda menjadi kacau dan berantakan karena melakukan kesalahan saat traveling. Dengan mengetahui 6 kesalahan yang sering dilakukan saat traveling diatas, Anda tidak melakukan kesalahan tersebut.

Baca juga:  Manfaat Safe Travel Untuk Traveling Ke Luar Negeri

Featured image: wystc.org

Reply