Tips Menghindari Kelebihan Biaya Bagasi

Ketika traveling menggunakan pesawat terbang, ada yang namanya biaya bagasi. Biaya bagasi sering kali menjadi kendala atau menjadi pengeluaran tak terduga saat traveling. Ada beberapa maskapai yang menggratiskan biaya bagasi dengan ukuran dan berat tertentu, namun sayangnya kebijakan ini sudah mulai dihapuskan.

Sudah susah payah menghitung berapa anggaran yang diperlukan untuk traveling, eh malah jauh meleset karena biaya bagasi pesawat sangat mahal. Agar biaya traveling tidak dihabiskan hanya karena harus membayar bagasi pesawat, ikuti tips menghindari kelebihan biaya bagasi berikut.

1. Gunakan Koper Yang Ringan

credit: pixabay.com

Koper atau tas diperlukan untuk menyimpan dan mengangkut semua barang bawaan selama traveling. Ada berbagai macam ukuran koper yang dapat Anda gunakan. Pilihlah ukuran koper yang sesuai dengan banyak barang yang akan dibawa. Jika hanya membawa sedikit barang, jangan menggunakan koper yang besar, tapi harus pastikan juga apakah punya cukup ruang untuk membawa oleh-oleh.

Berat koper juga harus diperhatikan, supaya bagasi Anda tidak bertambah berat hanya karena sebuah koper. Meskipun memilih koper yang ringan, tetap harus memperhatikan kualitas, ketahanan dan keamanan koper agar tidak mudah dibobol saat di bandara.

2. Bawa Pakaian Sesuai Destinasi

credit: piqsels.com

Jika destinasi tujuan sedang musim panas, jangan membawa jaket, karena tidak akan terpakai. Bawalah pakaian yang cocok dipakai saat musim panas. Membawa pakaian sesuai destinasi memungkinkan agar pakaian yang tidak akan terpakai tidak terbawa dan menambah berat bagasi saja. Bawa pakaian seperlunya saja dan usahakan dengan warna yang netral, agar mudah serasi saat digunakan dengan pakaian yang lain.

3. Bawa Barang Seperlunya Saja

Saat packing barang bawaan ke koper atau tas, pastikan dulu barang tersebut diperlukan atau tidak. Supaya tidak perlu membawa banyak barang, bawalah barang yang multifungsi. Kenali tujuan destinasi agar mengetahui barang apa saja yang diperlukan dan yang tidak diperlukan. Peralatan untuk traveling ke gunung tentu saja berbeda dengan peralatan yang harus dibawa saat ke pantai.

Baca juga:  Manfaatkan Fasilitas Traveling Virtual 5 Museum Ini Saat Harus di Rumah Saja

4. Gunakan Tas Jinjing Yang Besar

credit: pexels.com

Gunakan tas jinjing dengan ukuran besar agar Anda dapat menyimpan barang-barang kecil kedalam tas tersebut. Tips ini berguna supaya tidak semua barang bawaan masuk bagasi dan agar koper tidak terlalu berat. Karena tas jinjing boleh dibawa kedalam kabin pesawat tanpa biaya bagasi. Anda dapat memasukan charger, dokumen, make up dan barang kecil lainnya. Namun harus diperhatikan juga berapa ukuran dan berat maksimal tas yang boleh dibawa ke kabin pesawat.

5. Gunakan Jaket Yang Banyak Saku

credit: baomoi.com

Ketika akan berpergian menggunakan pesawat, outfit yang digunakan sebaiknya adalah jaket yang banyak mempunyai saku. Saku pada jaket ini dapat juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang yang kecil jika tas jinjing sudah mencapai batas maksimal. Namun mungkin Anda akan sedikit ribet saat melewati pemeriksaan bandara sebelum masuk pesawat.

6. Cara Licik Menghindari Kelebihan Bagasi

credit: notiuno.com

Jika menurut Anda barang bawaan yang masuk bagasi masih berat, mungkin Anda tertarik untuk mencoba cara licik agar bagasi tidak terlalu berat. Cara liciknya yaitu dengan memakai pakaian yang berat dan dipakai berlapis. Gunakan pakaian yang berat hingga 2 atau 3 lapis dan ditambah dengan jaket. Anda juga dapat menggunakan syal yang bertumpuk dileher. Lumayan bisa mengurangi berat bagasi 2 hingga 4 kg.

Dengan mengikuti 6 tips menghindari kelebihan biaya bagasi diatas Anda dapat menghemat biaya yang perlu dikeluarkan untuk membayar bagasi. Cara ini juga bermanfaat agar Anda tidak kehabisan uang saat traveling.

Featured image: monagiza.com

Reply