Rekomendasi Destinasi Wisata Di Sumatera Barat

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, termasuk Sumatera Barat. Potensi keindahan alam, kuliner dan budaya menjadi daya tarik provinsi ini wajib untuk dimasukan kedalam list tujuan wisata. Bagi Anda yang belum menentukan mau kemana untuk berwisata atau bagi yang ingin berwisata ke Sumatera Barat, intip rekomendasi destinasi wisata di Sumatera Barat yang harus dicoba.

1. Kawasan Saribu Rumah Gadang

credit: instagram.com/ride_my_dream

Bagi yang ingin mengenal lebih dekat tentang kebudayaan Minangkabau, Anda harus berkunjung ke kawasan Saribu Rumah Gadang. Penamaan ini diberi karena kawasan ini memiliki banyak sekali Rumah Gadang (rumah adat Minangkabau) dalam berbagai ukuran. Kawasan Saribu Rumah Gadang ini berada di Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Untuk menuju kawasan ini akan memerlukan waktu sekitar 4 hingga 5 jam dari Bandara Internasional Minangkabau.

2. Pantai Aia Manih

credit: prokabar.com

Pasti sudah banyak yang tahu kisah tentang anak yang dikutuk menjadi batu, Malin Kundang. Batu Malin Kundang ini berada di pesisir Pantai Aia Manih, Kota Padang. Selain karena keberadaan Batu Malin Kundang, ombak yang indah juga menjadi daya tarik agar pantai ini dikunjungi. Uniknya dari Pantai Aia Manih adalah Anda bisa menyeberang ke pulau terdekat yaitu Pulau Pisang hanya dengan berjalan kaki.

3. Museum Bung Hatta

credit: wikimedia.com

Selain Museum Adityawarman, Sumatera Barat juga mempunyai museum lain yang patut untuk dikunjungi, Museum Bung Hatta. Museum Bung Hatta adalah rumah kelahiran dari salah seorang pahlawan Indonesia sekaligus wakil presiden Indonesia yang pertama, Mohammad Hatta. Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta berguna untuk mengenali masa kecilnya Bung Hatta. Lokasi dari Museum Bung Hatta ini berada di Jl. Soekarno-Hatta no. 37 Kota Bukittinggi.

Baca juga:  Jalan-jalan ke Pangandaran dan Green Canyon

4. Jam Gadang

credit: flickr.com

Jam Gadang merupakan ikon dari Sumatera Barat khususnya Kota Bukittinggi. Belum ke Sumatera Barat namanya jika belum berkunjung ke Jam Gadang. Tak peduli musim liburan atau tidak, destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi mulai dari pagi hingga tengah malam. Jam Gadang juga dapat sebagai destinasi untuk merayakan malam tahun baru. Jam Gadang juga merupakan titik nol dari Kota Bukittinggi.

5. Panorama Ngarai Sianok

credit: saribundo.biz

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam yang berada di perbatasan Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam. Ngarai Sianok ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Suasana di Ngarai Sianok ini sangat tenang, asri dan segar yang akan membuat Anda betah berlama-lama berada disana. Di Ngarai Sianok ini juga terdapat objek wisata Janjang Saribu atau Janjang Koto Gadang yang mirip dengan Tembok Besar China.

6. Lubang Japang

credit: pexel.com

Lubang Japang juga disebut dengan Lobang Jepang adalah sebuah benteng pertahanan yang dibuat pada masa penjajahan Jepang di Indonesia. Berbentuk seperti terowongan yamg sangat panjang, bercabang dan diawali dengan menuruni tangga mengharuskan Anda untuk mempersiapkan tenaga lebih sebelum masuk. Pada Lobang Japang ini juga tersedia pemandu yang bersedia menjelaskan sejarah tentang Lobang Jepang ini. Pintu masuk objek wisata ini bisa melalui taman Panorama Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi.

7. Lembah Harau

credit: flickr.com

Lembah Harau merupakan kawasan perbukitan dan lembah yang berada di Kabupaten Limapuluh Kota. Ada banyak aneka objek wisata di Lembah Harau ini seperti air terjun dan juga Kampung Eropa. Pemandangan yang begitu asri menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang instagramable banget. Untuk biaya masuk kawasan Harau ini Anda akan dikenai sekitar 7000 rupiah. Anda juga dikenai biaya parkir untuk setiap objek wisata jika berkunjung menggunakan kendaraan.

Baca juga:  Gunung Singgalang, Pesona Keindahan Alam Eksotis di Atap Sumatera Barat

8. Wisata Kepulauan Mentawai

credit: mentawaisurflodge.com

Wisata Kepulauan Mentawai adalah surga yang tersembunyi di Sumatera Barat. Saking tersembunyi wisata-wisata yang berada di kepulauan ini sangat jarang sekali orang Indonesia mengetahuinya. Namun wisata di Kepulauan Mentawai cukup populer oleh wisatawan mancanegara. Memiliki pulau-pulau dan pantai yang sangat eksotis. Wisatawan mancanegara sangat tertarik dengan kepulauan ini karena memiliki ombak yang sangat indah.

9. Danau Singkarak

credit: minangtourism.com

Jika ingin menikmati keindahan danau di Sumatera Barat, Danau Singkaraklah tempatnya. Danau Singkarak merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera. Anda bisa memancing, bermain perahu bebek di tepi danau ini. Jika Anda ingin menyusuri hingga ke tengah danau, ada juga perahu yang siap mengantarkan pulang pergi. Dari tengah danau Anda bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Talang dan juga Gunung Marapi. Danau Singkarak berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

10. Puncak Lawang

credit: wikipedia.org

Puncak Lawang juga sering disebut dengan Lawang Park berada di Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Dari Puncak Lawang ini ini Anda dapat menikmati indahnya Danau Maninjau dari ketinggian. Jika Anda punya nyali, Anda dapat menyewa dan bermain Paralayang yang akan dipandu oleh ahlinya. Untuk menuju tempat ini memerlukan waktu tempuh sekitar satu jam dari Jam Gadang.

Jika Anda ingin berkunjung ke Sumatera Barat itulah 10 rekomendasi destinasi wisata di Sumatera Barat yang patut dikunjungi. Bagi Anda yang dari luar provinsi, Anda dapat memilih pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Minangkabau.

Reply