Jangan Lupa Coba 10 Makanan Ini Saat Traveling Ke Sumatera Barat

Setelah membaca rekomendasi wisata di Sumatera Barat, apakah Anda sudah merencanakan ingin traveling ke Sumatera Barat? Nah, bagi Anda yang ingin atau sedang traveling ke Sumatera Barat, tidak afdhol jika tidak mencoba makanan khas dari negeri Minangkabau tersebut. Berikut 10 makanan khas Sumatera Barat yang harus Anda coba paling tidak sekali seumur hidup.

1. Randang

credit: travistory.com

Konon katanya Randang adalah salah satu makanan terenak di dunia. Dengan begitu banyaknya rempah-rempah yang dimasukan saat proses memasak tidak salah membuatnya sangat disukai semua orang. Randang sangat terkenal hingga ke pelosok Indonesia membuatnya sangat mudah ditemukan bahkan di luar Sumatera Barat. Ada berbagai jenis Randang yang harus dicoba yaitu Randang Daging, Randang Talua atau telur, Randang Belut, dan Randang Ayam.

2. Sala Lauak

credit: wikipedia.org

Sala Lauak merupakan salah satu gorengan khas dari Sumatera Barat tepatnya dari daerah Pariaman. Jika berwisata ke daerah Pariaman seperti Pantai Gandoriah, sangat mudah menemui pedagang yang menjual makanan ini. Terbuat dari campuran tepung, ikan dan tambahan bumbu yang khas membuat siapa saja yang mencicipinya tidak bisa berhenti. Sala Lauak berbentuk seperti bola-bola kecil berwarna kuning kecoklatan seperti Bakwan.

3. Sate

credit: backpackerjakarta.com

Sate salah satu makanan yang hampir ada setiap daerah di Indonesia. Di Sumatera Barat pun juga ada Sate. Ada dua Sate yang terkenal di Sumatera Barat yaitu Sate Dangung-Dangung yang bisa ditemui di daerah Payakumbuh. Ada juga Sate Pariaman dari daerah Pariaman. Sate dari Sumatera Barat sama dengan Sate dari daerah lain yang terbuat dari Daging Ayam atau daging Sapi. Yang membedakannya tentu saja rasa dan tekstur dagingnya.

Baca juga:  Minuman Khas Sumatera Barat Yang Harus Dicoba

4. Galamai

credit: instagram.com/sigadih_minang

Jika di daerah Jawa ada yang namanya Dodol, di Minangkabau ada namanya Galamai. Ciri khas dari Galamai berbeda-beda di setiap daerah di Sumatera Barat. Mulai dari rasa, tekstur dan tambahan dalam adonannya yang membuat beda di setiap daerah.

5. Bareh Randang

credit: wikipedia.org

Makanan khas satu ini biasanya hanya dapat ditemui di daerah darek Minangkabau utamanya daerah Payakumbuh. Bareh Randang terbuat dari tepung beras, santan dan manisan. Makanan ini biasanya disajikan pada acara adat. Namun begitu, Bareh Randang masih dapat ditemui di pusat oleh-oleh Sumatera Barat.

6. Karupuak Sanjai

credit: wikipedia.org

Karupuak Sanjai juga biasa disebut dengan Keripik Sanjai. Karupuak Sanjai terbuat dari irisan singkong yang digoreng. Biasanya makanan ini terdiri dari 3 macam rasa yaitu balado, saka

atau gula merah dan juga rasa tawar. Jika ingin membawa oleh-oleh dari Sumatera Barat, Karupuak Sanjai adalah pilihan yang sangat tepat.

7. Lamang

credit: wattpad.com

Pada dasarnya Lamang terbuat dari beras ketan yang dimasukan kedalam bambu yang sudah dilapisi dengan daun pisang lalu dibakar. Lamang dengan bahan dasar ketan ini lebih nikmat dicampur dengan tapai ketan. Selain ketan, ada juga Lamang yang terbuat dari pisang, ubi dan labu. Lamang yang paling mudah ditemui yaitu Lamang Ketan.

8. Gulai Tambusu

credit: netz.id

Jika sedang berwisata ke Jam Gadang, jangan lupa untuk berkunjung ke Pasar Lereng, Bukittinggi. Disana Anda dengan mudah menemui warung makan yang menyajikan menu Tambusu. Gulai Tambusu sendiri adalah gulai dengan bahan dasar yaitu usus sapi atau kerbau yang diisi dengan tahu, telur dan bumbu-bumbu lainnya. Gulai Tambusu berasal dari Nagari Kapau kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Baca juga:  Mengenal Warung Kopi Kong Djie, Sisi lain dari Pulau Belitung

9. Palai

credit: instagram.com/khairanifahmi88

Palai adalah pepes dari Sumatera Barat. Bentuk dan cara pembuatannya sama seperti Pepes dari Jawa Barat, namun biasanya bahan utama dari Palai adalah ikan-ikan kecil. Palai biasanya sangat mudah ditemui saat bulan puasa. Ada macam-macam Palai yaitu Palai Bada dengan bahan utamanya Ikan Teri dan parutan kelapa. Ada juga Palai Ikan Bilih yang biasa dijual sekitaran Danau Singkarak. Ada juga Palai dengan bahan utama dari Udang.

10. Gulai Itiak

credit: instagram.com/gulaiitiak.unipia

Selain Gulai Tambusu, di Pasa Lereang juga ada makanan khas yang harus dicoba yaitu Gulai Itiak. Bahan utama dari Gulai Itiak adalah itiak atau bebek. Gulai Itiak sama seperti Gulai Tambusu yang juga berasal dari Kabupaten Agam. Jika Tambusu dari Nagari Kapau, maka Gulai Itiak dari Nagari Koto Gadang.

Itulah 10 makanan khas yang harus dicoba jika sedang traveling ke Sumatera Barat. Jadi apakah masih ingin mencoba makanan khas tersebut sekali seumur hidup atau malah jadi ketagihan?

featured image: wikipedia.com

Reply