Tips Dan Persiapan Sebelum Traveling Ke Luar Negeri

Indonesia memang sangat banyak memiliki destinasi wisata yang seru untuk dikunjungi. Namun bukan berarti menjadikan Anda menutup kemungkinan untuk melakukan traveling ke luar negeri. Dengan traveling ke luar negeri maka akan menambah wawasan, pengalaman dan tantangan yang berbeda dibanding saat traveling di dalam negeri.

Ketika traveling ke luar negeri tentu saja ada beberapa persiapan yang berbeda dengan persiapan traveling di dalam negeri. Bagi Anda yang ingin melakukan traveling ke luar negeri, berikut tips dan persiapan sebelum traveling ke luar negeri.

1. Buatlah Paspor

Tanda pengenal seperti KTP dan SIM tidak akan berlaku jika Anda bertraveling ke luar negeri. Tanda pengenal Anda yang berlaku selama Anda di luar negeri adalah paspor. Persiapkanlah paspor sebelum melakukan traveling ke luar negeri. Anda dapat membuat paspor di kantor imigrasi terdekat. Jangan lupa untuk fotocopy dan scan paspor Anda untuk mempermudah proses jika Anda kehilangan paspor. Beberapa negara mengharuskan sisa masa berlaku minimal paspor yang berbeda-beda. Pastikan siaa masa berlaku paspor Anda minimal 6 bulan sebelum paspor kadaluarsa.

2. Persiapkan Visa

Agar bisa masuk ke negara lain, Anda juga harus menyiapkan visa. Visa adalah izin untuk memasuki negara suatu negara, biasanya berupa cap yang ditempelkan pada paspor Anda. Setiap negara mempunyai aturan visa yang berbeda-beda. Ada negara yang memberlakukan bebas visa, yang artinya Anda tidak perlu mengurus visa jika ingin memasuki negara tersebut. Ada juga Visa On Arrival, yaitu visa yang di urus ketika Anda baru saja memasuki negara tersebut, biasanya diurus di Bandara negara tujuan.

Selain 2 jenis visa tadi, ada juga visa yang harus Anda urus sebelum melakukan perjalanan ke negara tersebut. Visa jenis ini biasanya diurus pada kedutaan besar negara tujuan Anda. Namun tidak semua pengurusan visa akan disetujui, Anda juga harus mengetahui alasan kenapa pengajuan visa ditolak.

Baca juga:  6 Barang Penyelamat Ketika Traveling

3. Lakukan Riset Negara Tujuan

Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, sebaiknya lakukan riset tentang negara tujuan Anda. Lakukan riset seperti destinasi wisata, makanan khas, kebudayaan, aturan dan etika negara tujuan. Anda juga harus melakukan riset tentang status keamanan negara, tentang kesehatan dan juga tentang keimigrasian dari negara tujuan Anda.

4. Lakukan Vaksinasi

credit: pixabay.com

Setelah melakukan riset tentang segala hal dari negara tujuan traveling, termasuk juga tentang kesehatan, maka lakukanlah vaksinasi sesuai virus atau penyakit apa yang mungkin mengancam Anda selama berada di negara tersebut. Lakukan vaksinasi beberapa bulan sebelum Anda melakukan traveling. Anda pasti tidak mau kan terkena penyakit saat melakukan traveling, jangan sampai rencana untuk bersuka ria malah hancur karena terserang penyakit.

5. Tentukan Akomodasi Sebelum Berangkat

Akomodasi yang Anda gunakan selama traveling di negara lain juga harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan. Akomodasi seperti hotel dan transportasi dari bandara menuju hotel sebaiknya harus sudah dibooking sebelum berangkat. Hal ini berguna agar Anda tidak terlantar di negara orang, apalagi jika Anda sampai pada larut malam. Menentukan akomodasi sebelum berangkat juga merupakan syarat dalam pengajuan visa.

6. Instal Safe Travel

credit: instagram.com/ubermoon

Tips penting lainnya sebelum traveling ke luar negeri adalah dengan menginstal Safe Travel pada smartphone Anda. Safe Travel merupakan aplikasi ponsel yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia. Pada aplikasi ini Anda dapat melakukan riset tentang banyak hal dari berbagai negara termasuk juga tentang jenis visa dan status keamanan suatu negara. Untuk keuntungan lain dari aplikasi Safe Travel ini Anda dapat melanjutkan membaca pada artikel manfaat Safe Travel untuk traveling ke luar negeri.

Baca juga:  Makin Cinta di Ennichisai 2016 hari ke-2

Dengan mengetahui 6 tips dan panduan sebelum traveling ke luar negeri diatas maka persiapan Anda untuk melakukan traveling ke luar negeri akan semakin matang.

Featured image: blog.popular.com

One Response

Reply