Ini 3 Destinasi yang Cocok untuk Liburan Keluarga di Kota Jakarta

Sebagai pusat geliat bisnis dan perekonomian, Jakarta ibarat gula yang dirubung semut. Banyak yang datang ke Jakarta yang hingga kini masih berstatus sebagai ibukota negara. Seperti diketahui, pada tahun 2024, bila tidak ada halangan, Presiden Jokowi akan memindahkan ibukota negara ke Kalimantan Timur. Tidak lagi di Jakarta.

Tapi bukan berarti Jakarta kemudian kehilangan pesonanya. Walau status Jakarta saat ini lebih dikenal sebagai pusat bisnis dan pemerintahan, tapi bukan berarti Jakarta tak punya daya tarik sebagai tempat liburan. Banyak tempat yang menarik untuk dijadikan destinasi berlibur. Jadi tujuan liburan para turis baik mancanegara maupun domestik.

Nah, berikut ini 3 destinasi wisata di Jakarta yang cocok untuk liburan bersama keluarga.

Taman Impian Jaya Ancol

Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu destinasi wisata keluarga yang terkenal di Jakarta. Foto: Blog.airpaz.com

Taman Impian Jaya Ancol, adalah salah satu destinasi paling terkenal di Jakarta. Jadi ikon wisata keluarga di Ibukota. Taman wisata keluarga ini ada di wilayah Jakarta Utara. Tepatnya di daerah Ancol, Jakarta Utara. Di pinggir pantai.

Banyak fasilitas wisata di Taman Impian Jaya Ancol. Ada Pantai Ancol yang cukup bersih dan mempunyai fasilitas lengkap untuk liburan. Pengunjung bisa bermain pasir, joging atau memuaskan hobi kuliner di area taman wisata ini. Karena banyak restoran dan rumah makan berdiri di sana dengan beragam menu.

Di Taman Wisata Jaya Ancol juga ada taman hiburan, seperti Gelanggang Samudera Ancol, Seaworld, Dunia Fantasi dan lain sebagainya. Di Taman Wisata Jaya Ancol juga terdapat Pasar Seni Ancol yang didesain sedemikian rupa sebagai pusat wisata seni, budaya dan belanja.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah salah satu destinasi wisata di Jakarta yang cocok untuk liburan keluarga. Foto: jadwaltravel.com

Taman wisata terpadu lainnya yang ada di Jakarta adalah di wilayah Jakarta Timur. Di sana ada Taman Mini Indonesia Indah. Taman wisata terpadu ini pembangunannya digagas oleh Ibu Tien Soeharto.

Baca juga:  Kenangan Perjalanan ke Ciparay, Pinggiran Kota Kembang yang Masih Asri

Taman wisata ini juga dikenal sebagai taman wisata keluarga. Di TMII, pengunjung bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia seperti anjungan rumah daerah, kereta gantung, teater 4 dimensi, museum, teater IMAX Keong Mas yang legendaris dan masih banyak wahana menarik lainnya.

Kebun Binatang Ragunan

Selain Taman Impian Jaya Ancol dan TMII, Jakarta juga punya Kebun Binatang Ragunan, destinasi yang cocok untuk liburan keluarga. Foto: blog.airpaz.com

Bergeser ke selatan, ada destinasi yang juga cocok untuk liburan keluarga. Kebun Binatang Ragunan namanya. Kebun binatang ini ada di daerah Ragunan, Jakarta Selatan.

Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata keluarga dan edukasi. Di kebun binatang ini, pengunjung tak hanya bisa melihat 290 spesies hewan yang jadi koleksi kebun binatang ini, tapi juga berbagai fasilitas hiburan dan pendidikan.

Ada taman bermain bernama Children Zoo dan juga Pusat Primata Schmutzer, tempat para pengunjung bisa menambah pengetahuan tentang dunia primata khususnya orang utan. Akses menuju ke Kebun Binatang Ragunan juga cukup mudah. Bagi yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, bisa naik bus Transjakarta dengan rute ke arah Ragunan.

Reply