Traveling Dengan Transportasi Umum? Ini 6 Manfaatnya

Transportasi sangat dibutuhkan ketika hendak melakukan traveling. Ada dua macam transportasi yang dapat Anda pilih ketika traveling, yaitu dengan menggunakan kendaraan pribadi dan dengan menggunakan transportasi umum. Bagi Anda yang lebih suka melakukan traveling dengan menggunakan kendaraan pribadi, mungkin ada baiknya mencoba berpergian menggunakan transportasi umum. Ada beberapa manfaat traveling dengan menggunakan transportasi umum, seperti 6 hal berikut ini.

1. Mengurangi Polusi Udara

credit: indianexpress.com

Kendaraan bermotor apapun jenisnya pasti akan menghasilkan polusi udara. Semakin banyak orang menggunakan kendaraan pribadi maka akan semakin banyak pula polusi yang dihasilkannya. Traveling dengan menggunakan transportasi umum akan mengurangi polusi udara karena sedikitnya kendaraan. Dengan mengurangi polusi udara maka Anda juga ikut serta dalam langkah gerakan Go Green.

2. Mendapatkan Teman Traveling

credit: 24life.com

Yang namanya transportasi umum tentu banyak orang lain yang Anda temui. Dengan begitu peluang Anda mendapatkan teman saat traveling akan semakin besar. Mana tau orang yang Anda temui juga ingin menuju ke destinasi yang sama. Anda dapat saling bertukar pengalaman dan berbagi tips tentang traveling. Atau mungkin saja mereka juga dapat membantu Anda saat kehabisan uang ketika traveling.

3. Mengurangi Tingkat Kemacetan

credit: wikimedia.org

Jika semua orang menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan, sudah pasti semua jalanan akan macet parah. Namun jika transportasi umum yang digunakan untuk melakukan perjalanan, maka jalanan tidak akan macet. Jika macet sudah berkurang maka perjalanan Anda tidak akan menyebalkan dan lebih nyaman.

4. Membuat Tubuh Lebih Banyak Bergerak

Berpergian dengan menggunakan transportasi umum Anda akan lebih banyak bergerak. Karena saat traveling dengan transportasi umum terkadang tidak cukup hanya menggunakan satu moda transportasi saja. Untuk pindah dari satu transportasi ke transportasi yang lain Anda diharuskan untuk berjalan. Jangan takut capek dan pegal karena banyak berjalan, karena ada tips agar tidak pegal ketika berjalan kaki.

Baca juga:  Wisata Kuliner Via Ojek Online Saat Pandemi Corona? Tetaplah Perhatikan 5 Hal Ini

5. Menghemat Pengeluaran

Traveling dengan transportasi umum juga akan menghemat pengeluaran Anda. Banyak moda transportasi umum yang ongkosnya murah. Contohnya saja bus Transjakarta yang hanya membutuhkan Rp3.500 untuk rute dekat maupun rute jauh sekalipun. Anda juga dapat menggunakan aplikasi booking tiket agar bisa mendapatkan diskon saat membeli tiket transportasi umum.

6. Belajar Mengatur Waktu

credit: pxfuel.com

Transportasi umum mempunyai jadwal keberangkatannya masing-masing. Jika datang terlambat, Anda akan ditinggal meskipun sudah membeli tiket. Dengan demikian Anda akan belajar mengatur waktu agar tidak ketinggalan. Sistem seperti ini tidak hanya dipakai oleh pesawat saja tapi juga transportasi umum lainnya seperti kereta dan bus.

Dengan 6 manfaat menggunakan transportasi umum diatas, apakah Anda menjadi lebih tertarik untuk melakukan traveling dengan transportasi umum? Jangan takut bosan jika sedang menggunakan transportasi umum, Anda dapat mengikuti tips agar tidak bosan saat menggunakan transportasi umum.

Reply