Begini Agar Terhindar Dari Polusi Ibu Kota Saat Berlibur Ke Jakarta

Berbicara tentang Jakarta pastinya tidak lepas dari permasalahan pelik tentang kota metropolitan yang satu ini. Salah satu masalah yang sering menjadi perbincangan publik yaitu mengenai polusi Ibu Kota. Polusi di Jakarta seolah sudah menjadi dampak murni dari permasalahan utama seperti kemacetan, banyaknya pabrik-pabrik besar sampai minimnya pohon penetralisir udara. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu bagi teman-teman traveler yang mungkin kebetulan berkunjung ke Jakarta.

Perjalanan yang terganggu oleh panasnya suhu Jakarta di tambah lagi tingkat polusi yang tinggi membuat sulitnya menikmati aktivitas travel di kota ini. Lalu bagaimana agar tetap bisa berlibur tenang dan damai di Ibu Kota tanpa terlalu terganggu oleh polusi Jakarta? Begini caranya:

Siapkan Masker

Pakai Masker. Credit : pexels.com

Untuk bisa sedikit terhindar dari polusi Jakarta, cobalah untuk menyiapkan masker saat perjalanan. Gunakanlah selalu masker ini saat kalian sedang berada di jalan-jalan besar. Umumnya polusi akan sangat tinggi di jalan besar mengingat banyaknya kendaraan yang lalu-lalang di sana. Kalian bisa menggunakan masker dengan desain kekninian seperti masker bergambar, masker kain dan lain sebagainya. Agar meskipun alih-alih ingin terhindar dari polusi, kalian tetap bisa menjaga penampilan saat ingin mengabadikan momen perjalanan.

Pilihlah Perjalanan Pagi untuk Berlibur

Perjalanan Pagi. Credit : pexels.com

Memilih untuk melakukan perjalanan di pagi hari merupakan langkah yang pas untuk terhindar dari polusi. Biasanya kendaraan-kendaraan Ibu Kota masih sepi saat pagi hari. Kalian bisa memanfaatkan ini untuk sekedar berjalan-jalan menikmati sejuknya Jakarta yang sebenarnya. Jika kalian ingin ke suatu tempat wisata tertentu, berangkatlah pagi-pagi agar dalam perjalanan kalian tidar terganggu oleh polusi.

Pertimbangkan Destinasi Liburan Indoor

Wisata Indoor. Credit : pexels.com

Jika kalian tidak bisa memilih untuk melakukan perjalanan pagi, cobalah untuk mempertimbangkan destinasi wisata indoor. Kalian bisa mengunjungi museum, perpustakaan nasional atau mall untuk sekedar bermain-main. Dengan memilih destinasi yang satu ini kalian benar-benar akan terlindungi dari panas dan sesaknya polusi Jakarta. tentunya dengan begitu kalian akan lebih leluasa untuk menikmati liburan.

Baca juga:  Manfaatkan Fasilitas Traveling Virtual 5 Museum Ini Saat Harus di Rumah Saja

Gunakan Moda Transportasi Umum

Transportasi Umum. Credit : unsplash.com

Agar kalian terhindar dari problematika kemacetan Ibu Kota, cobalah untuk menggunakan moda transportasi umum dengan jalur khusus. Kalian bisa menggunakan Bus Trans Jakarta, LRT, MRT, ataupun Commuter Line. Dengan menggunakan transportasi di atas kalian akan sedikit terhindar dari kemacetan yang artinya kalian akan semakin jarang terkena polusi kendaraan. Pastikan kalian menaiki transportasi ini jangan di jam-jam keberangkatan/pulang kerja. Sebab kalian akan berdesakan dengan penumpang yang lainnya. Pilihlah jam-jam yang senggang agar perjalanan liburan kalian tidak terganggu.

Berlibur Ke Taman

Ilustrasi Taman. Credit : unsplash.com

Cobalah untuk memilih liburan ke taman-taman yang ada di Jakarta. Meskipun berlibur di tempat outdoor setidaknya kalian lebih terjaga dari polusi. Berlibur ke taman lebih menyejukkan dibandingkan memilih tempat wisata yang terpapar polusi udara Jakarta. Beberapa referensi taman di Jakarta seperti Taman Suropati, Taman Margasatwa, Taman Mataram, dan masih banyak lainnya.

Pantau Kondisi Polusi Realtime

Ilustrasi Polusi. Credit : pexels.com

Kalian bisa memantau kondisi polusi yang dirilis secara realtime untuk daerah di Ibu Kota. Kalian bisa mengecek kondisi polusi Jakarta di berbagai kota melalui web site pemantauan Real-Time Air Quality Index. Melalui web site tersebut kalian bisa memutuskan untuk memilih destinasi kota untuk perjalanan kalian. Pilihlah daerah yang memiliki tingkat polusi yang rendah agar liburan kalian tetap menyenangkan.

Cara-cara di atas dapat kalian lakukan jika ingin berlibur ke Jakarta tanpa takut terganggu oleh polusi. Menghindari terkena polusi merupakan salah satu jalan untuk tetap menjaga kesehatan selama dalam perjalanan. Polusi Ibu Kota memang keras tapi cobalah lembutkan dengan cara-cara di atas hehe,, Selamat menjelajahi Ibu Kota.

Featured image credit : Unsplash.com

Reply