Jakarta Tak Hanya Hutan Beton, Ini 3 Destinasi di Ibu Kota Tempat Mengusir Stres

Ibu kota akan pindah. Begitulah keputusan Presiden Jokowi. Tapi Jakarta tetap punya magnet. Masih jadi pusat bisnis. Juga pusat hiburan pastinya. Selain pusat kuliner dan belanja.

Tapi bukan berarti tak ada destinasi yang menarik untuk disambangi. Jakarta masih punya daya tarik bagi pelancong. Walau memang masih ruwet dengan macet dan polusi.

Jakarta punya Monumen Nasional. Ada Taman Impian Jaya Ancol. Di timur, ada Taman Mini Indonesia Indonesia. Di selatan, ada kebun binatang Ragunan. Di Jakarta, ada seabrek tempat nongkrong. Dari yang jelas warung kopi, sampai kafe mewah dan instagramable.

Tapi bagi kamu yang pusing dengan ruwetnya kemacetan Jakarta, tak usah khawatir. Jakarta tidak hanya ‘hutan beton’ saja. Di Jakarta pun, ada tempat melancong pengusir stres. Destinasi untuk melepas penat.

Jadi Jakarta tidak sekedar kota yang ramai. Mungkin juga sumpek, karena macet. Ada bagian dari Ibu kota yang bisa jadi tempat tetirah. Jadi tempat menenangkan pikiran. Tempat sejenak melupakan macet dan sumpeknya kota.

Di mana? Jaraknya tidak jauh. Hanya sedikit saja menyebrang dari daratan kota. Tepatnya di Pulau Seribu. Ya, Pulau Seribu, adalah pulau yang jadi bagian dari ibu kota. Tapi di sini, tak ada hutan beton. Tidak ada bunyi klakson yang bikin sakit telinga. Tidak ada kemacetan pengundang stres. Yang ada, tempat yang tenang. Tempat yang tepat untuk liburan. Salah satunya adalah Pulau Semak Daun.

Pulau Semak Daun

Pulau ini adalah bagian dari gugusan Kepulauan Seribu. Pulau Semak Daun adalah pulau kecil. Di pulau ini, kamu bisa berkemah. Pantainya masih alami. Berpasir putih.

Tak usah khawatir tak bawa tenda. Ada penyewaan tenda. Di Pulau Semak Daun, kamu juga bisa snorkeling. Dan, bisa menyambangi tempat penangkaran penyu dan hiu. Pergi ke sana, pelancong bisa ambil rute dari Pantai Marina Jaya Ancol. Ada kapal Pelni yang layani rute ke Pulau Pramuka. Dari Pulau Pramuka, tinggal sewa kapal kecil jika ingin ke Pulau Semak Daun. Disarankan, liburan ke sini, lebih baik berombongan.

Baca juga:  Cerita Foto Weekend dari Pulau Tidung

Pulau Bidadari

Tempat pelepas stres lainnya di Ibu kota adalah Pulau Bidadari. Ini, destinasi paling tenar di gugusan Pulau Seribu. Pulau Bidadari sendiri adalah area konservasi alam. Pulau ini habibat bagi binatang langka dan dilindungi seperti rusa totol, lumba-lumba dan elang.

Di Pulau Bidadari juga area resort apung. Resort ini terdiri dari kabin-kabin kayu yang berdiri di atas air. Mau berlibur ke sana, tinggal naik kapal saja dari Pantai Marina Ancol.

Pulau Tidung

Destinasi lainnya yang juga tak kalah populer di Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung.

Pulau Tidung terdiri dari dua pulau. Pulau Tidung kecil dan Pulau Tidung besar yang dihubungkan oleh Jembatan Cinta. Bagi yang mau nginap, tidak perlu khawatir. Banyak homestay yang disewakan. Fasilitas warung juga banyak tersedia. Di Pulau ini kamu bisa bersepedia ria.

Ada penyewaan sepeda yang dikelola penduduk setempat. Untuk bisa ke sana, tinggal naik kapal cepat dari Dermaga Muara Angke. Jadi, Jakarta tak hanya berisi gedung pencakar langit saja bukan. Ada mutiara tersembunyi di ibu kota. Mutiara tempat melepas penat, lelah dan stres.

Reply