Taman Margasatwa Ragunan Masih Menjadi Magnet Wisata Keluarga di Ibukota

Taman Margasatwa Ragunan atau yang lebih populer dengan nama Kebun Binatang Ragunan ini terletak di daerah Jakarta Selatan, Taman Margasatwa Ragunan merupakan Taman Margasatwa pertama yang ada di Indonesia, dulu namanya bukan Ragunan, melainkan Planten En Dierentuin yang berarti “Tanaman dan Kebun Binatang”.

Nah, sebagai informasi dasar, Taman Margasatwa Ragunan buka hari Selasa s.d. hari Minggu, hari Senin libur. Kita bisa mulai masuk pukul 09.00 s.d. pukul 18.00, tarif masuk yang dikenakan senilai Rp. 4.000 untuk Dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak anak, harga tiket di akhir pekan dan hari biasa masih tetap sama, cukup murah sekali bukan.

Flora dan Fauna di Taman Margasatwa Ragunan

Kalau kita ingin melakukan penelitian atau mau mengenali berbagai macam tumbuhan dan hewan Taman Margasatwa Ragunan ini sangat cocok sekali, dilansir dari halaman website Ragunan saat ini ada 25 jenis flora

Disamping flora yang beragam, jumlah fauna pun lebih banyak, kita bisa melihat berdasarkan jenisnya, yaitu Mamalia (hewan menyusui), Reptil (hewan melata), Aves (golongan burung) dan Pisces (golongan ikan).

Gajah Menjadi Satwa Paling Diminati Pengunjung

Satwa yang paling diminati para pengunjung adalah Gajah, kalau weekday apalagi weekend ditempat gajah pasti selalu banyak orang, tidak heran pihak Ragunan menyediakan beberapa tempat yang menampilkan gajah.

Pusat Primata Schmutzer Ragunan

Lengkapnya lagi disini ada Wilayah khusus untuk Primata, untuk masuk ke arena ini dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000 untuk anak-anak dan Rp. 7.500 untuk dewasa.

Tempat Karantina Satwa

Kalau ada satwa yang tidak sehat dengan batas wajar (tidak parah) atau ada hewan yang habis dirawat karena sakit, satwa tersebut dikarantina dulu di wilayah Ragunan, dalam satu wilayah ragunan disediakan satu tempat untuk mengkarantina semua hewan, dengan ruangan atau bangunannya terpisah, nah disini adalah tempat karantina monyet, disampingnya terdapat bangunan untuk mengkarantina burung juga satwa lainnya.

Baca juga:  Eksplorasi Indahnya Kota Makassar, Toraja dan Pulau Samalona

Fasilitas Umum Kebun Binatang Ragunan

Mobil keliling

Ayo siapa yang mudah lelah jalan kaki, naik saja mobil keliling. Mobil ini tidak berhenti di setiap kandang hewan/satwa, tapi mobil ini melewati jalan utama yang ada di Taman Margasatwa Ragunan, sehingga kita dapat dengan mudah melihat jalan mana saja yang dapat kita tuju untuk melihat satwa dan taman yang ada, selain tidak melelahkan naik mobil keliling ini membuat badan terasa lebih segar dengan terpaan angin kala panas di siang hari.

Masjid

Masjid Darussalam tempat yang nyaman untuk solat, area mesjid yang cukup luas juga mukena dan sarung yang sudah tersedia memudahkan para pengunjung untuk melaksanakan ibadah. Tapi di mesjid toilet sedang diperbaiki, jadi hanya disediakan tempat wudhu saja, apabila ingin BAB atau BAK coba cari toilet terdekat.

Tempat solat untuk laki-laki dan perempuan di pisah, area pelataran mesjid nyapun cukup luas sehingga memberikan kenyamanan pada anak yang menunggu orangtuanya solat, disisi lain orang tuanya tidak khawatir.

Toilet

Fasilitas toilet cukup baik, kita dapat menemui toilet hampir disetiap arena/wilayah dekat satwa, jadi tidak perlu khawatir apabila sedang melihat satwa kita tidak kebingungan mencari toilet, dari pengalaman saya satu yang sulit ditemukan yaitu penjual pampers anak dan penjual pembalut wanita, jadi ketika jalan jalan pastikan persediaan yang satu ini ada jika dibutuhkan, kalaupun kepepet dan tidak sempat, satu satunya tempat yang menjual adalah pedagang yang dekat dengan mesjid Darussalam.

Restaurant

Di dalam wilayah ragunan juga terdapat restaurant loh, jadi tidak perlu khawatir untuk makan. Menunya komplit dari mulai makanan ringan hingga berat seperti sop dan ayam bakar ada di restaurant ini. Jika dalam restaurant penuh, pihak restaurant juga menyediakan tikar untuk menggelar makanan di lahan samping restaurant, jadi pengunjung dapat dengan nyaman menikmati makanan yang disajikan dibawah pohon yang rindang.

Baca juga:  'Ngetes' Adrenalin Saat Weekend

Namun kalau mau makanan yang lebih beragam lagi kita dapat jumpai para pedagang yang tersebar di wilayah ragunan, selain menu khas jakarta yang dijual sangat beragam, harganyapun lebih ringan di kantong.

Tips Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan

  • Lihat peta wilayah Kebun Binatang terlebih dahulu untuk mengetahui lokasi yang akan dituju, kemana nih tujuan wisata kita, karena area Ragunan yang luas kemungkinan besar membuat pengunjung bingung, pengalaman saya saat ke Ragunan, mau lihat Gajah, malah muter-muter makin jauh dari tujuan utama.

Selain melihat peta wilayah, bisa juga dengan mengikuti petunjuk arah yang ada, namun untuk lebih menguasai medan, coba foto saja peta Ragunan Zoo untuk memudahkan perjalanan.

  • Jangan lupa bawa tikar atau alas untuk duduk di taman Ragunan, lelahnya perjalanan mengitari wilayah akan terbayarkan dengan nikmatnya selonjoran diatas tikar yang kita tempatkan dibawah pohon rindang.
  • Bawa stroller/kereta bayi bila mengajak anak-anak, biar lebih santai dan tidak menambah beban perjalanan cobalah bawa kereta bayi yang ringkas.
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, karena medan / jalan yang ditempuh cukup berliku, tidak semulus jalan tol dan tidak ada eskalator.

Reply