Kalian Penikmat Kopi? 7 Kopi Ala Kafe Ini Bisa Kalian Buat Sendiri di Rumah

Apakah kalian merupakan salah satu penikmat setia kopi? Jika biasanya kita bisa menikmati kopi di kafe-kafe sambil berkumpul dengan teman-teman atau keluarga namun sementara kita dilarang untuk melakukan itu. Hal ini terkait untuk mencegah penularan virus corona yang semakin hari semakin memprihatinkan. Akibatnya sebagai langkah tegas dibeberapa daerah, kedai-kedai kopi sudah dilarang lagi untuk beroprasi. Namun bagi kalian penikmat kopi tidak perlu khawatir. Meskipun tidak bisa keluar bebas kalian bisa membuat kopi sendiri di rumah. Inilah 7 kopi ala kafe yang bisa kalian buat sendiri di rumah:

Kopi Krimer

Credit : unsplash.com

Kopi krimer merupakan kopi yang popular di kalangan pencinta kopi. Jenis kopi ini juga merupakan kopi yang paling simpel dalam penyajiannya. Kalian cukup menyediakan bubuk kopi dan krimer secukupnya. Kalian bisa mengatur komposisi kopi dan krimer sesuai dengan selera kalian. Kopi ini sangat cocok bagi kalian yang suka dengan rasa kopi yang tidak terlalu pahit. Campuran krimer yang diseduh dengan air panas akan membuat rasa kopi lebih nikmat. Kalian bisa mencoba membuat kopi ala kafe yang satu ini di rumah sambil berkumpul keluarga selama masa pandemi.

Espresso

Credit : unsplash.com

Jika kalian merupakan penikmat kopi dengan ras otentik maka Kopi espresso merupakan jenis kopi yang pas untuk kalian sajikan. Rasa original sangat melekat pada kopi yang satu ini. Kalian hanya cukup menyediakan bubuk kopi serta penyaring untuk membuat kopi yang satu ini. Atau jika kalian memiliki portafilter maka ini akan sangat membantu kalian. Kopi ini disajikan awalnya untuk keperluan yang cepat (express) sehigga wajar dinamakan espresso. Untuk keperluan menyajikan kopi secara mendadak, kalian bisa menjadikan kopi yang satu ini sebagai pilihan.

Baca juga:  #Dirumahaja, Unduh Saja Aplikasi Ini, Banyak Buku Traveling yang Bisa Dibaca Lho!

Mochaccino

Credit : unsplash.com

Jenis kopi yang satu ini adalah kopi yang bisa menjadi pilihan bagi kalian yang juga suka dengan coklat. Kalian bisa membuat kopi ini dengan campuran kopi, susu dan coklat atau kopi dan coklat saja. Untuk membuat mochaccino kalian harus melelehkan coklat terlebih dahulu. Lalu seduh bubuk kopi sesuai seleren kemudian tuangkan lelehan coklat yang tadi telah kalian siapkan. Aduk merata dan nikmati keunikan rasa kopi dan coklat dalam mochaccino yang hangat.

Avocado Coffe

Credit : unsplash.com

Selain variasi kombinasi kopi, susu, dan coklat kalian juga bisa mengkombinasikan kopi dengan buah. Ya benar buah alpukat. Kalian bisa membuat kombinasi kopi dengan buah alpukat untuk menghidangkan avocado coffe. Cukup simpel untuk mengkombinasikan kopi dan buah alpukat. Siapkan jus alpukat secukupnya kemudian seduh kopi secara terpisah. Setelah itu tuangkan kopi hangat pada jus alpukat yang telah kalian sediakan. Kopi ini sangat cocok untuk diminum di siang hari yang terik. Rasa jus alpukat segar membuat tubuh menjadi nyaman.

Cold Brew

Credit : shape.com

Jenis kopi selanjutnya yang bisa kalian buat di rumah yaitu cold brew. Kopi ini akan menghasilkan kopi yang sangat pekat dengan rasa yang tajam. Sesuai dengan namanya, kopi ini dibuat dengan cara merendam bubuk kopi selama kurang lebih 12 jam. Selama masa perendaman kalian bisa meletakkannya di dalam lemari es. Sehingga nantinya kopi yang dihasilkan dingin. Jika kamu penasaran untuk menikmati kopi yang satu ini, kamu bisa membuatnya di rumah. Namun sabarlah menunggu untuk kopi siap diminum. Rendamlah dengan air suhu ruang. Jika sudah sampai pada saatnya diminum lakukan penyaringan untuk mendapatkan air kopi hasil rendaman.

Baca juga:  Ladies, 4 Kegiatan Ini Bisa Bikin Ngabuburit Kamu Tetap Asyik Meski di Rumah Aja

Kopi Susu Kekinian

Credit : actualita.co

Kopi susu kekinian merupakan kopi yang memiliki ciri khas pada bahan pemanisnya yaitu menggunakan gula aren. Kopi ini sangat cocok dinikmati saat suasana panas. Tambahkan es untuk menambah rasa kesegaran pada kopi kekinian. Cara membuatnya pun cukup mudah. Kalian cukup menyediakan bubuk kopi, gula aren dan susu. Sebelumnya seduh bubuk kopi kemudian tambahkan gula aren dan aduk sampai merata. Tambahkan juga susu putih untuk membuat rasanya lebih nikmat. Kemudian terahir tambahkan es untuk menambah kesegaran kopi kekinian ini.

Kopi Dalgona

Credit : mojok.co

Siapa yang tidak kenal dengan kopi hits yang satu ini. Kopi yang familiar di kalangan remaja ini berasal dari Korea Selatan. Namun jangan khawatir dengan namanya yang keren, kamu juga bisa membuatya di rumah. Sebenarnya konsep membuat kopi ini sangat mudah. Mulailah dengan memasukkan 5 sendok teh bubuk kopi, gula pasir dan air hangat ke dalam blender. Lakukan blender selama 5 menit sampai terbentuk foam. Di sisi lain siapkan susu yang berisi es balok. Lalu tuangkan kopi foam yang tadi telah dibuat ke dalam gelas yang berisi susu. Kopi dalgona pun sudah siap dan kalian bisa menikmati keunikan rasanya.

Itulah beberapa jenis kopi yang bisa kalian buat sendiri di rumah. Kopi ala kafe di atas bisa menjadi alternatif bagi kalian pencinta kopi yang risau dengan kondisi pandemi saat ini. Tidak bisa keluar untuk menikmati kopi di kafe kesayangan kalian bukan berarti kalian tidak bisa menikmati kopi ala kafe di rumah. Pilihlah jenis kopi yang sesuai dengan selera kalian. Kalian juga bisa mengkreasikan sendiri rasa kopi yang kalian inginkan. Selamat mencoba dan selamat menikmati. Tetaplah di rumah dan semoga dengan segelas kopi hari-hari kalian menjadi lebih berwarna.

Baca juga:  Es Buah Pala Pak Ujang, Kuliner Unik Menyegarkan dari Kota Hujan

Featured Image Credit : Unsplash.com

Reply