Mengenal Lebih Dekat Kopi: Minuman Favorit Sejuta Umat

Kopi merupakan minuman yang begitu terkenal di belahan dunia, termasuk di Indonesia. Karena minuman satu ini menjadi primadona di segala cuaca. Apalagi di musim hujan seperti sekarang, pagi hari nyeruput kopi ditemani roti tawar atau goreng pisang hangat, sangat nikmat. Penyajiannya yang tidak melulu harus panas, kopi pun cocok dipesan saat siang hari sebagai teman asyik di waktu istirahat.

Berbeda dengan minuman kekinian yang identik diperuntukkan untuk kalangan milenial, coffeshop selalu ramai dikunjungi tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan. Ya, karena kopi memang minuman pemersatu bangsa yang dikonsumsi segala usia dan tidak mengenal gender.

Nongkrong bareng teman, menikmati suasana sore di teras rumah, menghilangkan stres sehabis ujian sampai istirahat setelah kerja bakti di kelurahan. Semua aktivitas ini saya yakin pasti di embel-embeli dengan kopi, secinta itu memang masyarakat Indonesia dengan kopi.

Meski kopi sudah sangat akrab dan mendarah daging, faktanya tidak semua pecinta kopi mengetahui jenis-jenis kopi, yang mereka tahu kopi adalah minuman yang nikmat. Padahal sangat penting mengetahui jenis-jenis kopi hingga bisa maksimal merasakan manfaatnya.

Pada kenyataannya jenis kopi ada lebih dari 20 jenis di dunia, namun yang akrab di Indonesia sendiri hanya 2 jenis. Apa sajakah itu? Yuk kita kenali lebih dekat dengan 2 jenis kopi ini!

1. Arabica

sumber: travel.kompas.com

Jenis kopi ini digadang-gadang merupakan kopi pertama yang ditemukan oleh manusia. Kopi yang berasal dari Brazil ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Ini tidak lepas dari aroma yang kuat serta rasa yang begitu nikmat. Tak heran jika kopi ini dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari jenis kopi lainnya. Namun kopi ini tidak sembarang tumbuh, ia hanya mau tumbuh di dataran tinggi, 700-1700 mdpl dengan suhu yang dingin pula. Di Indonesia sendiri jenis kopi arabica yang terkenal berasal dari daerah Gayo, Aceh. Kopi gayo begitu ia dikenal.

Baca juga:  Kokoro dan Tomo kembali Jalan Bareng di Jepang

2. Robusta

sumber: 8village.com

Jenis kopi ini pertama kali ditemukan di negara Kongo. Jenis kopi ini bisa juga disebut kopi rakyat karena begitu mudahnya ditemukan di dataran rendah. Harganya yang terjangkau juga membuat kopi ini tidak pandang status. Kelas atas, menengah sampai kelas bawah bisa dengan mudahnya mencicipi kopi ini. berbeda dengan jenis arabica, kopi robusta memiliki rasa yang sedikit pahit dan aroma yang kurang tajam. Mungkin inilah alasan kopi robusta dibandrol dengan harga yang lebih murah.

Manfaat Kopi

Setelah mengetahui jenis kopi yang terkenal di Indonesia, ada baiknya kita mengetahui manfaat dari kopi. Karena sering kita dengar bahwa kopi baik untuk kesehatan. Tapi sebagian ada yang menyebut kopi memicu penyakit berbahaya. Daripada lama-lama bergulat dengan kebingungan yuk kita langsung bahas manfaat dari kopi.

  1. Meningkatkan fungsi otak
  2. Menjaga kesehatan jantung
  3. Menghilangkan stres, mengembalikan mood yang buruk.
  4. Meredakan sakit kepala
  5. Mengurangi resiko diabetes
  6. Meningkatkan daya ingat. Dll

Sebenarnya masih banyak sekali manfaat kopi untuk kesehatan. Kopi yang banyak manfaatnya adalah kopi hitam murni, bukan kopi yang sudah diberi tambahan gula dan krimer. Secinta apapun terhadap kopi ada baiknya membatasi dan tidak berlebihan agar tidak menimbulkan efek yang buruk untuk tubuh.

Reply