Persyaratan, Panduan Hingga Etika Menggunakan Commuterline Jabodetabek

Commuterline atau kereta listrik adalah salah satu transportasi umum yang paling banyak digemari di Jabodetabek. Kereta commuterline ini digemari karena biayanya yang murah meriah. Biaya untuk menggunakan kereta ini hanya 3000 rupiah untuk 25 km pertama dan 1000 rupiah untuk setiap 10 km selanjutnya. Alasan lain kereta commuterline ini digemari adalah karena ada banyak destinasi wisata yang dapat diakses dengan menggunakan commuterline.

Bagi Anda yang baru saja tinggal atau baru melakukan perjalanan di Jabodetabek, belum pas jika belum pernah mencoba transportasi kereta listrik ini. Berikut ini adalah hal-hal apa saja yang perlu Anda perhatikan jika ingin menggunakan kereta commuterline Jabodetabek

Syarat Menggunakan Kereta Commuterline

Credit: wikimedia.com

Persyaratan untuk menggunakan kereta commuterline Jabodetabek adalah harus mempunyai tiket. PT KAI Indonesia mengeluarkan 2 jenis tiket untuk dapat mengakses commuterline Jabodetabek. Tiket yang pertama yaitu Tiket Harian Berjamin (THB) dan Kartu Multi Trip (KMT). Anda juga dapat menggunakan uang elektronik atau E-Money yang dikeluarkan oleh Bank. Bagi Anda penggunana Link Aja, juga dapat digunakan sebagai tiket untuk mengakses commuter line.

Ketahui Rute Commuterline

credit: krl.co.id

Setelah memiliki tiket agar dapat menggunakan kereta commuterline Jabodetabek, langkah selanjutnya adalah Anda harus mengetahui rute dari Commuterline ini. Cari tahu stasiun terdekat dari tempat Anda dan stasiun tujuan Anda, lalu lihatlah peta rute perjalanan KRL. Dengan denah tersebut Anda dapat mengetahui kereta mana dan di stasiun mana Anda akan transit.

Panduan Naik Commuterline

Credit: andianingtyas.com

Jika Anda telah mengetahui stasiun terdekat, silahkan pergi ke stasiun terdekat. Di stasiun Anda dapat membeli tiket THB atau KMT. Untuk Tiket Harian Berjamin (THB) Anda akan dikenai tarif perjalanan ditambah uang jaminan kartu sebesar 10.000 rupiah. THB tersebut dapat Anda tukarkan dengan uang kembali di stasiun tujuan. Untuk Kartu Multi Trip dapat dibeli dengan harga 40.00 rupiah dan sudah terisi saldo. Untuk Tiket Harian Berjamin sayangnya sekarang ini tidak dijual di semua stasiun jadi Anda harus menggunakan Kartu Multi Trip.

Baca juga:  Trik Dapat Tempat Duduk Saat Menaiki Bus Trans Di Ibu Kota

Tiket commuterline ini harus Anda tap saat akan masuk stasiun. Selanjutnya Anda dapat menunggu di peron sesuai kereta tujuan. Anda dapat melihatnya pada rambu yang ada di stasiun atau dengan bertanya kepada petugas stasiun.

Larangan Saat Dalam Kereta Commuterline

credit: blanjaunik.com

Selama dalam kereta commuterline Jabodetabek terdapat beberapa larangan yang wajib Anda patuhi. Jika Anda melanggar larangan ini, maka Anda akan ditegur atau bahkan diusir dari kereta. Berikut ini larangan selama dalan kereta commuterline

  • Merokok
  • Makan dan minum
  • Duduk di lantai atau duduk menggunakan kursi lipat
  • Membawa barang berbahaya dan barang yang berbau menyengat
  • Membawa binatang
  • Berjualan dan Mengamen

Tentu saja berbagai larangan ini dibuat untuk keselamatan dan kenyamanan penumpang bersama. Larangan ini tidak hanya berlaku di dalam kereta namun juga berlaku saat berada di stasiun

Etika Dalam Commuterline

credit: twitter.com/CommuterLine

Selain larangan, tentu saja ada etika saat menggunakan kereta commuterline Jabodetabek. Untuk etika di dalam kereta sama saja dengan etika saat menggunakan transportasi umum lain. Yaitu seperti memberikan tempat duduk kepada wanita hamil, orang lanjut usia, atau kepada penyandang difabel. Anda juga tidak boleh terlalu berisik selama dalam KRL. Saat akan masuk ke dalam kereta, dahulukan penumpang yang turun terlebih dahulu.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui jika ingin menggunakan commuterline Jabodetabek. Semoga dengan mengetahui tata cara menggunakan transportasi commuterline Jabodetabek ini, pengguna transportasi umum jadi lebih meningkat. Menggunakan transportasi umum seperti commuterline banyak memiliki manfaatnya lho, Anda dapat membaca artikel yang berjudul Manfaat menggunakan transportasi umum.

Featured image: wikimedia.org

Reply