Cara Jitu Menabung Untuk Wisata ke Luar Negeri

Melakukan perjalanan wisata ke luar negeri tentu sangat menyenangkan. Namun yang sering jadi masalah adalah terkait dengan dana. Berwisata ke mancanegara memang butuh biaya tinggi. Tapi bukan berarti keinginan tersebut hanya bisa diangankan atau sekedar mimpi belaka. Harapan terbang jauh menembus batas negara tetap dapat diwujudkan asal tahu caranya yaitu menabung.

Mata Uang Tabungan

Mata uang tabungan. Foto : m.economictimes.com

Mengumpulkan uang dan menabung untuk melakukan perjalanan ke mencanegara membutuhkan metode tersendiri. Salah satunya adalah menggunakan mata uang asing khususnya dolar. Karena mata uang inilah yang paling fleksibel dan mudah digunakan di negera manapun yang menjadi tujuan wisata.

Selain itu perhitungan segala macam pengeluaran mulai dari tiket, hotel dan akomodasi lainnya biasanya juga menggunakan mata uang tersebut. Jadi apabila suatu saat nilai rupiah mengalami penurunan, uang tabungan kita tidak akan berubah nilainya. Selain dolar, bisa pula memilih mata uang lain seperti real, euro atau poundsterling. Tinggal menyesuaikan di negara mana kita akan melancong.

Rekening Sendiri dan ATM

Kartu ATM
Kartu ATM. Foto : jknewspoint.com

Tabungan ini sebaiknya menggunakan rekening tersendiri atau dipisah dengan tabungan untuk keperluan yang lain. Ini untuk berjaga-jaga agar uang tersebut tidak ‘tersedot’ oleh kepentingan yang seharusnya tidak perlu menggunakan uang tabungan ini.

Selain itu yang perlu diperhatikan, pilih kartu ATM yang biaya penarikan tunainya tidak terlalu tinggi. Ada ada beberapa bank yang menerapkan biaya lebih tinggi jika menarik uang dari luar negeri. Bahkan ada yang mencapai ratusan ribu rupiah karena dihitung sebagai biaya adminitrasi atau transfer. Jadi sebaiknya minta penjelasan lebih dulu dari pihak bank terkait dengan masalah ini.

Hunting Promo

Hunting promo
Hunting promo. Foto : moneycrashers.com

Kegiatan menabung tersebut harus dilakukan secara rutin. Tapi perlu diingat pula yang namanya menabung tidak harus selalu dalam bentuk uang. Contohnya ketika ada promosi potongan harga tiket pesawat, maka uang itu bisa dialihkan lebih dulu untuk membeli tiket tersebut.

Baca juga:  Wisata Keliling Ibu Kota Modal Minim Dengan Bus Tingkat Gratis

Apalagi jika jadwal penerbangan dan tujuannya sesuai dengan yang kita rencanakan. Hal yang sama juga dapat berlaku apabila ada penawaran diskon pemesanan hotel. Demikian pula dengan perlengkapan lain seperti travel bag, jaket khusus musim dingin maupun keperluan lainnya, bisa dibeli ketika ada promosi. Jadi tidak usah menunggu saat menjelang keberangkatan.

Arisan

Arisan
Arisan. Foto : amuslima.com

Tidak semua orang merasa mudah untuk menabung. Untuk itu dibutuhkan strategi yang lebih jitu dalam mengumpulkan uang atau dana liburan ke luar negeri. Misalnya dengan cara mengikuti arisan. Melalui metode ini, kegiatan menabung tetap dapat dilakukan karena adanya sistem iuran yang sifatnya wajib.

Maksud dari iuran wajib ini tentu saja bukan merupakan ‘uang hangus’, tapi tetap akan kembali pada peserta dalam bentuk dana segar. Selanjutnya dana inilah yang kemudian bisa dipakai untuk melakukan perjalanan dan liburan ke luar negeri.

Biasanya, teknik menabung semacam ini lebih sering dilakukan kaum wanita khususnya ibu-ibu karena sering dijadikan media untuk sosialisasi. Meski demikian bukan berarti para cowok tidak dapat menjalankannya. Titip saja pada orangtua sendiri atau sahabat cewek yang bisa dipercaya untuk ikut dalam program tersebut.

Hindari Hutang

Hutang
Hutang. Foto : caprifs.com.au

Satu lagi yang tidak boleh diabaikan, jangan sekali-sekali bersenang-senang piknik ke luar negeri dengan cara berhutang. Apalagi jika hutang tersebut disertai dengan bunga tinggi. Tindakan ini seringkali menimbulkan celaka dan masalah besar.

Bila kondisi finansial memang belum mencukupi dan memungkinkan untuk wisata ke luar negeri, tidak perlu memaksakan diri. Demikian pula dengan penggunaan kartu kredit yang biasanya sering dipakai untuk belanja barang, juga perlu dihindari.

Kemudian yang terakhir, buat perencanaan secara matang sebelum berangkat . Sehingga sampai di negara tujuan, kita bisa bersenang-senang secara maksimal tanpa adanya gangguan. Terutama yang berkaitan dengan masalah keuangan.

Reply