Memanfaatkan Kartu Kredit Saat Liburan? Inilah Untung Ruginya

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang umum digunakan karena sangat praktis dan dapat diterima hampir di semua tempat perbelanjaan. Kemudahan inilah yang mendorong seseorang memanfaatkan kartu kredit saat sedang liburan. Saat sedang liburan, banyak kegiatan dan pengeluaran yang serba mendadak dan tak terkendali. Kadang kartu kredit bisa menjadi penyelamat jika kalian benar-benar membutuhkan uang saat dalam liburan. Lalu apakah semudah itu menggunakan kartu kredit saat berlibur? Tentu tidak. Kalian harus bernar-benar tahu apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan kartu ini saat liburan. Inilah untung ruginya menggunakan kartu kredit saat liburan :

Dana Cadangan itulah Utang Kalian yang Baru

Credit : unsplash.com

Sebagian besar dari kalian mungkin akan berfikir bahwa salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit saat liburan akan membuat kalian memiliki dana cadangan. Kondisi pengeluaran yang tidak bisa ditebak saat berlibur membuat kartu kredit menjadi alternatif penyedia dana candangan. Ini tentunya sangat membantu bagi kalian yang tidak memiliki cadangan dana yang cukup dan khawatir terjadi sesuatu saat berlibur.

Namun di balik keuntungan yang satu ini, tetaplah berfikir bahwa sebenarnya dana cadangan yang kalian pakai itu adalah utang kalian yang baru. Ya benar, dengan memanfaatkan kartu kredit artinya kalian siap untuk membayar dana yang kalian pakai saat ini di masa mendatang. Mungkin liburan kalian terselesaikan dengan anggaran yang cukup, namun saat liburan selesai bersiaplah menghadapi pembengkakan tagihan pada kartu kredit kalian. Berperilaku bijaklah untuk memanfaatkan keuntungan adanya dana cadangan pada kartu kredit, agar tidak terlalu banyak utang yang harus kalian bayar.

Tak Repot Membawa Uang Tapi Riskan Kartu Hilang

Credit : unsplash.com

Dengan menggunakan kartu kredit kalian tidak lagi repot untuk membawa uang dalam melakukan pembayaran saat berbelanja. Liburan kalian akan lebih aman karena tidak lagi memikirkan dimana harus menyimpan uang agar aman saat perjalanan. Namun hal yang lain tentunya yang harus kalian jaga yaitu kartu kredit kalian. Jangan sampai kartu ini hilang saat sedang liburan. Jika hal ini terjadi tentunya sangat fatal. Bisa saja orang lain yang menemukan malah memanfaatkan kartu kalian. Alhasil kalian harus menanggung tagihan hutang dari transaksi yang tidak kalian lakukan.

Baca juga:  4 Makanan Khas Lebaran, Nomor 1 Pasti Ada di Rumahmu!

Banyak Promo Mendorong Lebih Konsumtif

Credit : unsplash.com

Mungkin sangat menguntungkan jika kalian menggunakan kartu kredit saat liburan dan memanfaatkan promo yang diberikan. Mulai dari tiket murah hingga diskon penginapan saat liburan. Namun dengan semakin banyaknya promo kalian pasti akan semakin tertarik untuk berbelanja dengan kartu kredit ini. Apalagi saat berlibur tentu saja akan ada banyak hal yang inigin kalian beli dan lakukan. Ini akan mendorong kalian bersifat lebih konsumtif karena mudahnya dalam berbelanja. Pastikan kalian membatasi perbelanjaan mengunakan kartu kredit meskipun sedang banyak promosi. Hal ini untuk membuat perilaku konsumtif kalian tidak terlalu besar dalam membelanjakan uang saat liburan.

Bisa Booking Online namun Tetaplah Waspada Pencurian Data

Credit : unsplash.com

Penggunaan kartu kredit akan memudahkan kalian saat liburan jika harus melakukan booking online. Pembayaran menggunakan nomor kartu kredit membuat transaksi menjadi lebih cepat dan praktis. Kalian bisa saja menyiapkan kamar hotel dengan booking online sebelum sampai ditempat tujuan dengan nomor kartu kredit itu. Namun tetaplah waspada adanya pencurian data di internet. Berhati-hatilah dalam memberikan nomor kartu kredit kalian, pastikan agen atau website yang kalian akses untuk booking online dijamin keamanannya. Hal ini bisa merugikan kalian jika akses pada kartu kredit kalian tercuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab

Itulah beberapa keuntungan dan kerungian yang bisa kalian dapatkan saat memanfaatkan kartu kredit saat liburan. Pastikan liburan kalian menyenangkan dengan menyiapkan pengeluaran tak terduga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kartu kredit bisa menjadi salah satu pilihan jika dana yang kalian miliki tidak banyak. Namun tetaplah berhati-hati dengan segala jenis kerugian yang bisa saja kalian dapatkan. Gunakanlah kartu ini dengan bijak jika kalian benar-benar harus membawanya saat kalian berlibur.

Baca juga:  Jangan Kaget, Ini Perlengkapan yang Harus Dibawa Wanita Saat Traveling

Featured Image Credit : Unsplash.com

Reply