Merangin, Kabupaten Pilihan Pecinta Air Terjun

Salah satu yang menjadi daya tarik dan berkesan kabupaten merangin adalah keindahan dan keberadaan air terjun nya. Air terjun memang memilki daya tarik sendiri. Suasana yang sejuk serta gemercik air yang jatuh membuat pikiran kita tenang seketika. Daya tarik lainnya, selain sebagai wahana relaksasi, air terjun juga kerap memberikan sensasi berbeda dalam hal pertualangan. Medan yang menantang untuk mencapai lokasi, serta tiket masuk yang tergolong murah bahkan gratis menjadi nilai lebih yang membuat wisata ini bisa dinikmati semua kalangan. Maka tidak heran jika wisata air terjun digelari sebagai wisata sejuta umat.

Jika anda seorang traveler dan pecinta wisata air terjun dan tengah berada di kabupaten Merangin, maka beberapa tempat ini wajib anda ketahui.

Air Terjun Perentak

Air terjun perentak

Air Terjun yang satu ini berada di desa Bukit Perentak, kecamatan Pangkalan Jambu, kabupaten Merangin provinsi Jambi. Air terjun ini cukup dekat dari Kota Bangko (ibu kota kabupaten Merangin), hanya berjarak 56 km dan dapat dijangkau dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil.

Air terjun ini memilki ketinggian berkisar 70 meter dengan pemandangan yang asri dan vegetasi yang masih tertutup. Bagi traveler yang hendak mencari ketenangan dan penyegaran pikiran tempat ini adalah pilihan yang tepat

Air Terjun Sigerincing Dusun Tuo Merangin

Air terjun sigerincing

Air terjun ini berada di Dusun Tuo, kecamatan Lembah Masurai. Harus menempuh perjalanan dua jam dengan mengendarai mobil atau motor dari Kota Bangko, ibu kota Kabupaten Merangin. Jika anda hendak ke tempat ini siapkan mental anda karena akan menuruni jalan curam sebelum sampai ke lokasi.

Panorama yang ditawarkan di tempat ini sangatlah indah. Air terjun dengan ketinggian berkisar 40 meter, dikelilingi dengan lingkungan yang hijau nan asri. Selain itu kalian bisa bermain air dengan sepuasnya karena di dasar air terjun terdapat tempat pemandian yang pas untuk anda dan keluarga.

Baca juga:  Kopi Khas Jambi yang Siap Temani Waktu Santaimu

Air Terjun Dukun Betuah Rantau Suli Merangin

Air terjun dukun betuah di merangin

Air Terjun Dukun Betuah merupakan objek wisata yang menawarkan keindahan alam yang memanjakan mata. Air terjun ini berada di Desa Rantau Suli, kecamatan Sungai Tenang. Sungai Tenang merupakan pemekaran dari desa Jangkat yang memiliki waktu tempuh berkisar 6 jam dari Kota Bangko.

Meski harus berjuang untuk sampai kelokasi karena medan yang dilalui masih sulit dan tertutup vegati yang lebat, tapi anda tidak akan kecewa setelah sampai di lokasi. Air terjun ini cukup tinggi bahkan di perkirakan memiliki ketinggian 100 meter. Jika anda berdiri dengan jarak 30 meter dari lokasi jatuhnya air, anda masih bisa merasakan percikannya

Air Terjun Kolam Jodoh Biuku Tanjung Merangin

Air terjun kolam jodoh

Air terjun Kolam Jodoh tidak terlalu jauh dari Kota Bangko, lebih tepatnya berada di dusun Teluk Wang, desa Biuku Tanjung. Lokasi ini dapat dicapai dengan menggunakan sepeda motor selama 30 menit dari Kota Bangko.

Untuk sampai dilokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki lagi dari area parkir kendaraan dengan melewati jembatan besi yang menjadi penghubung sungai Batang Merangin. Nama air terjun Kolam Jodoh sendiri diambil dari kepercayaan pengunjung dan masyarakat setempat  bahwa jika berdoa di kolam yang berada di depan air terjun ini, diyakini akan mendatangkan jodoh. Soal keindahan dan pesonanya, anda tidak perlu khawatir. Karena tempat ini memang di desain untuk anda pecinta wisata air.

Air Terjun Lematang

Air terjun lematang

Air Terjun Lematang secara adminstrasi berada di desa Tanjung Alam kecamatan Jangkat Timur. Lokasinya yang jauh dari pusat kabupaten Merangin, membuat air terjun ini jarang dikunjungi oleh masyarakat. Padahal jika melihat keindahan alam yang disajikan, air terjun ini akan membuat anda jatuh cinta. Selain keasrian dan vegetasinya yang masih lebat, air terjun Lematang juga memiliki 15 tingkatan. Tingkat pertama setinggi 15 meter, sementara tingkat yang paling tinggi adalah tingkat ketujuh setinggi 70 meter.

Baca juga:  Napal Melintang, Karst Eksotik di Provinsi Jambi

NahItulah beberapa lokasi yang bisa menambah referensi destinasi wisata air anda di Kabupaten Merangin, Jambi.  Jadi bagaimana? Manarik bukan? silahkan datang dan buat penilaian anda sendiri

Reply