Warung Soto Mie Bogor Enak di Sawangan Depok

Salah satu kuliner khas Bogor yang cukup terkenal adalah soto mie. Dikenal dengan sebutan tenarnya soto mie Bogor. Soto mie ini mirip dengan soto. Berkuah coklat agak bening, dengan bahan pelengkap mie, irisan tipis kol putih, soun atau bihun, lalu potongan daging sapi, kikil, risol, irisan tomat dan potongan kentang. Ditambah beberapa keping emping melinjo.

Soto mie adalah kuliner berkuah, perpaduan dari kuah berkaldu, irisan kol, mie kuning, soun atau bihun, potongan daging dan kikil sapi, irisan tomat, dan potongan kentang. Foto: dokumen pribadi

Soto mie Bogor enak disantap saat musim hujan begini. Hangatnya kuah soto yang gurih dan pedas bisa bikin tubuh bisa lebih segar. Pedas kuah berasal dari lada putih. Ingin lebih pedas lagi, bisa ditambah dengan sambal. Perasan jeruk limau menjadi penyempurna segarnya soto mie. Di Kota Bogor, salah satu warung soto mie yang terkenal adalah Soto Mie Mang Ohim yang ada di Jalan Taman Cimanggu Raya Nomor 22, Tanah Sereal, Bogor. Atau warung soto mie Kesatuan yang ada di Jalan Rangga Gading Nomor 25, Gudang, Bogor.

Warung soto mie Bogor sekarang bertebaran di mana-mana, soal rasa tidak kalah enak dengan yang ada di kota Bogor. Foto: dokumen pribadi

Tapi kini, di sekitaran Jabodetabek, sudah banyak yang jualan soto mie Bogor. Seperti di dekat tempat saya tinggal, di kawasan Bedahan, Sawangan, Depok. Di Sawangan, dekat tempat saya tinggal, ada satu warung soto mie Bogor yang cukup enak dari segi rasa. Tidak kalah dengan soto mie Bogor yang ada di Kota Hujan, Bogor.

Letak warung, tidak jauh dari Mesjid Ar Rahim, salah satu mesjid besar yang ada di daerah Bedahan, Sawangan. Tidak jauh dari komplek perumahan Sawangan Permai. Posisinya menempati sebuah rumah toko satu deret dengan warung kopi dan mie rebus Berkah asal Kuningan. Warung soto mie Muara Rasa.Itu nama warung soto mienya.

Muara Rasaa, salah satu warung soto mie Bogor yang cukup enak ada di Sawangan, Depok. Foto: dokumen pribadi

Warung ini buka jam 10.00 pagi hingga Magrib. Lumayan terkenal. Banyak pelanggannya. Apalagi pas jam makan siang, banyak yang datang. Warungnya tak begitu luas. Hanya menempati satu ruangan rumah toko.

Baca juga:  Pertama Kali Mencicipi Lembutnya Serabi Legendaris Kota Solo

Soal harga saya pikir sebanding dengan rasanya. Tidak mahal. Untuk satu mangkok soto mie, harganya hanya Rp 12.000. Itu ouny sudah cukup mengenyangkan. Di makan dengan nasi dan kerupuk putih, soto mie jadi menu yang tepat untuk santap siang. Kuahnya menyegarkan. Kaldu sapinya dalam kuah begitu terasa. Potongan daging sapinya pun terasa empuk. Tidak alot.

Reply