Es Buah Pala Pak Ujang, Kuliner Unik Menyegarkan dari Kota Hujan

Bicara kota Bogor, tidak hanya melulu soal kawasan Puncak. Tidak sekedar villa, kebun teh, Kebun Raya, Istana Bogor dan Taman Safari. Bogor, kota yang sering dijuluki kota hujan, juga kota kuliner. Banyak tempat makan enak di kota hujan.

Bahkan, ada beberapa kuliner yang beda dari kota hujan ini. Apa sih kuliner yang beda dan unik ini? Nah salah satunya adalah es buah pala.

Es buah pala, mungkin nama minuman ini kurang begitu familiar terdengar. Biasanya, kalau bicara soal minuman dari es, yang mampir dibenak adalah nama seperti es podeng, cendol, es durian, selendang mayang, es cincau dan lain sebagainya. Es pala, rada jarang terdengar.

Tapi itulah minuman beda dari kota hujan, Bogor. Bahannya ya dari buah pala. Buah pala adalah buah khas Bogor. Biasanya yang familiar adalah manisan buah pala. Ada yang kering atau manisan pala basah. Tapi yang jual es pala jarang terdengar.

Nah, di kota hujan ini, ada penjual es pala yang sudah tenar. Es pala Ujang namanya. Jika ingin mencicipi sensasi es Pala ini, datang saja ke ke Jalan Suryakencana Bogor. Ada di antara Gang Roda dan Gang Aut. Tepatnya di mulut Gang Aut, Jalan Suryakencana Bogor.

Jika masih bingung ngenalin penjualnya, tinggal cari warung yang memajang deretan toples berisi serutan buah pala. Itulah warung es pala Ujang.
Di mulut gang itulah Ujang membuka lapak dagangan es palanya. Sudah lama, Pak Ujang berjualan es pala ini. Sejak tahun 1970.

Cobalah datang pada siang hari. Saat sedang teriknya. Es buah pala akan pengusir dahaga yang baik. Rasakan sensasi segarnya. Akan ada jejak rasa beda dari minuman es lainnya. Tampilannya sederhana saja. Bening tidak warna-warni. Tapi begitu diminum, baru akan terasa sensasi rasanya. Wangi buah pala, berpadu dengan rasa manis dan sedikit asam. Diminum dengan es batu, minuman unik ini akan langsung mengusut dahaga dari kerongkongan.

Baca juga:  Eksplorasi Indahnya Kota Makassar, Toraja dan Pulau Samalona

Es buah pala Pak Ujang juga tidak pakai pemanis buatan. Rasa manis benar-benar berasal dari gula pasir murni. Pak Ujang juga punya cara tersendiri dalam meracik es buah palanya. Sehingga punya rasa yang berbeda dari minuman sejenisnya.

Sebelum disajikan, buah pala di iris-iris tipis. Untuk menghilangkan getahnya, Pak Ujang punya cara khusus. Setelah irisan daging buah pala sudah siap, kemudian direndam dengan air gula selama dua jam. Ini yang membuat manisnya gula menyatu dengan irisan buah pala.

Ini adalah proses memfermentasi buah pala. Untuk menjaga kualitas, Pak Ujang langsung menyingkirkan buah pala yang telah berbuih. Ia tak pernah menggunakan buah pala yang telah berbuih. Dan yang menarik, ternyata minuman buah pala ini tak hanya bisa dinikmati dalam keadaan dingin. Tapi bisa juga diminum hangat-hangat. Sesuai selera saja. Jika ingin yang hangat, tak usah pakai es batu. Tapi pakai air panas. Maka, minuman pun berganti nama. Wedang pala namanya.

Selain menyegarkan, es buah pala juga bikin sehat. Sebab dipercaya bisa membantu yang susah tidur. Bisa bikin tidur jadi nyenyak. Nah, jika sedang ada di Bogor, dan ingin merasakan kuliner dengan sensasi rasa berbeda, datang saja ke Gang Aut di Jalan Suryakencana. Di sana ada warung es buah pala Pak Ujang. Soal harga, tidak perlu cemas. Murah meriah plus menyehatkan. Warung es buah pala Pak Ujang sendiri buka tiap hari dari pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Reply