Trik Dapat Tempat Duduk Saat Menaiki Bus Trans Di Ibu Kota

Salah satu moda transportasi yang umum digunakan oleh sebagian besar masyarakat Ibu Kota yaitu Bus Trans Jakarta. Selain biayanya yang cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 3.500,- ketersediaan halte yang cukup banyak juga membuat masyarakat sangat dimudahkan.

Namun dengan mudah dan murahnya penggunaan Bus Trans yang juga disertai banyaknya masyarakat Ibu Kota yang selalu lalu-lalang menggunakan transportasi ini membuat penumpang Bus Trans kadang kewalahan. Pasalnya saat jam-jam sibuk akan banyak antrian penumpang dan konsekuensinya akan ada penumpang yang harus rela berdiri saat menaiki transportasi ini.

Hal ini tentunya sangat tidak nyaman jika kalian memilih untuk menggunakan transportasi ini untuk perjalanan yang cukup jauh. Oleh sebab itu inilah beberapa trik yang bisa kalian gunakan agar tetap dapat tempat duduk saat menaiki Bus Trans di Ibu Kota:

Naiklah di Halte Sentral

Credit : Dokumen Pribadi

Ada beberapa halte pemberhentian bus trans yang bersifat sentral. Artinya halte ini memiliki ukuran yang cukup besar serta memiliki jalur koridor yang lebih bervariasi dari halte yang lainnya. Cobalah untuk menaiki bus trans melalui halte sentral seperti Harmoni, Kampung Melayu dan halte sejenis. Biasanya bus trans akan berada pada kondisi yang kosong di halte sentral. Karena di halte inilah awal bus trans akan berangkat. Oleh sebab itu kalian bisa memanfaatkan kondisi bus yang kosong untuk bisa dapat tempat duduk saat menggunakan bus trans.

Hindari Kursi Prioritas

Credit : Dokumen Pribadi

Sebisa mungkin janganlah duduk di kursi prioritas. Meskipun kursi terlihat kosong, carilah kursi lain yang bisa kalian duduki. Biasanya kursi proritas memilii warna yang berbeda dengan kursi yang lainnya. Jika kalian menduduki kursi ini, kemudian ada orang yang lebih berhak seperti lansia dan ibu hamil maka kalian harus rela untuk berdiri. Kursi ini lebih dinamis untuk digantikan daripada kursi-kursi yang lainnya. Jadi jika kalian menaiki bus trans cobalah duduk di kursi yang umum agar tidak mudah untuk diganti secara prioritas.

Baca juga:  Hutan Kota Srengseng, Pelepas Penat Penggugah Semangat

Pilih Posisi Belakang

Credit : Dokumen Pribadi

Kursi bagian belakang adalah posisi yang sangat strategis untuk duduk di bus trans. Pasalnya kursi pada bagian ini cenderung statis dalam pergantian penumpang. Jika memang ada orang yang membutuhkan tempat duduk maka mereka akan cenderung untuk menggantikan kursi-kursi bagian depan dan tengah. Oleh sebab itu, pilihlah kursi bagian belakang agar kalian bisa duduk dengan tenang di dalam bus.

Pahami Bus dengan Rute Sejalur

Credit : Dokumen Pribadi

Lihatlah peta rute bus trans di halte tempat kalian masuk. Biasanya akan ada 3-4 jenis bus yang akan melewati halte. Cobalah pahami bus mana saja yang memiliki jalur yang mirip dengan tujuan perjalanan kalian. Misalnya jika kalian ingin ke Halte Juanda dari Halte Kampung Melayu. Kalian harus menaiki Bus rute Harmoni. Namun karena biasanya bus ini cenderung ramai, maka kalian bisa sementara menggunakan bus rute Ancol dan turun di Pal Putih kemudian baru menggunakan rute Harmoni dari Pal Putih ke Juanda. Kalian cukup turun di halte trakhir sebelum rute perjalanan bus yang kalian pilih berbeda dengan tujuan perjalanan kalian. Setelah itu gunakan bus yang memang sejalur dengan tujuan kalian. Ini sangat bermanfaat karena biasanya sedikit orang yang memanfaatkan trik ini.

Pantau Jam Kedatangan Bus

Credit : Dokumen Pribadi

Selalu pantau jam kedatangan bus pada monitor yang disediakan di halte. Jika kalian menemui bus yang ingin kalian tumpangi memilili selisih jam kedatangan yang kecil, maka pilihlah bus di kedatangan kedua atau ketiga. Biasanya pada bus kedatangan pertama orang akan berbondong-bondong masuk. Setelah itu maka kondisi antrian akan sepi. Karena kalian sudah tahu bahwa bus berikutnya adalah bus dengan rute yang sama, maka kalian akan sedikit berbahagia karena tidak akan banyak yang memasuki bus ini.

Baca juga:  Manfaatkan Semua Promo Untuk Travelling Low Budget

Itulah beberapa trik yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan tempat duduk saat menaiki bus trans di Ibu Kota. Ciptakanlah kenyamanan perjalanan kalian. Namun jika memang kalian harus berdiri untuk memberikan tempat duduk kepada yang membutuhkan maka lakukanlah itu.

Trik di atas hanya untuk mengurangi rasa lelah kalian jika harus berdiri di Bus Trans. Akan tetapi jangan sampai harus mengorbankan kebutuhan orang yang lebih membutuhkan dari pada kita. Jangan lupa mencoba bus trans ya saat mengunjungi ibu kota. Jika kamu memiliki waktu luang kamu juga bisa memanfaatkan Bus Trans Gratis yang khusus digunakan untuk menjelajahi ibu kota.

Featured Image Credit : Transjakarta.co.id

Reply