Mabuk Saat Perjalanan? Coba 7 Tips Ampuh Hindari Mabuk Perjalanan Berikut

Berbicara tentang perjalanan tidak komplit rasanya jika tidak juga membahas hal yang sering mengganggu mood kita saat melakukan perjalanan. Apalagi kalau bukan mabuk saat perjalanan. Mabuk merupakan kejadian yang sangat tidak diinginkan oleh kita semua. Namun apa daya respon tubuh sulit kita tebak. Mabuk saat perjalanan sering kali terjadi jika kita melakukan perjalanan yang cukup jauh. Apalagi jika ditambah dengan medan perjalanan yang tidak bersahabat. Jika sudah mengalami hal yang satu ini tentunya akan merusak kesempatan kita untuk menikmati perjalanan dengan baik.

Oleh sebab itu, bagi kalian yang sering berhadapan dengan mabuk perjalanan cobalah beberapa tips ampuh berikut agar perjalanan kalian bebas dari masalah tersebut.

Perut Jangan Kosong Apalagi Kekenyangan

Credit : unsplash.com

Saat dalam perjalanan upayakan jangan membiarkan perut kalian kosong. Perut yang kosong akan merangsang lambung untuk meningkatkan kadar asam sehingga bisa saja memberikan efek mual. Disisi lain jangan juga terlalu banyak mengisi perut saat ingin melakukan perjalanan. Kondisi perut yang kekenyangan akan terganggu oleh goncangan tubuh saat sedang dalam perjalanan. Hal inilah yang juga dapat membuat seseorang mengalami mabuk. Sebaiknya isilah perut kalian secukupnya dan upayakan hindari makanan yang pedas ataupun menyengat serta hindari pula minuman bersoda terlebih dahulu.

Dengarkan Musik atau Mengobrol dengan Teman

Credit : unsplash.com

Mendengarkan musik saat di perjalanan akan merelaksasi pikiran kalian. Konsentrasi tubuh akan lebih rileks dalam merespon kondisi perjalanan yang kurang mengenakkan. Sama halnya dengan melakukan obrolan dengan teman perjalanan. Kondisi obrolan yang menjadikan kalian memiliki aktivitas dan berpotensi untuk menikmati perjalanan dengan baik secara tidak langsung merespon tubuh untuk rileks. Dengan cara ini setidaknya kalian akan terhindar dari respon tubuh yang berlebihan yang berujung pada kejadian mabuk perjalanan.

Baca juga:  Referensi Tempat Kuliner Enak dari Pak Menteri

Carilah Udara Segar atau Pemandangan

Credit : unsplash.com

Jika kebetulan kalian menggunakan alat transportasi yang memiliki jendela kalian bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menghindari mabuk. Menikmati pemandangan dalam perjalanan akan membuat pikiran kalian lebih fresh dan membuat respon tubuh yang baik. Disamping itu, membuka kaca jendela juga bisa kalian lakukan agar udara segar bisa kalian rasakan.

Makanlah Permen dalam Perjalanan

Credit : unsplash.com

Cara yang satu ini bisa dibilang cukup konvesional dan praktis. Kalian cukup memakan permen agar kondisi mulut merespon dengan baik rasa permen yang manis. Dengan memakan permen setidaknya kalian akan merasakan kenyamanan baik di mulut maupun perut kalian. Hal ini akan membuat kalian terhindar dari mabuk perjalanan.

Tidur yang Cukup Sebelum Perjalanan

Credit : unsplash.com

Tidur yang cukup diperlukan jika kalian akan melakukan perjalanan yang cukup jauh. Jika kalian kurang tidur maka kemungkinan akan mengalami pusing saat dalam perjalanan. Kondisi inilah yang akan menyebabkan kalian mengalami mabuk perjalanan. Dengan tidur yang cukup, kalian akan lebih siap untuk melakukan perjalanan tanpa takut mengalami mabuk.

Upayakan Mandi Sebelum Perjalanan

Credit : unsplash.com

Mandi sebelum berangkat perjalanan cukup penting untuk menjadia tubuh agar tetap segar. Kondisi tubuh yang segar akan membuat respon tubuh juga baik. Oleh sebab itu dengan mandi sebelum berangkat perjalanan, bisa menjadi cara agar tubuh tidak merespon berlebihan salah satunya mengalami mabuk perjalanan.

Gunakanlah Aromaterapi

Credit : unsplash.com

Bawalah aromaterapi saat kalian melakukan perjalanan. Jika kalian merasa tidak enak badan, oleskan aromaterapi pada bagian kepala atau perut kalian. Setidaknya aromanya akan membuat respon tubuh lebih baik. Sedangkan rasa hangat pada aromaterapi akan membuat aliran darah lebih baik. Dengan begitu rasa mabuk akan dapat dikurangi.

Baca juga:  Masih Ragu Mengajak Pasanganmu Traveling? Ini Manfaatnya

Itulah beberapa cara ampuh yang dapat kalian lakukan untuk menghindari mabuk saat perjalanan. Cobalah untuk berfikiran positif saat perjalanan agar respon tubuh tidak berlebihan. Jagalah kondisi kesehatan kalian saat perjalanan. Karena jika kondisi kesehatan kalian melemah, maka perjalanan seseru apapun kalian tidak akan bisa menikmatinya dengan senang hati.

Featured image credit: unsplash.com

Reply