Liburan Seru Ke Tempat Wisata Alam di Jakarta Dan Sekitarnya

Ingin menghabiskan liburan ke tempat wisata alam? Tidak usah jauh-jauh, ternyata kalian bisa menemukan beberapa destinasi dengan nuansa alam di Jakarta dan sekitarnya lho!

Sudah beberapa hari memasuki bulan Desember, yang identik dengan musim libur sekolah dan libur akhir tahun nih! Sebelum pandemi, mungkin biasanya kamu sudah menyiapkan rencana liburan bersama teman atau keluarga jauh-jauh hari.

Namun, dengan kondisi pandemi yang belum selesai, mungkin masih ragu dan bingung memilih tempat untuk berlibur? Sebenarnya, masih bisa koq berwisata di tengah pandemi dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Wisata berbasis alam bisa menjadi alternatif rekreasi yang relatif aman saat pandemi ini. Terutama bagi kamu yang sudah patuh untuk #dirumahaja selama pandemi dan butuh sedikit udara segar. Tempat wisata alam juga cocok untuk mengisi waktu libur bersama keluarga atau teman dan sahabat.

Berikut beberapa tempat wisata alam di Jakarta dan sekitarnya, mungkin bisa jadi inspirasi liburan akhir tahun ini:

Taman Wisata Alam Mangrove

Taman Wisata Alam Mangrove di Angke, Kapuk (foto: www.jakartamangrove.id)

Tanpa harus keluar dari Jakarta, ternyata kita bisa menemukan ‘surga’ di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk. Siapa sangka, Jakarta yang padat dengan gedung dan perumahan, punya tempat wisata yang menyajikan keasrian alam?

Berlokasi di kawasan pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, tempat seluas 99,82 hektar ini cocok untuk kamu yang ingin menjauh dari hiruk pikuk ibukota. Ada beberapa spot foto yang cocok untuk feed Instagram juga nih! Kamu bisa menyusuri surga hijau ini dengan berjalan kaki atau naik perahu. Tersedia juga sewa sepeda air dan perahu kano untuk penyuka water sport!

Ingin merasakan sensasi hutan bakau di malam hari? Tersedia pilihan menginap di salah satu camping ground atau villa yang tersedia di kawasan ini. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 30.000 (weekday) dan Rp. 35.000 (week end+hari libur) untuk per orang dewasa. Sedangkan tarif untuk anak-anak Rp. 15.000 (weekday) dan Rp. 20.000 (week end+hari libur).

Baca juga:  Hutan Kota Srengseng, Pelepas Penat Penggugah Semangat

Kebun Raya Bogor

Suanasa terlihat asri di Kebun Raya Bogor (foto: www.lipi.go.id)

Nah, tempat wisata alam berikutnya pasti sudah tidak asing yah? Kebun Raya Bogor! Berada tidak jauh dari Jakarta, tempat ini menjadi salah satu favorit tempat berlibur bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Transportasi umum menuju tempat ini juga terbilang mudah seperti Commuter Line, bus, dan angkutan umum lainnya.

Tentu menyegarkan berkeliling area kebun seluas 85 hektar yang memiliki ribuan spesies tanaman. Tersedia juga beberapa spot untuk piknik bareng dan trek jogging yang terawat rapi. Tidak hanya berwisata, kamu juga bisa belajar tentang berbagai macam jenis flora dan fauna di Kebun Raya Bogor.

Di area ini juga terdapat beberapa tempat menarik lainnya seperti Griya Anggrek. Di sini kalian bisa melihat beragam spesies anggrek alam dan anggrek hybrid. Selain itu, ada juga Museum Zoologi yang merupakan museum fauna. Tidak ketinggalan tempat menarik lainnya, diantaranya Kolam Gunting, Tugu Rafles, dan Makam Belanda.

Allianz Ecopark & Faunaland

Suasana hijau di Allianz Ecopark (foto: Instagram/@allianz.ecopark)

Kembali lagi ke Jakarta, ternyata ada satu lagi tempat wisata yang menawarkan kesejukan alami. Berada di kawasan wisata Ancol, Allianz Ecopark & Faunaland dulunya merupakan lapangan golf. Kemudian tempat ini disulap menjadi taman yang menarik sekaligus tempat rekreasi, outdoor adventure, dan edukasi tentang green lifestyle.

Pengunjung bisa mengeksplorasi dan bermain di empat zona, yaitu Eco Art, Eco Care, Eco Nature, dan Eco Energy. Kamu juga bisa seru-seruan bermain paint ball

di tempat wisata yang menekankan konsep Go Green ini. Kamu bahkan bisa menemukan kebun binatang mini, Faunaland, di kawasan seluar 34 hektar ini.

Faunaland memiliki berbagai fauna endemik dan eksotik, seperti Tarsius, Singa, Kangguru Pohon, Macan Dahan, dan Nuri Bayan. Untuk tiket masuk ke Allianz Ecopark sebesar Rp. 35.000, Faunaland RP. 65.000, tiket wahana dan permainan lainnya tarif bervariasi.

Baca juga:  Boekit Tinggi Daramista : Wisata Alam Baru Di Pulau Madura

Taman Safari Indonesia

Gerbang masuk TSI Bogor (foto: Jakarta Post/Wienda Parwitasari)

Taman Safari Indonesia (TSI) merupakan salah satu tujuan favorit keluarga untuk liburan yang  terletak di kawasan Cisarua, Bogor. Pengunjung bisa melihat fauna yang berkeliaran di alam bebas. TSI juga menawarkan beragam atraksi dan wahana menarik untuk liburan seru bersama keluarga.

Kalau ingin mencoba sesuatu yang berbeda, coba deh ikut safari malam. Dari jam 7 hingga 9 malam, pengunjung akan diajak menjelajahi kehidupan malam satwa liar dengan mengendarai kereta wisata terbuka. Dijamin, kamu bisa merasakan ketegangan yang tidak mungkin didapatkan saat siang hari.

TSI juga menyediakan penginapan bagi pengunjung yang ingin merasakan tinggal layaknya di hutan dan merasakan kedekatan dengan alam beserta satwa-satwanya. Tersedia berbagai tipe akomodasi, mulai dari kamar, villa, tree house, caravan, cottage, hingga kamar dengan tematik khusus.

Kampung 99 Pepohonan Depok

Tempat wisata alam Kampung 99 Pepohonan Depok (foto: blog.reservasi.com)

Tidak hanya Bogor saja yang memiliki tempat wisata alam. Ada Kampung 99 Pepohonan Depok yang berlokasi persis di seberang Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri, Depok. Kampung 99 Pepohonan Depok menawarkan tempat rekreasi keluarga yang menyatu dengan alam.

Tempat ini juga menghadirkan beragam jenis tanaman dan hewan yang berkeliaran bebas. Ada tupai, ayam mutiara, kerbau, rusa jenis Timorensis, burung, dan kambing etawa. Kalau datang bersama anak-anak, bisa juga nih coba program natural outbond.

Tempat wisata ini tidak mengenakan tarif masuk. Hanya saja, setiap aktivitas dikenakan biaya sebesar Rp. 25.000 per aktivitas. Selain itu, tersedia penginapan rumah kayu jika kamu ingin bermalam di tempat ini. Uniknya, tipe akomodasi disesuaikan dengan jumlah pohon yang dipilih, misalkan 80 pohon dan sebagainya.

Tempat wisata alam: Rumah Pohon Bekasi

Tempat Wisata Alam Rumah Pohon Bekasi (foto: Tribun Wisata)

Masih di sekitar Jakarta, ada Rumah Pohon Bekasi yang bisa dikunjungi. Identik dengan kemacetan, ternyata kamu bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan hijau di tempat ini. Semuanya berkat pohon dan tanaman yang membuatnya terlihat sangat asri. Ada danau juga untuk tempat memancing, lho!

Baca juga:  Libur Akhir Tahun, Ini 7 Hotel Untuk Staycation di Jakarta Bersama Keluarga

Rumah Pohon Bekasi juga menyediakan fasilitas outbond. Kamu bisa mencoba paintball, wall climbing, dan flying fox. Jangan lewatkan menyusuri kawasan rumah pohon ini dengan ATV yang tersedia dalam berbagai ukuran.

Anak-anak bisa menggunakan fasilitas playground dengan aneka permainan. Dengan beragam atraksi dan permainan, tempat ini cocok untuk jadi pilihan tempat berlibur bersama keluarga. Tempat wisata bernuansa alam ini terletak di Jl. Raya Parpostel Jatiasih, Kota Bekasi.

Nah, itu tadi beberapa tempat wisata alam untuk alternatif liburan saat pandemi. Kamu bisa mengisi waktu libur sekaligus tetap menjaga jarak. Wisata alam juga bisa memberikan manfaat lho! Selain menawarkan udara segar, kamu juga bisa menikmati keasrian alam dan merasakan ketenangan berada di alam terbuka. Kalau pergi berlibur, jangan bosan pakai masker yah! Jadi, yang mana jadi incaran untuk tempat refreshing berikutnya?

Reply