Ini Lho Manfaat Mengenalkan Traveling Pada Anak Sejak Dini!

Tahukah Anda, ada banyak manfaat mengenalkan traveling sejak dini pada anak?

Traveling bersama seluruh anggota keluarga tentu menyenangkan. Namun, tidak sedikit orang tua yang merasa repot untuk pergi liburan bersama si kecil. Ada banyak hal yang perlu disiapkan dan kekhawatiran dengan kendala yang akan muncul selama di perjalanan.

Tapi, ternyata ada banyak sekali manfaat mengenalkan traveling kepada si kecil. Diantaranya memberikan pengalaman yang menyenangkan, mengenalkan si kecil pada alam, hingga belajar banyak hal baru yang belum ia ketahui.

Dan pastinya, momen traveling bersama akan menjadi kenangan indah yang tersimpan dalam memorinya. Sebagai orang tua, Anda bisa menjadwalkan waktu untuk liburan bersama si kecil. Lalu, apa sajakah manfaat mengenalkan traveling sejak dini kepada si kecil?

1. Mudah beradaptasi

Dengan mengajarkan traveling sejak dini kepada si kecil, anak akan menjadi pribadi yang bisa menerima kondisi yang sama sekali berbeda dengan yang mereka hadapi dan terima di rumah.

Mungkin anak akan kangen dengan zona nyaman mereka, tapi tantangan dan kondisi dalam perjalanan akan mengajarkan anak beradaptasi dan lebih fleksibel dalam menghadapi segala kondisi.

2. Bertanggung jawab dan mandiri

foto: unsplash/@mitchel3uo

Saat merencanakan liburan bersama keluarga, Anda bisa memberikan tanggung jawab kecil kepada anak. Seperti menyiapkan barang-barang untuk traveling dengan bantuan Anda.

Mereka juga bisa diberikan tanggung jawab untuk membawa ransel atau koper kecil yang berisi barang-barang pribadi yang anak butuhkan selama perjalanan. Hal ini akan membuat anak bertanggung jawab menjaga barang miliknya.

3. Menumbuhkan rasa percaya diri

Manfaat lain dari mengenalkan traveling sejak dini yaitu dapat menumbuhkan rasa percaya diri anak. Anak akan merasa bangga saat mencoba hal yang baru dilakukan pertama kali. Dengan kepercayaan yang diberikan orang tua selama traveling, anak akan merasa bangga bisa menjalankan tanggung jawab tersebut. Emosi positif antara anak dan orang tua juga akan terjalin dan terbentuk selama di perjalanan.

Baca juga:  Wisata Kuliner Via Ojek Online Saat Pandemi Corona? Tetaplah Perhatikan 5 Hal Ini

4. Mendapatkan pengalaman berharga dan kebahagiaan

Tentunya, melakukan perjalanan yang berjalan dengan sempurna bersama si kecil menjadi harapan semua orang tua. Namun, meskipun ada kendala atau masalah di perjalanan, anak akan mengingat momen-momen bahagia saat liburan bersama keluarga.

Bisa jadi, tempat tujuan liburan, serta pengalaman berharga dan paling indah yang didapatkan selama traveling akan tertanam dalam ingatan jangka panjang si kecil.

5. Menumbuhkan rasa ingin tahu & imajinasi

traveling sejak dini
foto: golyak, Depositphotos.com

Dengan mengajak si kecil traveling sejak dini, rasa ingin tahu anak akan timbul. Si kecil akan mengajukan rentetan pertanyaan, seperti tujuan liburan, serta pertanyaan tentang mainan atau buku favorit yang perlu dibawa.

Traveling juga akan memberikan anak semangat untuk berpetualang. Anak juga bisa belajar dari pengalaman langsung. Contohnya, pengenalan akan moda transportasi, seperti kereta api saat eksplor kota tujuan.

6. Membuat tubuh lebih sehat dan panca indera berkembang

Saat traveling, Anda dan keluarga akan banyak melakukan aktivitas fisik. Perjalanan yang lama dan kadang melelahkan membutuhkan stamina yang kuat. Belum lagi selama eksplor di tempat tujuan. Anak juga akan beradaptasi dengan suhu panas saat menjelah dan merasakan dinginnya air laut.

Selain itu, panca indera si kecil pun akan berkembang mengikuti suasana sekitar. Saat wisata kuliner, anak akan belajar merasakan berbagai macam rasa dari makanan yang dicoba. Atau mendengarkan variasi suara-suara di sekeliling. Tidak ketinggalan, mata si kecil akan dimanjakan dengan pemandangan baru selama traveling.

7. Membentuk kepribadian dan mental yang lebih baik

Manfaat mengajak anak traveling sejak dini, yaitu bisa membentuk kepribadian si kecil. Selama traveling, semua anggota keluarga harus disiplin dalam mengatur waktu. Anak pun akan ikut belajar on time bila tak ingin tertinggal.

Baca juga:  7 Ide Kegiatan Untuk Libur Akhir Tahun Seru Bersama Keluarga Meski di Rumah Saja

Si kecil juga akan belajar mematuhi peraturan-peraturan, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Anak juga akan belajar tentang sopan santun, toleransi, dan tenggang rasa terhadap orang-orang baru atau teman baru.

8. Kesempatan untuk berani mencoba hal baru

foto: pexels/@gerald-yambao-1266170

Saat traveling, Anda dan keluarga akan keluar dari zona nyaman sehari-hari. Namun, saat traveling bersama ini juga membuka kesempatan bagi anak untuk mencoba hal baru.

Misalnya saat Anda berlibur, si kecil mungkin akan tertarik untuk mencoba berbagai macam wahana dan atraksi yang belum pernah dicoba, seperti flying fox. Sebagai orang tua, Anda tentu akan bangga dengan keberanian si kecil.

Tidak hanya jalan-jalan, mengenalkan traveling sejak dini ternyata memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Masa kecil anak-anak Anda tidak bisa diulang. Jadi, bagaimana kalau mulai merencanakan traveling bersama si kecil sekarang juga? (ds3)

Reply