Serunya Membaca Novel Petualangan Anak-anak

Sudah sejak beberapa waktu yang lalu, pemerintah memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tinggal di rumah sebagai salah satu cara menekan penyebaran virus corona.

Banyak para pekerja, pelajar, dan mahasiswa yang harus work from home’ dan ‘school from home’ selama beberapa minggu terakhir. Di sela-sela waktu untuk bekerja, belajar, dan mengerjakan tugas, ada banyak cara dilakukan untuk mengisi waktu supaya tidak bosan. Diantaranya menekuni hobi, menonton film, bermain game, menggambar, dan membaca buku.

Nah, sepertinya ‘work from home’ dan ‘school from home’ masih akan berlangsung beberapa waktu ke depan. Selama waktu tersebut, mungkin Anda bisa mengganti kegiatan menonton film atau bermain game dengan membaca buku. Cobalah untuk membaca buku yang ringan seperti buku petualangan anak-anak. Berikut rekomendasi buku petualangan anak-anak yang bisa dijadikan referensi.

1. Toto-chan oleh Tetsuko Kuroyanagi

(c) desi tri

Buku ini menceritakan kisah dari sang penulis sendiri mengenai masa kecilnya. Toto-chan seorang anak perempuan yang sangat aktif dan banyak ingin tahu. Tapi, gurunya di sekolah menganggap Toto-chan nakal. Hingga akhirnya mama Toto-chan mendaftarkan ia ke Tomoe Gakuen. Sebuah sekolah dengan kelas-kelas dari gerbong kereta bekas. Di sini, semua  anak dibebaskan untuk berkreasi dan bereksplorasi.

Ikuti keseruan Toto-chan dan teman-temannya saat menginap di sekolah untuk menyambut kedatangan gerbong kereta bekas yang akan dijadikan perpustakaan sekolah. Atau, saat Toto-chan kehilangan dompetnya, ia mencari dan membongkar septic tank sekolah, hingga halaman menjadi kotor. Alih-alih memarahi Toto-chan, Kepala Sekolah hanya bertanya apa yang sedang dikerjakannya dan memintanya untuk merapihkan kembali jika Toto-chan sudah selesai.

2. The Adventures of Tom Sawyer

Sebuah karya klasik yang tak lekang oleh waktu. Ditulis oleh Mark Twain dan pertama kali diterbitkan pada 1876, The Adventures of Tom Sawyer telah menjadi buku bacaan yang sudah beberapa kali difilmkan. Tom Sawyer tinggal bersama bibinya, Bibi Poly. Ia dikenal sebagai anak yang nakal, tapi jujur dan pemberani. Ia juga mempunyai imajinasi yang tinggi dan senang bermain.

Baca juga:  Hal-hal Ajaib Yang Bisa Dilakukan Traveler Dengan Internet Saat Perjalanan

Di suatu waktu, Tom dan temannya, Huckleberry Finn, berpetualang menjadi bajak laut. Mereka berkemah di tengah hutan sebuah pulau terpencil selama berhari-hari. Karena tidak pulang, Bibi Poly dan juga orang di kampungnya berusaha untuk mencari mereka, namun tidak juga ditemukan. Sehingga mereka mengganggap Tom dan Finn tenggelam di sungai. Atau saat lain Tom dan Finn menemukan harta karun Injun Joe dan menjadi kaya raya. Masih banyak lagi tingkah dan akal dari Tom yang membuat Bibi Poly mengelus dada.

3. The Secret Garden

The Secret Garden merupakan salah satu buku sastra klasik anak-anak. Buku ini ditulis oleh Frances Hodgson Burnett dan pertama diterbitkan pada tahun 1911. Berkisah tentang Mary Lenox, seorang anak manja yang tinggal di India. Setelah Mary kehilangan orang tuanya karena wabah kolera di India, Mary pulang ke Inggris untuk tinggal bersama pamannya dan sepupunya. Dengan pamannya yang jarang ada di rumah dan sepupunya, Collin, yang sakit-sakitan, Mary banyak menghabiskan waktunya dengan menjelajahi rumah dan halamannya. Hingga ia menemukan sebuah taman rahasia.  Bersama Dickon, yang menjadi temannya, Mary merawat taman tersebut. Collin, yang merasa dirinya akan meninggal karena sakit-sakitan, akhirnya ikut bergabung merawat taman rahasia tersebut. Dan ia termotivasi untuk menjadi sehat dan ingin memberikan kejutan untuk ayahnya.

4. Mallory Tower Series

Salah satu karya terkenal dari Eny Blyton, terdiri dari enam seri buku. Kisah mengenai Darrell Rivers yang mulai bersekolah di Malory Towers – sekolah berasrama khusus anak perempuan- yang terletak di tepi pantai. Banyak cerita seru dari semester pertama hingga Darrel lulus sekolah. Mulai dari keisengan Darrel dan teman-teman sekelasnya yang senang menggoda Mam’zelle Dupont. Atau saat kelas tiga, ada anak baru bernama Zerelda yang baru pindah dari Amerika. Kesukaannya bersolek membuatnya ketinggalan pelajaran,  namun akhirnya Zerelda berusaha keras untuk memperbaiki nilainya.

Baca juga:  Wisata Kuliner Via Ojek Online Saat Pandemi Corona? Tetaplah Perhatikan 5 Hal Ini

5. Seri Bliss oleh Kathryn Littlewood

Cerita fantasi tentang dunia sihir dan makanan. Rosemary Bliss merupakan salah satu anak perempuan keluarga Bliss. Keluarga Bliss membuka sebuah toko roti di lingkungan mereka. Rosemary selalu percaya kalau ayah dan ibunya menggunakan sihir dan memiliki bahan dan resep ajaib dalam membuat roti. Banyak hal terjadi saat Rosemary mengetahui rahasia tersebut. Ikuti petualangan Rosemary dalam kejuaraan kue dan petualangan lainnya di lima buku seri yang diterbitkan.

Jadi, tertarik untuk membaca yang mana? Anda bisa mencari di perpustakaan online atau membeli langsung. Jika ingin membeli buku, baik itu e-book atau buku fisik, belinya melalui online saja, sekarang #dirumahaja dulu. Oh iya, jangan lupa, beli yang asli yah, jangan bajakan! Kita hargai jerih payah penulis untuk memberikan bacaan berkualitas untuk kita, para pembaca.

Reply