Bukan Sekadar Menghabiskan Uang, Ini 5 Bisnis Yang Bisa Anda Lakukan Sebagai Traveller

Sekarang ini travelling bukan hanya sekadar gaya hidup saja tapi juga sebagai kebutuhan. Masalahnya travelling memerlukan budget yang tidak sedikit agar bisa melakukan hobi mahal ini. Namun tenang saja kalo masalah budget Anda bisa mengikuti tips and trik agar travelling low budget.

Di sisi lain Anda jangan kira kalo hobi travelling selalu tentang menghabiskan uang saja. Sebagai traveller Anda juga bisa lho menghasilkan uang dari hobi travelling. Berbekal dari pengalaman yang Anda dapatkan selama travelling Anda dapat melakukan beberapa bisnis berikut ini.

1. Travel Writer

credit: pixabay.com

Selama melakukan travelling tentunya Anda sudah banyak mendapatkan berbagai pelajaran ataupun pengalaman. Pelajaran atau pengalaman selama travelling inilah yang Anda tuangkan dalam bentuk tulisan. Bisa berupa cerita perjalanan, tips and trik, rekomendasi wisata yang menarik atau apapun bisa Anda tuangkan dalam bentuk tulisan.

Untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi travel writer ini bisa dengan cara menerbitkan sebuah buku. Selain dengan menerbitkan buku, Anda dapat mengirim tulisan ke majalah, koran ataupun ke blog pribadi. Tak mau ribet? Sekarang sudah banyak blog yang menerima tulisan dari para pembacanya lho. Salah satunya blog Jalan Bareng yang sedang Anda baca ini. Bagi yang berminat silahkan baca pada halaman kirim tulisan.

2. Travel Photografer

credit: pixabay.com

Sama dengan menjadi travel writer, namun menjadi fotografer travelling karya yang Anda jual adalah foto. Daripada foto-foto selama travelling hanya menumpuk dalam memory sebaiknya Anda jadikan ladang uang. Anda bisa mengirim karya foto ke majalah, atau blog.

Kabar gembiranya sekarang sudah banyak website yang memungkinkan Anda untuk menjual foto melalui website mereka. Mirip seperti marketplace, namun disini yang Anda jual foto hasil jepretan sendiri. Contohnya shutterstock.com, istockphoto.com, dan fotolia.com. Anda akan dibayar jika ada yang membeli foto karya Anda.

Baca juga:  Cerita Jam Kayu JKW Made In Kulon Progo

3. Youtuber Travelling

credit: travelcontinuously.com

Ini salah satu pekerjaan impian para generasi millenials. Hanya dengan membuat video saat travelling, posting ke channel Youtube trus dapat uang deh. konten yang bagus bagi youtuber travelling seperti video cerita selama perjalanan, rekomendasi tempat-tempat wisata yang hits, tips and trick ataupun wisata kuliner.

4. Buka Rental Alat Travelling

credit: rfc.wayne.edu

Bagi Anda yang sudah sering travelling terutama mendaki gunung atau camping di pantai, pasti perlengkapan camping Anda sudah lengkap. Anda bisa mencoba merentalkan perlengkapan camping. Mulai dulu dengan merentalkan alat-alat camping Anda sendiri. Jika sudah berkembang Anda dapat menambah perlengkapan untuk mencukupi permintaan.

Sekarang ini sedang meningkatnya para pendaki pemula yang belum mempunyai alat. Jadikanlah ini sebagai peluang dari bisnis Anda.

5. Menjadi Pemandu Wisata

credit: telegraph.co.uk

Terakhir Anda bisa menjadi pemandu wisata. Berbekal pengalaman Anda yang sering travelling atau sekadar untuk tempat wisata lokal, Anda bisa memandu wisatawan yang ingin berwisata ke tempat tersebut.

Caranya Anda dapat bergabung ke agen-agen wisata. Selain itu Anda juga bisa menawarkan jasa Anda melalui sosial media.

Itulah beberapa ide bisnis bagi Anda yang suka travelling. Dengan demikian travelling bukan sekadar tentang menghabiskan uang tapi juga sebagai ladang untuk menghasilkan uang. Jadi Anda mau menjalankan yang mana dulu?

One Response

Reply