Cara Mengatasi Kehabisan Uang Ketika Traveling

Ketika traveling apalagi jika itinerary dan pengaturan anggaran yang kurang baik, traveler seringkali mengalami kekurangan bahkan sampai kehabisan uang. Mengalami musibah seperti pencurian juga seringkali mengancam para traveler ketika sedang melakukan traveling. Kejadian seperti ini tentu saja sangat menjengkelkan, karena Anda akan kesulitan untuk makan, melanjutkan perjalanan atau bahkan pulang ke rumah.

Namun apa daya jika semua itu sudah terjadi, Anda kehabisan uang di negeri orang. Oops tunggu dulu, masih ada cara untuk mengatasi kehabisan uang ketika traveling. Berikut ini adalah hal yang dapat Anda lakukan jika Anda kehabisan uang ketika sedang melakukan traveling.

1. Minta Transfer Uang

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminta bantuan kepada orang terdekat seperti saudara atau teman Anda. Ceritakan apa yang Anda alami kepada mereka dan mintalah mereka untuk mentranfer uang ke rekening Anda. Namun jika Anda tidak mempunyai atau kehilangan kartu ATM Anda bisa minta bantuan kepada penduduk lokal yang mempunyai rekening. Agar saudara atau teman Anda dapat mengirimkan uang ke rekening tersebut. Anda juga harus berhati-hati, jangan sampai orang yang Anda minta bantuan itu malah menggelapkan uang yang dikirim kepada Anda.

2. Jual Barang

credit: pikrepo.com

Ketika traveling tentu saja Anda membawa perlengkapan untuk melakukan traveling. Ketika kehabisan uang, mau tidak mau Anda harus mengikhlaskan barang Anda untuk dijual. Barang yang dapat Anda jual contohnya seperti jam tangan, perhiasan, handphone atau barang apa saja yang dapat dijual. Jangan mematok harga terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Jual barang Anda dengan harga yang sesuai. Jika uang hasil penjualan masih kurang, Anda bisa menambahnya dengan cara lain.

Baca juga:  Ngejar Sunrise atau Pesawat Pagi Hari? Ini Tips Agar Tetap Terlihat Cool Walau Tanpa Mandi

3. Cari Pekerjaan Part Time

Cobalah mencari pekerjaan part time di sekitar tempat Anda menginap. Pekerjaan part time dapat Anda temui di restoran, kafe atau warung makan pinggir jalan. Temui pemiliknya dan ceritakan apa yang Anda alami lalu mintalah pekerjaan kepada mereka. Biasanya bekerja di tempat makan selain mendapatkan uang, Anda juga akan diberi makan. Kerja part time dapat Anda lakukan jika Anda belum berniat pulang ke kota asal.

4. Pinjam Uang Kepada Penduduk Lokal

credit: flickr.com

Salah satu manfaat Anda berkenalan dengan penduduk lokal ketika traveling adalah Anda dapat meminta bantuan kepada mereka. Cobalah untuk meminjam sejumlah uang dan berjanji akan menggantinya jika Anda sudah sampai ke rumah. Jangan lupa meminta nomor rekening dan nomor telepon orang yang meminjamkan uang kepada Anda. Selain kepada penduduk lokal, Anda juga bisa meminjam uang kepada sesama traveler.

5. Mengamen

credit: instagram.com/themanwiththetinyguitar

Jika Anda mempunyai bakat bermain musik, mungkin Anda dapat mencoba untuk mengamen. Jika tidak mempunyai alat musik maka Anda harus dituntut kreatif dengan menggunakan barang yang ada agar tetap dapat menghasilkan musik yang enak didengar. Mengamen dapat Anda lakukan di tempat-tempat makan atau di tempat keramaian.

6. Donor Darah

credit: flickr.com

Untuk mengatasi kehabisan uang ketika traveling tidak selalu tentang cara mendapatkan uang. Namun juga tentang bagaimana cara mendapatkan makanan tanpa perlu mengeluarkan uang. Caranya adalah dengan ikut donor darah. Setelah mendonorkan darah, biasanya para pendonor akan diberikan makanan yang bergizi. Selain bisa mendapatkan makanan, donor darah juga bagus untuk kesehatan tubuh dan dapat menolong nyawa orang lain. Sayangnya donor darah tidak dapat dilakukan setiap saat, donor darah hanya dapat dilakukan 3 hingga 4 minggu sekali.

Baca juga:  Tetap Bisa Memiliki Foto Keren Meski Traveling Sendirian, Ini Dia Caranya

7. Klaim Asuransi Perjalanan Anda

credit: thebluediamondgallery.com

Jika Anda mempunyai asuransi perjalanan, Anda dapat mengklaim asuransi tersebut. Biasanya asuransi perjalanan juga menanggung kehilangan uang namun dengan berbagai syarat. Baca dan pahami aturan klaim asuransi Anda. Meskipun tidak diganti semuanya, tapi lebih baik daripada tidak sama sekali apalagi dalam keadaan genting seperti kehabisan uang.

Ketika Anda kehabisan uang, yang harus Anda lakukan adalah tetap tenang dan jangan panik. Dengan tetap tenang Anda dapat berpikir bagaimana cara mengatasi masalah kehabisan uang seperti dengan 7 cara mengatasi kehabisan uang ketika traveling di atas. Daripada mengatasi kehabisan uang, lebih baik Anda mencegah kehabisan uang ketika traveling.

Reply