Inilah 7 Rekor di Dunia Kuliner yang Dipecahkan di Indonesia

Indonesia ini selain punya alam yang eksotis, juga kaya akan bermacam-macam kuliner. Hampir semua daerah di Nusantara punya kuliner khasnya masing-masing. Yang menarik banyak rekor tercipta di dunia kuliner di Indonesia. Berikut ini, 7 rekor di dunia kuliner yang pernah dipecahkan di Indonesia.

1. Martabak Manis Terbesar

Ilustrasi martabak manis. Foto: Dimanaja.com

Pembuatan martabak manis terbesar di Indonesia. Pembuatan martabak raksasa ini dilakukan untuk memperingati hari Jadi Kabupaten Tegal dan Hari Pendidikan Nasional serta Hari Kebangkitan Nasional. Ketika itu, Asosiasi Pengusaha Martabak dan Jajanan Indonesia (Al Marjan Indonesia) berkolaborasi dengan Haji Maskun Riziq dan Khalda Media Corporation menggelar acara membuat martabak raksasa di Kota Tegal pada 12 Mei 2012.

Dan, martabak raksasa berukuran besar dengan diameter 205 centimeter berhasil dibuat. Peristiwa pembuatan martabak raksasa ini pun masuk Museum Rekor Indonesia (MURI). Oleh MURI, peristiwa itu dicatat sebagai rekor pembuatan martabak manis terbesar di Indonesia.

2. Nasi Rames Komplit Terbesar

Ilustrasi nasi rames komplit. Foto: Tripadvisor.com

Rekor lainnya yang pecah di dunia kuliner terjadi pada 8 Desember 2012. Ketika itu, Toyota Astra Finance Service bekerja sama dengan Panglima Event dan Promosi menggelar kegiatan membuat nasi rames dengan porsi raksasa. Kegiatan membuat nasi rames komplit ini digelar di Jakarta.

Akhirnya, nasi rames komplit dengan ukuran raksasa pun sukses dibuat. Dibuat dalam bejana bulat dengan 10 jenis lauk pauk. Nasi rames yang dibuat berukuran diameter 10,95 meter. Oleh MURI, pembuatan nasi rames raksasa ini dinobatkan sebagai salah satu rekor versi mereka. Rekor nasi rames komplit terbesar di Indonesia.

3. Kue Bulan Terbesar

Ilustrasi kue bulan. Foto: Travelingyuk.com

Rekor dunia kuliner lainnya dipecahkan oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI Riau), Vanhollano Bakery dan Cake and Cafe. Mereka sukses memecahkan rekor MURI membuat kue bulan terbesar di Indonesia. Kue bulan raksasa yang berhasil memecahkan rekor MURI itu berdiameter 1,40 meter dengan ketebalan 49 sentimeter. Rekor pembuatan kue bulan terbesar dipecahkan di acara Festival Kue Bulan 2013 yang digelar di Kota Pekanbaru, Riau pada 21 September 2013.

Baca juga:  Teng Tinkerbell, Segelintir Anak Penopang Eksistensi Budaya Madura

4. Pizza Terpanjang

Ilustrasi pizza. Foto: Commons.m.wikimedia.org

Pada 20 November 2013, di Jakarta sebuah rekor MURI di dunia kuliner juga berhasil dipecahkan. Rekor yang dipecahkan adalah rangkaian pizza terpanjang di Indonesia. Pemecah rekor, PT Srimelati Kencana dan PT Sriboga Raturaya. Pizza yang berhasil memecahkan rekor MURI sepanjang 266,38 meter yang dibuat oleh 400 anak yatim piatu dan sekolah berusia 10-12 tahun.

5. Lumpia Goreng Terpanjang

Ilustrasi lumpia. Foto: Fimela.com

Pada 22 April 2012, di Semarang, sebuah lumpia terpanjang berhasil dibuat. Lumpia yang dibuat panjangnya mencapai 465 meter. Lumpia yang dibuat adalah lumpia goreng. Pembuatnya, Assocation of Event Organizer Company, Indonesia Chef association Jateng-DIY dan Bumbu Inti Kokita. Pembuatan lumpia terpanjang yang dikemudian dicatat MURI ini dalam rangka memperingati hari Kartini dan untuk menyambut Ulah Tahun Kota Semarang.

6. Hotdog Terpanjang

Ilustrasi hotdog. Foto: Detik.com

Pada 29 April 2012 MURI kembali mencatat rekor di bidang kuliner. Rekor yang dicatat MURI adalah rekor hotdog terpanjang. Hot dog yang pecahkan rekor itu panjangnya 1,54 meter dengan diameter 10 cm. Hot dog dibuat oleh The Butcher Bekerja sama dengan Panin Bank. Pembuatan hotdog terpanjang dilakukan di Gandaria City, Jakarta Selatan.

7. Tempe Terpanjang

Ilustrasi tempe. Foto: Detik.com

Masih di tahun 2012, tepatnya pada 8 Juli di Salatiga, Pusat Studi Tempe, Primer KOPTI Salatiga dan Forum Tempe Indonesia sukses memecahkan rekor tempe terpanjang. Pembuatan tempe terpanjang itu sendiri dilakukan untuk memeriahkan Hari Koperasi ke 65. Tempe yang berhasil pecah rekor punya panjang 2.162 meter dengan diameter 6 cm. Dibuat oleh 100 pengrajin tempe yang dibantu 20 siswa SMAN 1 Salatiga. Tempe sepanjang 2.162 meter itu menghabiskan bahan 3 ton kedelai kering dan 4 ton kedelai basah. Lama pembuatan selama 5 hari.

Reply