Rekomendasi Kuliner Jogja Murmer, Cocok Buat Traveller Low Budget!

Siapa sih yang tidak kenal Jogja? Kota yang satu ini menawarkan berbagai jenis wisata dan kultur yang selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Selain dikenal sebagai kota gudeg, namun nyatanya Jogja tidak hanya menawarkan kuliner tersebut.

Wisata kuliner yang beraneka ragam menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang menyambangi Jogja. Artikel berikut akan membahas wisata kuliner murah meriah dari Jogja dari sarapan hingga makan malam. Simak terus, ya!

Jenang Bu Gesti

Sumber: travelingyuk.com

Jika tertarik dengan sarapan manis, jenang Bu Gesti bisa jadi salah satu pilihan kamu, nih. Bu Gesti sendiri merupakan generasi penerus ketiga yang berjualan jenang di Lempuyangan. Ada 4 jenis jenang yang bisa dipilih; Jenang Candil, Jenang Sumsum Cokelat, Jenang Sumsum Putih, dan Jenang Mutiara (Jenang Monte). Bahkan keempat jenis jenang ini dapat dipesan dalam satu hidangan.

Jenang yang kenyal disajikan diatas daun pisang sehingga memiliki aroma yang harum, ditambah dengan santan yang hangat dan gurih merupakan sarapan di pagi hari.

  • Lokasi : Pasar Lempuyangan, Jl. Hayam Wuruk Tegal Panggung
  • Jam Buka : 08.00-10.00 WIB
  • Harga: Rp.5.000,00 per porsi

Soto Ayam Pak Gareng

Sumber: tuguwisata.com

Sarapan dengan semangkuk soto segar memang paling top! Kuah soto ayam Pak Gareng yang bening namun berbumbu sangat menggugah selera. Soto ini berbeda dengan soto lainnya karena adanya Lenthok.

Lenthok adalah olahan singkong dan bumbu yang ditumbuk halus, dibentuk bulat, kemudian digoreng. Lenthok ditambahkan diatas soto ayam sebagai penambah tekstur dan citarasa. Selain soto, ada juga makanan pendamping lainnya seperti gorengan, sate jeroan, dan minuman.

  • Lokasi : Utara Stasiun Tugu
  • Jam Buka : 06.00-12.00 WIB
  • Harga : Rp.10.000,00 per porsi

Angkringan Lik Man

Sumber: i.pinimg.com

Angkringan menjadi salah satu daya tarik Jogja di malam hari, salah satunya, angkringan Lik Man. Berbagai sajian khas angkringan seperti nasi kucing, sambal teri, dan lainnya dijual dengan ditata diatas bakul dijual setiap malam.

Baca juga:  Nikmatnya Campur Lorjhuk : Kuliner Khas Kabupaten Pamekasan, Madura

Selain angkringan, kopi joss juga tersedia disini. Kopi dan gula dicampur dengan air mendidih, kemudian ditambahkan bara arang panas yang diambil langsung dari tungku di sebelahnya membuat kopi mengepulkan asap dan mengeluarkan suara mendesis yang khas sehingga disebut kopi joss.

  • Lokasi : Utara Stasiun Tugu
  • Jam Buka : 17.00-03.00 WIB
  • Harga : Rp.500,00-Rp.5.000,00

Nasi Rames Demangan

Sumber: indonesia.tripcanvas.co/id

Nasi rames pada umumnya adalah campuran nasi dengan sayur dan berbagai macam sayur dan lauk di dalamnya. Lauk yang tersedia di Nasi Rames Demangan diantaranya ada berbagai olahan telur, ayam goreng, ayam balado, tumis labu, sambal teri, dan lainnya.

Mulai berjualan tahun 1993, tempat makan ini menjadi kuliner legendaris di Jogjakarta. Maka tidak heran, banyak orang yang rela mengantri lama untuk mencicipi kuliner Nasi Rames Demangan ini.

  • Lokasi : Jl. Gejayan (Jl. Afandi, depan Apotik Ardi Farma)
  • Jam Buka : 21.30-04.00 WIB
  • Harga : mulai dari Rp.9.000,00

Jadi, tertarik mencobanya? Yuk, langsung aja ke tempat yang kita rekomendasikan ya!

Reply