7 Aplikasi Belajar Online Terbaik Saat Pandemi

Selama school from home, aplikasi belajar online apakah yang terbaik?

Sejak 13 Juli 2020 lalu, tahun ajaran baru 2020/2021 sudah dimulai kembali. Sayangnya, pandemi Covid-19 di Indonesia sampai saat ini masih belum berakhir. Sehingga, khusus menyambut tahun ajaran baru, Kemendikbud menerbitkan pedoman Pembelajaran Jarak Jauh. Terdapat beberapa sekolah yang berada di zona hijau telah diperbolehkan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Namun, masih banyak sekolah yang melakukan pembelajaran secara online dari rumah.

Dengan kemajuan teknologi, saat ini cukup mudah mendapatkan pengetahuan secara online. Tersedia banyak aplikasi belajar online yang bisa digunakan oleh siswa selama berada di rumah. Tidak hanya para siswa, para guru pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Menyerupai pembelajaran tatap muka, aplikasi belajar online menawarkan berbagai macam fitur. Diantaranya materi tryout, ujian mandiri, atau soal-soal latihan. Materi yang disajikan tersedia dalam berbagai macam bentuk, mulai dari gambar, animasi, audio, dan video. Dengan mengandalkan internet, orang tua bisa membantu memilihkan materi untuk anak-anak, siswa bisa langsung memilih sesuai dengan minat, dan guru bisa terus mengajar.

Bagi yang masih harus belajar secara online, terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantu proses belajar. Berikut rekomendasi 7 aplikasi belajar online yang bisa digunakan saat pandemi.

Zenius

(c) www.mojok.co

Merupakan pioneer dalam aplikasi belajar online, Zenius telah hadir sejak 2004. Dengan harapan menumbuhkan semangat dan lebih banyak keinginan untuk belajar dan eksplorasi, aplikasi ini menyediakan materi pembelajaran mulai dari SD hingga SMA. Materi dan pembelajaran dibantu oleh tutor lulusan universitas dalam dan luar negeri. Zenius menyediakan berbagai macam materi, mulai dari tryout, simulasi UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), bank soal, laporan belajar, video, latihan soal, dan lainnya. Semua materi pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi.

Fitur unggulan yang ditawarkan Zenius adalah materi pembelajaran IPA, seperti fisika dan matematika. Di sini, siswa bisa lebih dalam mempelajari penurunan rumus dari rumus dasar yang mungkin tidak dibahas di sekolah dan aplikasi lain. Tidak hanya IPA, banyak mata pelajaran lain yang disajikan dengan menarik, seperti sejarah dan geografi. Produk dan program di aplikasi ini tidak hanya untuk para siswa, tapi juga untuk guru dan orang tua.

Dengan mengakses menu Insight, pengguna bisa memilih materi pembelajaran yang diinginkan dengan mudah. Tersedia layanan Zenius Masih Gratis yang diperuntukkan bagi pengguna tanpa harus berlangganan. Program ini yang terdiri dari video materi serta kumpulan soal dan kunci jawaban dari kelas 1 hingga 12. Untuk tahun ajaran baru 2020/2021, Zenius menghadirkan program-program baru untuk materi pelajaran sekolah hingga persiapan ujian, diantaranya Zenius Optima, Zenius Aktiva, dan Zenius Ultima. Zenius Optima dan Zenius Ultima menawarkan kelas live dan interaktif dengan tutor-tutor Zenius. Ketiga program baru tersebut bisa diakses dengan paket premium berbayar.

Baca juga:  Liburan Ke Kota Tua Jakarta? Jangan Lupa Coba 8 Kegiatan Ini

Platform : website Zenius, Android & iOS
Biaya : gratis dan berbayar mulai dari Rp. 165.000/bln

Brainly Indonesia

(c) www.brainly.co.id

Dengan sekitar 25 mata pelajaran SD hingga SMA, mulai dari seni, ekonomi, sejarah, hingga berbagai macam bahasa (Inggris, Arab, Perancis, dll), menjadikan Brainly ruang belajar bersama bagi sekitar 200 juta pengguna. Bergabung di Brainly, siswa tidak hanya bisa mengajukan pertanyaan, tapi juga mendapatkan jawaban dengan penjelasan. Selain menambah wawasan, pengguna juga bisa menambah teman baru, lho!

Punya pertanyaan atau soal tentang tugas sekolah yang rumit? Atau punya dan tahu jawaban dari pertanyaan pengguna lain? Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menanyakan dan menjawab pertanyaan. Dengan setiap jawaban yang diberikan, setiap penjawab akan mendapat point. Dengan fitur verifikasi yang dilakukan oleh para ahli, siswa akan mendapatkan jawaban yang sesuai. Pertanyaan dan jawaban dapat dipantau secara realtime, kapan dan dimana saja.

Platform : website Brainly Indonesia, Android & iOS
Biaya : gratis

Rumah Belajar

(c) belajar.kemdikbud.go.id

Aplikasi belajar online berikutnya adalah Rumah Belajar yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia. Portal aplikasi ini menyediakan materi dan fasilitas pembelajaran mulai dari PAUD hingga SMA/SMK. Salah satu fasilitas istimewa Rumah Belajar adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE). Pelajar yang tidak memiliki buku fisik bisa mendapatkannya di aplikasi ini.

Rumah Belajar menyediakan beragam pembelajaran secara interaktif, mulai dari audio, video, animasi, dan gambar. Selain BSE, terdapat beberapa fitur unggulan lainya, seperti Laboratorium Maya, Peta Budaya, Sumber Belajar, Edugame, dan sebagainya. Siswa juga bisa mengakses bank soal yang berisi kumpulan soal dan materi evaluasi siswa.

Platform : website Kemendikbud R.I, Android & iOS
Biaya : gratis

Ruangguru

(c) blog.ruangguru.com

Ruangguru merupakan aplikasi bimbel online sesuai dengan kurikulum nasional. Tersedia 5 jenjang yang bisa dipilih untuk pembelian paket Ruangbelajar.  Yaitu SD kelas 1-3, SD kelas 4-6, SMP, SMA IPA dan IPS, dan paket SBMPTN/STAN. Dirancang khusus oleh pengajar terbaik, tersedia berbagai macam fitur pembelajaran online. Diantaranya Video Belajar Animasi yng berisi puluhan ribu video belajar yang bisa diunduh & ditonton ulang tanpa kuota internet. Kemudian ada ratusan ribu Latihan Soal dan Pembahasan dengan tingkat kesulitan berbeda-beda dan rangkuman materi bimbel dengan infografis. Juga social learning, dimana siswa bisa melakukan diskusi dengan para guru (Master Teacher) secara audio visual.

Menanggapi situasi pandemi yang mengharuskan sekolah online dari rumah, mulai Maret lalu Ruangguru membuka Sekolah Online gratis yang dapat diakses oleh para siswa, orang tua, dan guru. Sekolah Online dapat kembali diakses mulai 3 Agustus 2020. Materi pembelajaran dapat disaksikan melalui live streaming

setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 – 12.00. Tersedia fitur untuk mengatur notifikasi sebelum kelas dimulai, sehingga siswa tidak akan ketinggalan jadwal.

Baca juga:  Karena Corona, Aplikasi yang Mendukung Work From Home Pun Laris Manis Diunduh

Untuk mendapatkan akses Ruangbelajar, Ruanglesonline, dan Sekolah Online gratis, semua bisa diunduh melalui smartphone.

Platform : website Ruangguru, Android & iOS
Biaya : gratis untuk Sekolah Online, berbayar untuk lainnya

Quipper

(c) www.quipper.com

Aplikasi belajar online berikutnya, Quipper. Quipper memberikan pembelajaran gratis melalui QuipperSchool untuk guru dan siswa SMP dan SMA sebagai dampak dari penutupan sekolah. Materi pembelajaran yang tersedia cukup lengkap dan juga disesuaikan dengan kurikulum pemerintah. Selain pembelajaran online, Quipper juga menyediakan opsi dapat mengunduh materi untuk pembelajaran offline. Uniknya, orang tua dan para siswa bisa membuat sendiri jadwal belajar mingguan agar lebih teratur dan tidak lupa.

Selain QuipperSchool, Quipper memiliki layanan utama lainnya, diantaranya Quipper Video, pembelajaran mandiri berbasis video yang diperuntukan bagi siswa kelas 9-12. Kemudian ada QuipperVideo MasterClass, layanan premium dari Quipper Video dengan dua tambahan fitur interaktif khusus untuk siswa kelas 10-12: Tanya Tutor dan Bimbingan Online. Dan yang terakhir, QuipperCampus, yang berisi informasi lengkap perguruan tinggi.

Materi pelajaran sosial yang tersedia di Quipper lebih lengkap, yang beberapa materi kadang belum pernah diajarkan di sekolah offline. Karenanya, Quipper sangat direkomendasikan untuk anak IPS. Sistem pembelajaran Quipper mirip seperti di sekolah offline. Dimana guru mengelola dan memberikan materi, mengadakan tes atau ujian, dan memantau kemajuan siswa. Sedangkan para siswa dapat belajar, mengikuti tes/ujian, dan juga mengerjakan pekerjaan rumah.

Platform : website Quipper & Android
Biaya : gratis untuk QuipperSchool, berbayar untuk paket lainnya

Pahamify

(c) www.pahamify.com

Diperuntukkan khusus bagi siswa kelas 12 sebagai persiapan masuk perguruan tinggi, Pahamify menyediakan materi mulai dari Ujian Mandiri, Simak UI, SBMPTN, dan masih banyak lainnya. Materi yang diberikan berupa video dengan didampingi para mentor, atau biasa disebut Rockstar Teacher Pahamify.

Di aplikasi ini, belajar bisa lebih seru dengan Pelajari Konsep Lewat Video Konsep Seru. Bagi siswa yang masih bingung menentukan jurusan untuk perguruan tinggi, tersedia fitur Konseling dan Tes Minat dan Bakat. Disini siswa bisa berkonsultasi bersama ahli psikologi untuk menentukan bakat dan minat untuk penjurusan.

Untuk beberapa fitur hanya bisa diakses dengan berlangganan. Tersedia promo berlangganan 3 dan 6 bulan hingga 10 Agustus mendatang, mulai dari Rp. 35.000. Tunggu apalagi, download sekarang aplikasinya!

Platform : website Pahamify, Android & iOS
Biaya : gratis dan berbayar untuk konten tertentu

Baca juga:  6 Barang Penyelamat Ketika Traveling

Kelas Pintar

(c) www.inilah.com

Yang terakhir, aplikasi belajar online Kelas Pintar menyediakan pembelajaran untuk siswa kelas 1 hingga 12. Dengan metode belajar Learn, Practice, dan Test membuat kegiatan belajar jadi lebih asyik dan mudah. Mata pelajaran yang tersedia di Kelas Pintar sesuai dengan kurikulum pemerintah dan dapat diakses setiap hari. Tersedia fitur Tanya, dimana siswa dapat mengajukan pertanyaan kepada guru. Selain itu, ada fitur Soal dengan puluhan ribu materi soal untuk persiapan Ujian Semester, Ulangan Harian, hingga Ujian Nasional.

Materi yang diberikan bisa dipilih sesuai dengan karakter masing-masing siswa. Mulai dari audio, visual, maupun kinestetik dengan pilihan video, animasi, e-book, dan multimedia. Untuk latihan soal tersedia pilihan, mulai dari Virtual Lab, High Order Thinking Skills (HOTS), hingga Value Based Questions (VBQ). Para guru bisa mengevaluasi hasil belajar siswa dengan Tes Adaptif, Tes Periodik, dan Soal Pilihan Ganda.

Aplikasi Kelas Pintar dapat diakses secara gratis selama 7 hari selama masa percobaan. Untuk tetap menikmati semua materi dan pelajaran bersama Kelas Pintar, tersedia paket berlangganan mulai dari Rp. 79.000. Kelas Pintar di bulan Mei lalu juga meluncurkan fitur Sekolah untuk mempermudah proses mengajar secara online gratis. Fitur ini khusus diperuntukkan bagi sekolah yang sudah bekerja sama dengan Kelas Pintar. Untuk menunjang pembelajaran, fitur Sekolah memiliki menu, diantaranya Kelas, Project, PR, Monitoring, Tugas, dan Ujian.

Platform : website Kelas Pintar, Android & iOS
Biaya : gratis untuk 7 hari pertama

Aplikasi Belajar Online Bagi Siswa Saat Pandemi

Tahun ajaran baru 2020/2021 masih diberlakukan sistem pembelajaran online. Sistem ini mungkin belum menjadi sarana pembelajaran yang sempurna. Dibutuhkan kerjasama semua pihak, dari mulai guru, siswa, orang tua, hingga instansi selama masa pandemi ini. Namun, dengan berkembangnya teknologi saat ini, beberapa pihak dimudahkan dengan adanya aplikasi belajar online.

Dengan bantuan audio, video, animasi, dan edugame, siswa akan lebih semangat belajar dan bisa eksplor lebih banyak. Tersedia beragam pilihan materi mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK. Sehingga siswa, guru, dan orang tua memiliki lebih banyak sumber pembelajaran. Hampir sama dengan pembelajaran tatap muka, aplikasi belajar online juga menyediakan beragam aktivitas, seperti latihan soal, ujian, dan evaluasi.

Tentu saja, kita berharap pandemi segera berakhir dan siswa bisa kembali belajar dengan tatap muka langsung. Untuk saat ini, bagi semua pihak, baik yang sudah bersekolah tatap muka maupun yang masih online, diharapkan agar tetap waspada dan mengutamakan kesehatan. Selalu patuhi protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan dan menggunakan masker.

Reply