Tips Liburan Ke Pantai Biar Aman Dan Seru

Berwisata ke pantai selalu menjadi pilihan favorit saat musim liburan. Pemandangan nan eksotis dan suara deburan ombak yang khas menjadikan pantai selalu ramai dikunjungi setiap liburan tiba. Sebelum pergi liburan ke pantai kenali dulu 10 tips liburan ke pantai berikut ini.

1. Perhatikan Musim dan Cuaca

credit: pixabay.com

Berlibur ke pantai enaknya saat musim panas atau saat cuaca cerah. Sebelum memutuskan untuk berwisata ke pantai, pantau dulu musim dan cuaca di pantai tujuan Anda. Jangan sampai Anda berwisata ke pantai saat musim hujan atau musim badai. Bisa jadi liburan Anda akan menyebalkan karena tidak dapat melakukan aktifitas ke pantai.

2. Persiapkan Barang Bawaan

credit: roozkala.net

Sebelum berangkat menuju pantai Anda harus mempersiapkan barang bawaan agar Anda tidak lagi membeli atau merental di pantai. Barang yang perlu Anda bawa saat berlibur ke pantai seperti baju renang, tikar, sunglasses, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas mengenai barang yang wajib dibawa saat ke pantai silahkan cek di artikel 10 Barang Yang Wajib Dibawa Saat Liburan Ke Pantai

3. Perhatikan Jalur Evakuasi

credit: pxfuel.com

Yang namanya bencana tidak ada yang dapat memprediksinya. Anda harus memperhatikan dan memahami jalur evakuasi jika terjadi bencana. Pantai-pantai di Indonesia apalagi pantai wisata sudah dilengkapi dengan rambu jalur evakuasi. Jadi Anda tidak akan susah jika terjadi bencana.

4. Selalu Waspada

credit: crimepulse.com

Bahaya dapat datang kapan dan dimana saja. Anda harus selalu waspada terhadap lingkungan disekitar. Jaga barang bawaan Anda agar tidak hilang atau berpindah tamgan. Waspada terhadap kondisi laut apakah ada hiu atau ubur-ubur saat berenang di laut.

5. Banyak Minum

credit: pixabay.com

Saat berenang atau berjemur di pantai akan membuat Anda menjadi cepat haus. Agar terhindar dari dehidrasi Anda harus banyak minum air. Biar lebih nikmat, kurang afdol rasanya kalo tidak mencoba air kelapa muda saat berlibur ke pantai.

Baca juga:  Tips Traveling Saat Musim Hujan, Biar Aman dan Nyaman

6. Jaga Kebersihan Pantai

credit: mcipac.marines.mil

Traveler yang bijak adalah traveler yang selalu menjaga tempat wisata tetap bersih. Jangan membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke laut. Membuang sampah sembarangan dapat mencemari lingkungan dan membuat pantai menjadi kotor. Jangan sampai Anda malas berwisata ke pantai karena pantai sudah pada kotor, padahal Anda sendiri yang membuat pantai menjadi kotor.

7. Lakukan Pemanasan Sebelum Berenang

credit: pexels.com

Agar tidak kram saat berenang di laut lakukanlah pemanasan. Kram saat berenang di laut sangat bahaya bagi keselamatan Anda. Bisa saja Anda tenggelam karena mengalami keram saat berenang. Lakukanlah peregangan otot saat akan berenang.

8. Manfaatkan Wahana Permainan

credit: pxfuel.com

Pantai-pantai wisata di Indonesia menyediakan banyak wahana permainan. Supaya liburan Anda tambah berkesan, Anda dapat mencoba wahana permainan yang tersedia di pantai. Wahana permainan seperti flying board, banana boat, parasiling, atau bermain voli pantai. Fasilitas lain selain wahana permainan yang perlu Anda coba seperti menyebrang ke pulau terdekat atau berkuda seperti di Pantai Lombang Ada wahana yang berbayar dan ada pula wahana gratis yang dapat Anda coba.

9. Langsung Mandi Setelah Selesai Berenang

credit: scpr.org

Setelah asyik berenang Anda diharuskan langsung mandi dengan bersih. Jika tidak kulit akan terasa lengket, gatal-gatal dan berpasir. Pasti tidak mau kan kalo abis berenang Anda garuk-garuk karena gatal. Pantai wisata sudah pasti menyediakan toilet untuk mandi yang dapat Anda manfaatkan.

10. Gunakan Bedak Untuk Menghilangkan Pasir

credit: thisgloriouslife.co.uk

Yang namanya pantai sudah pasti banyak pasir. Meskipun Anda tidak berenang, saat duduk atau jalan-jalan bisa saja pasir tetap menempel di tubuh Anda. Pasir yang menempel kadang sangat susah dihilangkan. Untuk mengatasinya usapkan bedak pada area yang berpasir. Bedak juga dapat mencegah agar pasir tidak menempel di tubuh.

Baca juga:  D'Maleo, Hotel Terbaik di Mamuju di Tepian Laut

Itulah 10 tips liburan ke pantai agar wisata ke pantai tetap aman dan seru. Selalu perhatikan keselamatan supaya tidak terjadi musibah.

Featured image: publicdomainpictures.net

Reply