Pantai Sawarna, Surga Tersembunyi di Pesisir Banten

Perbincangan tentang destinasi wisata alam khususnya pantai di wilayah Banten selalu mengerucut pada pantai Carita, Tanjung Lesung atau pantai Anyer. Akses yang mudah memang menjadikan wisata ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Tapi traveler juga harus tahu, masih ada banyak pantai lain yang menawarkan berjuta keindahan bagi para pengunjungnya. Salah satunya adalah pantai Sawarna di Lebak, Banten. Lokasi yang cukup jauh selalu menjadi alasan para traveler ketika akan mengunjunginya. Ada kekurangan pasti ada kelebihan, itu pula yang ada di destinasi wisata ini. Lalu apa yang menjadi kelebihan pantai Sawarna Banten ini?

Menyuguhkan Panorama Alam yang Eksotis

Keindahan Pantai Tanjung Layar Sawarna via kitingfield.com

Keindahan alam di pantai Sawarna ini tak perlu diragukan, pantai-pantai di Desa Sawarna ini luar biasa indahnya. Tak heran jika banyak pengunjung mengatakan bahwa Sawarna adalah surga tersembunyi yang ada di Banten.

Pantai yang membentang luas ini masih sangat asri. Traveler yang berkunjung ke sini akan merasakan sensasi berlibur di pantai pribadi jika datang kesini di hari-hari biasa. Karena memang pantai ini masih relatif sepi jika dibandingkan dengan pantai Carita atau pantai lainnya di wilayah Banten.

Enam Pantai dengan Landscape yang Berbeda

Pantai Sawarna ini terdiri dari beberapa pantai yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri. Bentangan pantai yang luas, menjadikan traveler harus menyiapkan waktu waktu yang cukup panjang jika ingin menjelajahi semua keindahan pantai yang berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. 

Berikut adalah enam pantai dengan pemandangan eksotis di Sawarna:

1. Pantai Tanjung Layar Sawarna

Tanjung Layar Swarna via sportourism.id

Pantai dengan karang raksasa yang menancap di tengah laut. Karang yang menyerupai layar kapal ini selalu menjadi objek foto para traveler karena seolah menjadi icon dan salah satu sumber keindahan. 

Baca juga:  Kesetiaan Lidah Orang Bugis

2. Pantai Karang Taraje

Karang bertingkat di Pantai Karang Taraje via pesona.travel

Sesuai dengan namanya, pantai ini merupakan pantai yang memiliki karang dan berbentuk seperti tangga. Maka namanya adalah Pantai Karang Taraje. Taraje adalah bahasa sunda yang berarti tangga. Pantai ini menjadi cantik karena pemandangan karang bertingkat yang ditabrak ombak, keindahan lainnya ada pada background

langit biru yang menghampar luas. 

3. Pantai Karang Seupang Sawarna

Pantai Karang Seupang di Desa Sawarna, Lebak, Banten via wartanasional.com

Pantai Seupang ini adalah pantai yang memiliki karang berbagai bentuk. Misalnya di sini terdapat karang yang menyerupai hati dan karang yang memiliki bentuk abstrak menyerupai burung phoenix. Keindahannya ada pada hamparan laut dan berbagai bentuk karang yang unik.

4. Pantai Ciantir Sawarna

sumber: unsplash.com

Pantai di pesisir selatan Banten ini adalah pantai favoritnya para pecinta olahraga surfing. Pada bulan-bulan tertentu pantai ini akan memiliki ombak setinggi tujuh meter, ketinggian ombak inilah yang disukai para peselancar. Pasir putih, pantai yang bersih juga menambah keindahan pantai ini.

5. Pantai Karang Bokor Sawarna

Tebing di pantai karang Bokor Sawarna via ceritawira.com

Karang Bokor adalah pantai yang dihiasi dengan tebing karang yang cukup besar. Tebing ini seolah menahan ombak yang akan menerjang ke pantai. Menawarkan spot yang instagenic, dan menjadi destinasi pilihan untuk para pemburu ikan dengan kail pancing.

6. Pantai Teluk Legon Pari Sawarna

Suasana alam Pantai Teluk Legon Sawarna via indonesiakaya.com

Suasana pantai yang tenang dengan keindahan alami akan dirasakan para traveler yang berkunjung. Hamparan pasir putih dengan hiasan karang akan menambah eksotisnya pantai ini. Lokasi ini cocok untuk para pemburu sunset dan sunrise.

Destinasi Goa Lalay

Susana di dalam Goa Lalay via indonesiakaya.com

Destinasi lain yang tak kalah menarik di Desa Sawarna adalah keberadaan Goa Lalay, lalay di sini berarti kelelawar. Para traveler kemudian menjadikan goa ini sebagai destinasi alternatif selain pantai ketika tengah berkunjung ke Sawarna. Goa Lalay ini terlihat begitu menawan karena dihiasi oleh stalagmit dan stalagtit pada langit-langitnya. Sedangkan pada dasarnya terdapat aliran air.

Baca juga:  Malam Mingguan di Imah Gede Abah Usep Suyatma

Jarak yang jauh dan terjal mengharuskan para traveler untuk selalu berhati-hati dan menyiapkan tenaga ekstra untuk menjelajahinya. Goa ini berada tidak jauh dari lokasi wisata pantai, tepatnya berada di Kampung Cipanas, Desa Sawarna, Lebak Banten.

Itulah berbagai keindahan yang akan ditemukan traveler ketika berkunjung ke Desa Sawarna, Lebak, Banten. Menawarkan keindahan alam yang masih sangat asri dan bersih.

Akses jalan yang jauh, dan cukup sulit memang menjadi tantangan tersendiri bagi para traveler. Tapi perjalanan panjang menuju desa Sawarna ini akan terbayar dengan keindahan panorama alamnya, bahkan ketika dalam perjalanan pun para traveler akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu eksotis.

Reply