Menu

Karimunjawa, Sepotong Surga di Jawa Tengah

KH Zamawi Imron, seorang kyai yang juga penyair dalam salah satu puisinya mengibaratkan Indonesia, adalah sepotong atau serpihan surga yang dijatuhkan Tuhan ke bumi. Mungkin, itu benar adanya. Indonesia negeri yang indah. Negara tropis yang eksotis.

Pantainya membentang panjang. Lautnya luas. Terdiri dari ribuan pulau. Punya beragam tradisi, suku dan bahasa. Alamnya indah. Orangnya ramah. Itulah Indonesia, serpihan surga yang dijatuhkan ke bumi, seperti kata KH Zamawi Imron dalam puisinya.

Salah satu serpihan kecil surga Indonesia itu, ada di Karimunjawa, sebuah gugusan pulau yang ada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Bagi yang suka melancong, sepertinya Karimunjawa layak dimasukan dalam daftar destinasi yang wajib dikunjungi.

Banyak hal menarik yang bisa dinikmati di Karimunjawa. Datang ke sana, acara melancong bakal sempurna dirasakan. Lalu, apa saja daya tariknya? Yuk, kita ulas satu persatu daya tarik Karimunjawa.

1. Berenang bersama hiu

Sumber foto: hiukarimunjawa.com

Bagaimana rasanya berenang bersama ikan hiu yang berseliweran di sisi kita? Pasti menegangkan. Di Karimunjawa, kamu bisa merasakan degup andrenalin berenang bersama hiu. Tapi tenang saja, hiu di sana sudah jinak. Sudah terbiasa dengan manusia.

Ya, di Karimunjawa, terdapat sebuah pulau bernama Pulau Menjangan Besar. Di perairan sekitar pulau tersebut, terdapat penangkaran ikan hiu. Tapi, tak ikan hiu yang bisa dilihat di sana. Di pulau itu juga, pengunjung bisa melihat fauna laut lainnya seperti ikan pari dan ikan buntal.

2. Pantai Tanjung Gelam

Sumber foto: ngetripyuk.wordpress.com

Bagi yang suka suasana pantai, Karimunjawa adalah tempat yang tepat. Di sana, ada Pantai Tanjung Gelam. Pantai yang indah dan eksotis dengan pasir putihnya.

Sumber foto: wisatatiga.com

Di Pantai Tanjung Gelam, kamu bisa berenang sepuasnya di air laut yang biru jernih. Dan bisa leyeh-leyeh menikmati sepoi angin yang berasal dari jejeran pohon kelapa. Pantai Tanjung Gelam juga adalah tempat yang tepat memuaskan hobi snorkeling. Di sana, terdapat terumbu karang yang bahkan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Baca juga:  Kesetiaan Lidah Orang Bugis

3. Melihat ikan purba di Bukit Joko Tuwo

Sumber foto: wikimedia.org

Daya tarik lainnya Karimunjawa adalah bukit Joko Tuwo. Namanya aneh memang. Tapi, itu bukan nama orang yang dikeramatkan di bukit itu. Bukan. Namun itu adalah nama kerangka ikan purba raksasa.

Sumber foto: paketkarimunjawakita.blogspot.co.id

Ya, di bukit itu, ada tulang belulang ikan purba raksasa. Di bukit itu juga, ada tasbih raksasa, terbuat dari batu besar. Beratnya, mencapai 1 ton. Menarik bukan? Menikmati alam, sembari berwisata sejarah. Di bukit ini pula, ada jembatan kayu. Dari jembatan itu, kita bisa melihat pemandangan yang menakjubkan.

4. Hutan Mangrove

Sumber foto: gomuslim.co.id

Di Karimunjawa juga terdapat hutan mangrove yang masih rimbun. Kita bisa menjelajah hutan tersebut. Tersedia jalur treking yang bisa digunakan pengunjung merambah hutan.

Jalur treking ini, bisa digunakan untuk sekedar jalan santai, atau berolahraga ringan seperti jogging. Tentu, berjogging ria di tengah hutan yang masih rimbun, punya sensasi sendiri. Apalagi, masih banyak hewan liar di hutan itu.

Jadi, sembari berolahraga, telinga akan dimanjakan dengan suara burung. Tak hanya itu, mata juga akan disegarkan, dengan hadirnya kupu-kupu langka. Ya di hutan mangrove Karimunjawa, masih banyak aneka burung dan kupu-kupu langka.

Salah satu burung khas Karimunjawa adalah burung elang. Binatang lainnya yang bisa dilihat, penyu hijau dan penyu sisik. Semuanya adalah hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terus menyusut.

Nah, jika sudah lelah berolahraga, tinggal menuju Gardu Pandang yang ada di hutan mangrove tersebut. Dari gardu pandang, kamu bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Pokoknya, rasa lelah akan langsung hilang, diganti oleh rasa takjub, melihat pemandangan pulau-pulau di Karimunjawa. Melihat pantai, dan juga hamparan lautan.

Baca juga:  Ingin Mendaki Bukit Dengan Panorama Alam Yang Unik? Bukit Jaddih Madura Tempatnya

Karimunjawa sendiri dikenal sebagai habitat hewan-hewan langka. Tercatat, ada 400 spesies fauna laut. Beberapa diantaranya adalah fauna langka. Mau melancong? Datang saja ke Karimunjawa. Nikmati, segala daya tariknya.

Agus Supriyatna
Hanya orang biasa. Tukang ngopi, tukang baca. Tukang nulis. Senang jalan.

Komentar kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Destinasi, Indonesia
Asyiknya Mempelajari Sejarah Industri Rokok di House of Sampoerna Surabaya

Sebagai kota yang usianya sudah sangat tua, Surabaya memiliki sebuah kawasan khusus yang sering disebut sebagai Surabaya Lama. Di lokasi...

Close