Jalan-jalan Seru di Kota Ciamis, dari Tempat Bersejarah Hingga Tempat Hits

Ciamis adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat. Kota ini menawarkan begitu banyak destinasi wisata yang unik, edukatif dan hingga wisata yang bernilai sejarah.

Kesadaran masyarakat Ciamis terhadap potensi ekonomi dari bidang pariwisata sudah mulai meningkat. Jadi tak heran jika saat ini mulai banyak dibangun destinasi wisata yang menarik dan unik di desa-desa. Hal ini pun turut melengkapi deret destinasi wisata yang ada di Ciamis.

Jadi, buat kamu yang suka jalan menyusuri desa dengan udara sejuk, Ciamis adalah salah satu pilihan kota yang tepat untuk berlibur. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ini sebagai referensi untuk liburan.

Alun-alun Kota Ciamis

Alun-alun Ciamis via harapanrakyat.com

Alun-alun kota Ciamis ini berada di pusat kota Ciamis, lokasinya pun ada dekat dengan kantor bupati dan DPRD kabupaten Ciamis. Banyak hal seru yang bisa dilakukan di Alun-alun Ciamis ini, dari mulai jalan-jalan, olahraga, kumpul keluarga, hingga kulineran makanan khas Ciamis pun tersedia.

Fasilitas yang ada menambah kenyamanan para pengunjungnya. Seperti perpustakaan mini, tempat duduk yang nyaman, pepohonan yang rindang di beberapa sudut alun-alun, aneka jajanan ringan khas Ciamis, hingga dekat dengan pusat perbelanjaan. Selain itu, Alun-alun yang beda pada pusat kota Ciamis juga dengan Masjid Agung Ciamis yang biasa dijadikan sebagai destinasi wisata religi.

Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu, Ciamis via Gempi.co

Udara yang sejuk dengan pemandangan danau dan pulau yang indah. Suasana ini bisa ditemukan di Situ Lengkong Panjalu yang berada di Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Berjarak sekitar 44 km dari Alun-alun Kota Ciamis, Situ Lengkong menawarkan destinasi wisata alam berupa danau yang indah. Traveler pun bisa menikmati suasana danau lebih dekat dengan menyewa perahu yang disediakan oleh pengelola.

Baca juga:  Astana Gede Kawali: Wisata Sejarah dengan Mitos Unik di Tempat Mandi Keluarga Keraton

Selain itu, yang menarik di tengah-tengah danau terdapat sebuah pulau yang di dalamnya terdapat makam, yang dikenal dengan makam Mbah Panjalu. Keberadaan makam ini yang kemudian menjadikan Situ Lengkong sering dijadikan destinasi wisata religi. Suguhan pemandangan alam yang indah dan memiliki nilai sejarah menjadikan Situ Lengkong sebagai destinasi wisata alam, budaya, edukasi dan sejarah yang cukup lengkap.

Curug Tujuh Cibolang

Air terjun di Curug Cibolang via Jalajahnusae.com

Destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi selain Situ Lengkong Panjalu adalah Curug Tujuh Cibolang. Lokasinya pun terbilang cukup dekat dengan Situ Lengkong Panjalu, hanya sekitar 9 km dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit.

Sesuai namanya, destinasi curug tujuh ini menawarkan keindahan air terjun dengan ketinggian yang variatif. Traveler yang datang ke sini akan benar-benar merasakan sensasi sejuknya udara di kawasan hutan pinus, dengan suguhan pemandangan air terjun yang jernih. Perlu tenaga ekstra jika ingin menjelajahi ke tujuh air terjun yang ada. Karena selain lokasi yang tersebar di beberapa tempat, akses jalannya pun cukup ekstrim. Ini Cocok buat kamu yang suka dengan perjalanan wisata yang penuh dengan tantangan.

Tapi tak perlu khawatir buat kamu yang ingin merasakan sensasi kesejukan air terjun di sini. Karena ada beberapa curug di lokasi ini yang bisa diakses dengan mudah, bahkan kamu bisa menikmatinya dengan mandi di bawah air terjun yang bersih.

Situs Astana Gede Kawali

Situs peninggalan sejarah di Astana Gede Kawali (c) Taufiq Fadhilah

Selain keindahan wisata alam, Ciamis juga menawarkan destinasi wisata sejarah, yaitu Situs Astana Gede Kawali. Lokasinya berada di Desa Kawali, Kabupaten Ciamis.

Astana Gede adalah sebuah area yang dilindungi undang-undang karena telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya. Wisata sejarah, edukasi hingga ziarah bisa sekaligus dilakukan di sini. Karena di sini terdapat situs peninggalan zaman kerajaan Galuh, dari mulai prasasti dengan aksara sunda, tempat yang dahulu dijadikan sebagai alun-alun, tempat pemandian keluarga kerajaan, hingga makam raja Kawali.

Baca juga:  Mampir ke Kampoeng Kopi Banaran, Tempat Ngopi Nyaman di Pinggiran Kota Semarang

Sama halnya dengan Situ Lengkong, Astana Gede juga menawarkan destinasi wisata alam, edukasi sekaligus destinasi wisata sejarah.

Taman Surawisesa Kawali

Taman Surawisesa Kawali (c) Taufiq Fadhilah

Taman Surawisesa atau biasa disebut alun-alun Kawali ini adalah sebuah taman yang berada di tengah kota kecamatan Kawali, Ciamis. Berada tidak jauh dengan Situs Astana Gede Kawali.

Taman ini memiliki fungsi yang sama dengan Alun-alun Ciamis. Sebagai tempat nongkrong, jalan-jalan, bersantai bersama keluarga pun bisa dijadikan sebagai lokasi untuk sekadar joging di pagi dan sore hari.
Terdapat bangunan masjid yang berada dekat dengan taman ini, yaitu masjid Jami At-taqwa. Keberadaan masjid ini menambah indahnya pemandangan taman, sekaligus memberikan kemudahan untuk masyarakat yang tengah jalan-jalan untuk tetap melaksanakan ibadah shalat.

Kampung Sawah Talagasari

Suasan di Kampung Sawah Talagasari via Facebook @Kampung Sawah Talagasari

Destinasi wisata yang tergolong baru di Ciamis ini adalah sebuah destinasi wisata yang dikelola oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Lokasinya berada di tengah area persawahan, tepatnya di Desa Telagasari, Kec. Kawali, Ciamis. Cukup dekat dengan Taman Surawisesa yaitu hanya sekitar 4 km.

Indah dan instagramable, itulah kesan ketika pertama kali berkunjung ke sini. Hamparan bunga berwarna-warni akan membuat betah para pemburu foto selfie. Selain berfoto ria dengan kamera, pengunjung pun bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti belajar bercocok tanam, kulineran, dan bersantai di gazebo sambil memandang indahnya taman bunga yang berwarna-warni.

Destinasi dengan konsep wisata edukasi ini terus berkembang, dengan terus menambah berbagai fasilitas dan area permainan untuk memanjakan para pengunjungnya.

Jati Sewu Cibungbang

Lokasi wisata Jatisewu Cibungbang, Jalatrang via facebook @Jatisewu Cibungbang

Jati Sewu Cibungbang adalah destinasi wisata yang tergolong baru dan sedang hits di Ciamis. Lokasinya berada di daerah pedesaan, tepatnya berada di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis.

Baca juga:  Kompleks Candi Muaro Jambi, Jejak Sriwijaya di Kota Jambi

Destinasi yang cukup lengkap untuk wisata keluarga. Terdapat wahana bermain air seperti kolam renang dan selfie underwater. Selain itu, di sini juga terdapat camping ground dan villa untuk bisa menginap. Pengunjung yang ingin duduk santai disediakan gazebo dengan suguhan pemandangan alam yang indah.

Buat para pemburu foto juga tak perlu khawatir kehabisan spot, karena disini tersedia berbagai spot foto yang menarik dan instagenic. Bahkan tidak sedikit yang menjadikan lokasi wisata ini sebagai spot foto untuk prewedding. Karena berkonsep wisata edukasi, banyak spot permainan yang mengedukasi.

Tak jauh-jauh dari alam dengan udara yang sejuk, itulah tujuh destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan saat jalan-jalan di kota Ciamis. Jalan-jalan yuk ke Ciamis, dan pilih destinasi wisata yang kamu banget.

Reply