6 Kegiatan Traveling Anti Mainstream Yang Harus Anda Coba

Traveling tidak hanya tentang kegiatan pergi ke destinasi wisata mainstream saja. Masih banyak kegiatan lain yang masih berhubungan seputar traveling yang harus Anda coba. Bagi yang belum tahu kegiatan apa saja itu, mari simak 6 kegiatan seputar traveling anti mainstream yang harus Anda coba.

1. Backpacking

Backpacking merupakan kegiatan traveling seorang diri menggunakan tas ransel atau tas punggung tanpa menambah koper atau tas lain. Karena hanya menggunakan tas punggung, jadi perlengkapan yang dibawa harus seminimal mungkin. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut dengan backpacker. Para backpacker tidak menginap di hotel mewah, biasanya menginap di hostel, losmen atau hotel kapsul. Untuk urusan biaya, backpacker juga akan menggunakan biaya seminimal mungkin.

2. Camping

credit: wikimedia.org

Beristirahat sejenak dari padatnya kegiatan perkotaan tidak ada salahnya untuk mencoba camping atau berkemah. Anda dapat mencoba berkemah saat melakukan kegiatan mendaki gunung. Daripada menyewa penginapan atau resort di pulau-pulau kecil, mungkin lebih baik Anda mencoba untuk berkemah di tepi pantai seperti camping di Pulau Pasumpahan. Sekarang ini tempat-tempat wisata pinggir kota juga sudah banyak yang menawarkan tempat untuk berkemah.

3. Melakukan Perjalanan Jauh Dengan Kereta

credit: netgeomedia.com

Anda juga bisa mencoba melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kereta. Jika mempunyai cukup waktu, daripada menggunakan pesawat Anda bisa pergi ke lokasi tujuan wisata menggunakan kereta, seperti melakukan perjalanan dari Hanoi ke Hue. Terkadang melakukan perjalanan jauh juga dapat membuat bosan, untuk mengatasi kebosanan saat perjalanan jauh, Anda dapat melakukan tips agar tidak bosan di kereta

.

4. Mencoba Makanan Khas Daerah

credit: restaurants.mu

Salah satu kegiatan seputar traveling wajib yang tidak boleh terlewatkan adalah mencoba makanan khas daerah yang dikunjungi. Tiap daerah pasti mempunyai kuliner khasnya masing-masing. Anda dapat mencari referensi tentang apa saja kuliner khas daerah yang dikunjungi. Namun jika Anda sedang traveling ke Sumatera Barat silahkan melanjutkan ke 10 makanan khas Sumatera Barat yang harus Anda coba.

Baca juga:  Liburan Akhir Tahun? Simak Tips dan Trik Traveling berikut ini

5. Mengenali Budaya Daerah

credit: pxhere.com

Selain soal kuliner, Anda juga dapat mengenali dan mempelajari tentang kebudayaan suatu daerah. Anda dapat berkunjung ke museum Adityawarman untuk mengenali tentang budaya atau sejarah orang Minangkabau. Anda juga dapat traveling ke desa adat dari suatu daerah, seperti Desa Wae Rebo di Nusa Tenggara Timur.

6. Mencoba Olahraga Ekstrem

credit: wikipedia.com

Sesekali Anda harus mencoba kegiatan yang menantang dan menguji adrenalin. Mencoba olahraga ekstrem seperti surfing, manjat tebing, rafting atau diving. Sekarang sudah banyak juga tempat wisata yang menyediakan olahraga atau kegiatan ekstrem bagi pengunjungnya. Contohnya saja bermain ayunan di Tebing Masigit Padalarang.

Itulah 6 kegiatan seputar traveling yang patut Anda coba. Jadi travelling tidak hanya tentang jalan-jalan ke destinasi wisata mainstream saja.

featured image: mentawaisurflodge.com

Reply