Menu

Mengunjungi Perpustakaan Tertinggi di Dunia

Perpustakaan Nasional RI. Sumber : Brigittayolanda.com

Tentu kita semua tidak asing dengan tempat yang satu ini, ya perpustakaan. Siapa sih yang tidak pernah ke perpustakaan? Umumnya perpustakaan banyak ditemukan baik di sekolah atau di kampus bahkan umumya setiap daerah memiliki perpustakaannya sendiri-sendiri. Namun, pernahkan kita membayangkan mengunjungi perpustakaan tertinggi di dunia? Pastinya akan sangat seru bukan?

Tahukah kalian bahwa perpustakaan tertinggi di dunia ternyata berada di Indonesia. Ya benar Perpustakaan Nasional RI yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No 11, Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini dinobatkan sebagai gedung perpustakaan tertinggi di dunia. Hal tersebut sagatlah wajar mengingat Perpustakaan Nasioal RI memiliki ketinggian hingga 24 lantai (126,3 meter). Fakta tersebut mengalahkan tinggi perpustakaan di Shanghai China yang sebelumnya merupakaan perpustakaan tertinggi yaitu 106 meter.

PINTU MASUK

 

Pintu Masuk Perpustakaan Nasional RI. Sumber : Keluargaz.wordpress.com

Saat akan memasuki perpustakaan kita terlebih dahulu akan melewati sebuah gedung yang berisi ornamen-ornamen seni dan sejarah. Dalam ruangan ini pengunjung akan dibawa seperti berada di dalam museum, bukan perpustakaan.  Sehingga pada pintu masuk ini kita akan merasakan sesuatu yang unik yang jarang kita temui di perpustakaan-perpustakaan pada umumnya.

 

GEDUNG PERPUSTAKAAN MENJULANG

Gedung Perpustakaan yang Menjulang. Sumber : Travel.kompas.com

Saat telah melewati pintu masuk barulah kita akan melihat gedung perpustakaan yang menjulang tinggi. Di sini umumnya menjadi tempat favorit untuk berfoto-foto dengan latar belakang gedung perpustakaan yang megah. Pemandangan yang sangat menarik terlihat adanya tulisan dalam berbagai bahasa seperti Prancis, Arab, Mandarin dan Bahasa Inggris.

MEMASUKI GEDUNG

Suasana Lantai 1 Perpustakaan Nasional RI. Sumber: Medium.com

Saat memasuki gedung perpustakaan kita akan melihat deretan buku-buku klasik yang dipajang berderet tinggi ke atas layaknya laci raksasa dengan berjuta buku-buku. Tentunya itu sebagai pajangan saja untuk menambah saya tarik pengunjung. Di sana juga dipajang presiden-presiden Indonesia dari mulai presiden pertama (Ir. Soekarno) sampai presiden saat ini (Ir. Joko Widodo). Selain itu, di lantai pertama ini pengunjung bisa bebas bersantai-santai di sofa yang telah disediakan. Jika kita ingin berjelajah lebih dalam di perpustakaan ini, kita diharuskan menitipkan barang bawaan kita. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa barang kecuali laptop dengan tas jinjing khusus yang disediakan oleh perpustakaan.

Raung baca di salah satu tempat koleksi buku. Sumber: Artikel.rumah123.com

Layanan utama perpustakaan ini adalah koleksi buku-buku dari berbagai jenis mulai dari klasik, manuskrip, monograf dan lain-lain. Selain itu, perpustakaan menyediakan tempat khusus untuk anak-anak, lansia dan disabilitas yang terletak di lantai 7. Jika kita ingin melihat koleksi foto, peta, dan lukisan kita bisa berkunjung ke lantai 16. Di sana kita akan disugukan berbagai jenis koleksi lukisan-lukisan yang menakjubkan. Bagi yang ingin menjadi anggota perpustakaan, kita dapat mengunjungi lantai 2 yang merupakan ruang layanan keanggotaan perpustakaan sekaligus ruang teater.

Baca juga:  Menikmati Keindahan Destinasi Wisata Alternatif Lombok di Taman Narmada

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Perpustakaan Nasional RI, kalian dapat mendatanginya di hari apapun karena perpustakaan ini buka setiap hari. Jam kunjung perpustakaan yaitu pukul 09.00 sampai 18.00 kecuali hari Sabtu dan Minggu hanya sampai pukul 16.00. Namun perpustakaan akan memberlakukan jam buka yang berbeda di hari-hari libur nasional. Bagaimana seru bukan melihat perpustakaan tertinggi di dunia yang ternyata berada di Indonesia? yuk sempatkan berkunjung meskipun untuk sekadar menengok-nengok fasilitas yang lengkap di perpustakaan. Pastinya tidak akan membuat kalian bosan jika ingin menambah ilmu dan pengalaman di perpustakaan ini.

Semua hal butuh keunikannya sendiri

Komentar kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Artikel, Destinasi, Indonesia
Furin
Selain Busana Nyentrik, Apa Lagi yang Bisa Dibawa Pulang dari Jepang?

Satu hal yang paling dikenang dari Jepang adalah nyentrik. Masyarakat Negeri Sakura memang punya gaya hidup yang bisa dibilang cukup...

Close