Explore Keindahan Uluwatu Bali, dari Pura Hingga Tari Kecak

Branding tentang berbagai pesona keindahan wisata di pulau Bali benar-benar sukses. Buktinya Bali mampu menyedot perhatian publik lokal maupun asing, hingga akhirnya semua orang benar-benar menginginkan untuk pergi mengunjunginya. Tak heran jika banyak para traveler menjadikan Bali ini sebagai destinasi yang masuk dalam bucket listnya.

Keindahan pantai yang mempesona adalah salah satu daya tarik yang begitu memikat para wisatawan, keramahan masyarakat lokal membuat jalan-jalan lebih menyenangkan, berbagai fasilitas yang memudahkan juga menjadi nilai plus, dan keunikan budaya lokal khas Bali menjadi magnet tersendiri untuk menarik para wisatawan. 

Berbagai kearifan lokal yang ada di Bali memang selalu menyedot perhatian publik, hingga para pengunjung berani membayar mahal demi menyaksikannya. Ya, inilah Bali. Keindahan alam yang mempesona dengan balutan kebudayaan lokal yang begitu unik.

Credit: Steffen Zimmermann from Pixabay

Banyak pertunjukan kebudayaan yang unik dan menarik sehingga menjadikan Bali ini adalah destinasi wisata yang lengkap selain dari berjuta anugerah keindahan alamnya. Kombinasi antara keduanya menjadikan Bali sebagai destinasi yang harus dikunjungi oleh para traveler. Contohnya adalah sebuah tarian tradisional Bali yang telah dikenal dunia, kemudian ditampilkan dengan background pantai yang menakjubkan.

Salah satu keindahan ini akan kamu temukan saat berkunjung ke Uluwatu, Bali. Menyaksikan kekayaan budaya tradisional Indonesia dengan pemandangan laut dari ketinggian tebing. Ini adalah salah satu destinasi yang wajib kamu datangi saat memutuskan untuk berlibur ke Pulau Dewata Bali.

Berkenalan dengan Uluwatu Bali

sumber: wartawisata.id

Uluwatu Bali adalah salah satu destinasi wisata alam yang ada di bagian selatan pulau Bali, tepatnya berada di Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali. Daya tariknya adalah berupa keindahan alam laut dengan tebing-tebing tinggi yang membuatnya semakin eksotis. Selain itu, disini juga terdapat sebuah pura yang syarat akan nilai sejarah dan sangat dikenal, yaitu Pura Uluwatu Bali.

Baca juga:  Indahnya 'Toleransi' di Pulau Dewata

Selain pura, disini juga terdapat pertunjukan tarian khas bali, yaitu Tari Kecak. Tarian ini ditampilkan pada sore hingga malam hari. Tak heran jika Uluwatu ini menjadi salah satu destinasi favorit di Pulau Bali. Keindahan alam yang luar biasa, dan berbagai keunikan budaya lokalnya pun menjadikannya sebagai destinasi wisata yang lengkap dan unik.

Pura Luhur Uluwatu

sumber: adira.co.id

Pura ini dipercaya sebagai Pura Sad Kahyangan atau penyangga poros dari sembilan mata angin. Pura ini berada pada ketinggian 97 meter diatas permukaan laut. Hingga sekarang pura ini masih berfungsi sebagai lokasi peribadatan umat Hindu di Bali, dimana Hindu menjadi agama mayoritas yang dianut oleh masyarakat Bali.

Pura ini begitu dikenal sebagai objek wisata yang eksotis. Bukan hanya bangunan pura yang syarat akan nilai budaya, tapi lokasinya yang berada pada ketinggian menjadikan pura ini tempat yang pas untuk memandang keindahan laut biru yang membentang luas. Terlebih jika kamu datang ke sini pada sore hari menjelang sunset. Kamu akan menyaksikan keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Menyaksikan Tari Kecak Saat Sunset dengan Landscape Laut 

sumber: agolf.xyz

Hal lain yang menjadikan Uluwatu begitu diminati adalah adanya pertunjukan tari kecak Bali. Tari kecak sendiri adalah salah satu tarian tradisional khas Bali. Tarian ini dimainkan secara massal oleh puluhan orang, dimana ceritanya menggambarkan pewayangan Ramayana. Uniknya, tarian ini tidak diiringi dengan berbagai alat musik, melainkan hanya dengan suara penari yang menyerukan “cak” secara berirama sambil mengangkat kedua tangan dalam posisi duduk melingkar.

Tarian ini sangat populer dan diminati oleh para pelancong, sehingga tak jarang kita akan berani membayar tiket untuk sebuah pertunjukan kebudayaan ini. Terlebih jika tarian budaya ini dimainkan di alam terbuka seperti di Uluwatu. Keunikan tarian dengan landscape laut dan sunset adalah benar-benar sebuah suguhan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Traveler yang ingin menyaksikan pertunjukan tari kecak ini bisa beranjak beberapa meter setelah mengunjungi keindahan alam dari pura luhur Uluwatu.

Baca juga:  Eksplorasi Potensi Alam Desa Muara Emat (#2)

Berkunjung ke Pura Uluwatu ini akan merasakan berjuta keindahan yang diciptakan Tuhan, ditambah dengan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia khususnya Bali. Maka tak heran jika Bali selalu diburu oleh wisatawan lokal maupun asing, baik itu pejabat, artis, pengusaha hingga masyarakatnya berbondong-bondong datang ke pulau yang penuh pesona ini. Kamu pun ketika berkunjung ke Bali coba datang dan saksikan eksotisnya pemandangan alam di Uluwatu Bali.

Reply