Berlibur Tak Harus Bepergian? Cobalah Kegiatan Ini di Rumah

Berbicara tentang berlibur tak selalu harus bepergian keluar rumah. Inti dari berlibur adalah bagaimana kalian bisa memanfaatkan waktu luang kalian untuk melakukan kegiatan hiburan baik bersama teman ataupun keluarga. Oleh sebab itu, jangan selalu membatasi diri untuk merencanakan liburan kalian yang terkesan meninggalkan rumah dengan perencanaan dan biaya yang matang. Kalian tetap bisa berlibur tanpa harus berepot-repot mempersiapkan segala perlengkapan untuk perjalanan. Ya, kalian bisa menciptakan momen berlibur keluarga tanpa harus bepergian. Dimana lagi kalau bukan berlibur di rumah. Berikut adalah kegiatan berlibur yang bisa kalian coba di rumah :

Kamping di Halaman Rumah

Credit : unsplash.com

Bagi kalian yang memilki halaman rumah yang cukup luas, manfaakanlah kondisi tersebut untuk menciptakan liburan keluarga kalian. Kalian bisa melakukan kamping kecil-kecilan bersama si kecil di halaman rumah. Persiapkanlah tenda dan alat-alat kamping lainnya. Matikan lampu-lampu halaman rumah agar seolah-olah mengajak keluarga kamping di hutan. Hal ini selain bisa menghemat biaya tentunya akan lebih aman jika kalian harus mengajak si kecil. Hidupkan suasana dengan membakar jagung atau sosis di malam hari. Hal ini tentunya akan menyenangkan bila kalian dan keluarga bisa bersama-sama bersenda ria dengan kamping mini di halaman rumah.

Pesta Kebun

Credit : unsplash.com

Cobalah untuk menikmati makan pagi atau sore di kebun kesayangan kalian. Ciptakan suasana makan bersama keluarga yang berbeda. Nikmati suasana alam yang indah di sekitar rumah kalian. Mainkanlah alat musik atau game kebersamaan bersama keluarga. Liburan semacam ini tentunya akan merekatkan kekeluargaan tanpa harus repot-repot membawa anggota keluarga ketempat yang jauh.

Dekorasi Rumah

Credit : unsplash.com

Ajaklah keluarga untuk melakukan dekorasi rumah di waktu-waktu senggang. Ini tentunya akan membantu menciptakan suasana liburan yang menyenangkan. Setiap dari mereka akan saling bekerja sama mengecat atau membereskan tatanan barang-barang rumah kalian. Sediakan minuman dan makanan ringan sebagai penutup acara ini. Kalian bisa melaukan obrolan hangat ketika semua urusan sudah selesai. Liburan tanpa keluar rumah dan kalian akan mendapati rumah kalian yang lebih bersih dan indah.

Baca juga:  Soal Tahu, Kuningan Tak Kalah dengan Sumedang

Olahraga Bersama

Credit : unsplash.com

Ajaklah keluarga kecil kalian untuk bersama-sama berolahraga di pagi hari. Berjalan mengelilingi kompleks sambil ngobrol menikmati udara pagi. Kegiatan semacam ini akan membuat keluarga kecil anda sehat. Cobalah untuk sembari mencari makanan ringan di dekat rumah untuk sekedar mengisi perut di pagi hari. Kalian juga bisa mengajak si kecil untuk bermain bola atau permainan lainnya. Lakukanlah aktivitas liburan kecil ini setiap weekend untuk menjaga kesehatan dan kebersamaan keluarga kalian.

Berkebun Di Pekarangan Rumah

Credit : unsplash.com

Siramlah tanaman-tanaman yang ada di pekarangan rumah kalian. Ajak keluarga untuk menata kembali tanaman yang ada. Sesekali cobalah untuk menambah koleksi tanaman. Ajaklah di kecil untuk diajari cara menanam tanaman dengan benar. Ini sangat bermanfaat dan bernilai edukasi bagi si kecil. Selain itu, aktivitas berkebun akan membantu merilekskan fikiran kalian.

Meracik Masakan Bersama

Credit : unsplash.com

Aturlah waktu untuk melakukan makan bersama dengan cara yang berbeda. Mintalah anggota keluarga untuk melakukan masak bersama. Ini akan membuat keluarga kalian lebih hidup. Tidak ada salahnya membuat jadwal liburan semacam ini. Kalian akan menemukan kebersamaan makan yang sesungguhnya dari hasil jerih payah kebersamaan keluarga.

Membuat Kerajinan Tangan

Credit : unsplash.com

Kumpulkanlah barang-barang bekas atau tak terpakai yang ada di rumah kalian. Ajarkanlah si kecil untuk membuat kreasi yang menarik dari barang tersebut. Kalian bisa mengeksplorasi kemampuan mereka dengan aktivitas ini. Tidak perlu membuat kerajinan yang rumit. Buatlah sesuatu yang simpel. Intinya kalian ingin memanfaatkan waktu luang keluarga untuk bisa bersama-sama melakukan sesuatu yang produktif.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kalian jadikan aktivitas liburan keluarga kalian di rumah. Kebersamaan tidak hanya datang dari tempat-tempat yang kalian cari di luar sana. Tapi kebersamaan juga bisa hadir tidak jauh dari rumah kalian. Kalian bisa menciptakan suasana liburan yang menyenangkan di waktu luang yang sempit walaupun tanpa harus bepergian. Selamat berlibur.

Baca juga:  Untuk Para Traveler, Ini Gejala Infeksi Corona dari Hari ke Hari yang Harus Dikenali

Featured Image Credit : Unsplash.com

One Response

Reply