Menu

Liburan Murah ke Kuta ala Backpacker

Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta, Bali. Foto: indonesiaituindah.net

Berlibur ke Bali? Cukup menggoda memang bagi mereka yang sangat menikmati liburan di luar kota. Apa lagi berlibur dengan ala ala backpacker. Untuk yang senang melakukan perjalan dengan ala backpacker jangan khwatir! Perjalanan kamu akan terlaksana dengan sangat murah. Kamu cukup menghabiskan uang di bawah Rp1.000.000 saja, tepatnya kamu bisa menyiapkan uang sekitar Rp. 800.000 saja untuk sampai disana untuk 2 sampai 3 hari. Lalu bagaimana caranya? Nah, buat kamu para backpacker sejati, berikut beberapa informasi yang akan sangat kamu butuhkan ketika melakukan perjalanan ke Bali.

Ada beberapa panduan untuk kamu yang ingin melakukan backpacker ke Bali, dengan melakukan beberapa kombinasi trasportasi mulai dari kereta api, bis dan juga kapal laut. Estimasi waktu yang di butuhkan biasanya akan menghabiskan waktu kurang lebih 18 jam.

  • Dari Jakarta kamu bisa menggunakan kereta ekonomi jurusan Jakarta – Jogja. Naik dari stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Lempuyangan Jogjakarta. Untuk harga tiketnya kamu bisa menyediakan uang Rp. 120.000,- saja. Lama waktu perjalanan di dalam kereta sekitar 8 sampai 10 jam. Ada baiknya kamu ambil waktu berangkat pada malam hari sekitar pukul 9 malam, jadi nanti kamu bisa sampai di stasiun Lempuyangan Jogja sekitar jam 6 atau 7 pagi. Nah, untuk pembelian tiket ada baiknya kamu sudah membooking dari jauh- jauh hari.
  • Setibanya di Jogja, kamu bersiap lagi untuk melakukan perjalanan ke Banyuwangi menggunakan kereta Sri Tanjung Jurusan Akhir stasiun Banyuwangi. Jadi, di Jogja nanti kamu hanya transit saja. Kamu bisa mendatangi loket untuk membeli tiket kereta, tapi ada baiknya lagi kamu membooking tiket kereta sebelum sampai di Jogja, karena takut nanti kehabisan. Untuk harga tiket Jogja ke Banyuwangi ini kamu bisa menyiapkan Rp. 38.000,- *harga bisa berubah sewaktu- waktu.
  • Jika lancar sampai di stasiun Banyuwangi kamu bisa sampai sekitar pukul 10 malam.  Sebaiknya jika sudah sampai disini kamu istirahat dulu sejenak sambil ngopi atau sambil makan sebelum lanjutkan lagi perjalanan. Nah, dari Banyuwangi ke Pelabuhan Ketapang, kamu akan melalui perjalanan sekitar 10 menit dengan jarak 200 meter, tidak terlalu jauh bukan? Disana banyak sekali jasa becak dan ojeg jadi kamu bisa menyewa becak atau ojek. Tapi, di sarankan berjalan kaki saja karena tidak terlalu melelahkan, apalagi buat seorang backpacker. Malahan kalau kamu pergi bareng teman- temanmu ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.
  • Sesampainya di Pelabuhan Ketapang, kamu bisa naik kapal laut fery. Tarifnya murah kok, hanya Rp. 10.000,- saja sudah termasuk sumbangan PMI dan juga pajak ya. Waktu penyeberangan kira- kira 30-45 menit.
  • Jika sudah sampai, tidak jauh dari tempat pemeriksaan KTP,  kamu akan menemukan terminal kecil dimana nantinya akan ada tempat angkutan umum yang siap mengantarkanmu menuju terminal Ubung Denpasar, atau ke pelabuhan Padangbai. Biaya untuk sampai Denpasar sekitar Rp. 30.000,- dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Perlu diketahui juga, sekarang sudah beroperasi terminal baru di daerah Mengwi dan biasanya semua bus yang sampai terminal Ubung hanya sampai terminal Mengwi.
  • Dari Mengwi kamu bisa melanjutkan dengan naik angkot dengan biaya Rp. 5.000,- dan untuk menuju Kuta Bali kita harus naik angkot lagi dari Ubung ke Tegal, kemudian dari Tegal ke arah Kuta masing- masing ongkos Rp. 5.000,-

Setelah kamu mengetahui secara step by step bagaimana transportasi menuju Kuta Bali, tentunya kamu harus mencari penginapan untuk mengistirahatkan badan kamu.

Nah, untuk penginapan yang paling di rekomendasikan bagi para backpacker adalah Losmen Arthawan. Lokasinya sangatlah strategis dan untuk menuju Pantai Kuta hanya memerlukan waktu 10 menit dengan berjalan kaki. Untuk biaya penginapan kamu harus menyiapkan Rp. 60.000,- per orang dan Rp. 90.000,0 per dua orang jadi semakin kamu banyak orang akan semakin murah. Biaya itu juga sudah termasuk makan pagi. Kamu juga nantinya bisa memilih menu makanan apa sih yang kamu sukai, ada roti telur atau Banana Pancake. Untuk fasilitas losmennya ada kasur, meja, lemari, kipas angin dan juga kamar mandi. Kalau kamu mau penginapan yang lebih nyaman lagi, kamu bisa menginap di hotel-hotel murah yang ada di sekitar Kuta ini. Kamu bisa pesan di website Traveloka.

Untuk lokasi penginapannya kamu bisa mengikuti Legian Street sampai monument Bom Bali 2, kemudian Belok di Gang pertama di sebelah kanan (Poppies Lane 2) dan jalan terus kira- kira 300 meter, lalu di sebelah kiri kamu bisa menemukan “Losmen Arthawan”

Monumen Bom Bali 2

Monumen Bom Bali 2. Foto: bebekguling38.blogspot.co.id.

Ada baiknya kamu memesan penginapan pada pukul 10:00 WITA karena biasanya pada jam- jam itu para pengguna kamar mulai check out.

Inti dari perjalanan ala backpacker ini adalah nikmatilah perjalanannya karena nantinya perjalanan backpacker ini akan menjadi pengalaman yang sangat tidak bisa di lupakan, apalagi jika kamu jalan bareng dengan teman- temanmu.

 

*Artikel sumbangan dari kontributor JB*

Komentar kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pernik
Cosplayer Ennichisai Blok M
Apa sih yang Menarik di Ennichisai Blok-M?

Yay! Ennichisai akan hadir lagi, tepatnya pada 14-15 Mei 2016. Ya, weekend ini! Keriaan setahun sekali ini akan menyulap area pertokoan...

Close