Fakta Menarik Tentang Rumah Makan Padang

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kuliner khas Sumatera Barat terkenal dengan rasanya yang mengunggah selera. Masakan khas Sumatera Barat atau biasa disebut dengan masakan Padang dapat ditemui di rumah makan atau restoran Padang. Rumah Makan Padang bisa ditemukan hampir keseluruh pelosok Indonesia. Jarak dari satu rumah makan ke rumah makan yang lain bisa bilang berdekatan. Tapi tahukah Anda bahwa rumah makan Padang memiliki fakta yang menarik? Biar nggak bikin penasaran, simak fakta menarik tentang rumah makan Padang berikut

1. Aksi Karyawan Saat Menghidangkan Makanan

credit: wikipedia.org

Ketika makan di rumah makan Padang biasanya makanan yang dihidangkan disajikan tidak per porsi. Melainkan hampir seluruh menu makanan akan dihidangkan ke meja Anda. Saat penghidangan makanan tidak dibawa menggunakan nampan seperti pada restoran pada umumnya. Makanan akan disajikan dengan piring dan dibawa bertumpuk menggunakan tangan. Tak tanggung-tanggung, pelayan rumah makan Padang dapat membawa piring berisi makanan hingga belasan piring dengan satu tangan. Aksi penghidangan makanan yang bertumpuk ini menjadi ciri khas bagi rumah makan Padang yang diberi nama dengan Manatiang Piriang.

2. Tidak Ada Di Sumatera Barat

credit: liandamarta.com

Jika Anda berpikir rumah makan Padang akan lebih mudah ditemui di Sumatera Barat, maka sangkaan Anda salah. Meskipun berasal dari Sumatera Barat, rumah makan Padang tidak akan dapat Anda temui di Sumatera Barat. Karena rumah makan atau restoran Padang di Sumatera Barat cukup hanya dengan menuliskan “Rumah Makan”, tanpa embel-embel “Padang”. Emang udah daerah asalnya, jadi orang udah pada tahu kan.

3. Potret Sosok Kakek Berkopiah

credit: instagram.com/ricky_kyoto

Pernahkan Anda melihat foto seorang kakek berkopiah dan menggunakan sarung yang digantung di leher pada rumah makan Padang? Itu adalah Ungku Saliah. Jika di Jawa, mungkin Ungku Saliah bisa disebut sebagai Wali Songo. Ia adalah seorang pemuka agama terkenal dari daerah Pariaman, Sumatera Barat. Jika ada rumah makan Padang yang memajang fotonya, sudah pasti pemilik rumah makan tersebut berasal dari Pariaman.

Baca juga:  Warkop 'Burjo' Van Kuningan

4. Salah Satu Menu Menjadi Makanan Terenak Di Dunia

credit: wikipedia.org

Tahukah Anda bahwa salah satu menu di rumah makan Padang merupakan makanan terenak di dunia? Ya apalagi kalo bukan Randang atau Rendang. Perpaduan bumbu yang kaya akan rempah-rempah, mampu mengeluarkan aroma dan rasa yang lezat. Randang dinobatkan menjadi makanan terlezat di dunia ini diberikan oleh CNN yang telah melakukan survey kepada pembacanya di dunia. Sejak tahun 2011 Randang selalu menjadi salah satu makanan terenak di dunia versi pembaca CNN dunia.

5. Bungkus, Untuk Mendapatkan Porsi Lebih

credit: twitter.com/arieparikesit

Pernahkah Anda membandingkan porsi saat makan langsung di rumah makan dengan porsi saat membeli take away atau bungkus? Jika diperhatikan akan terlihat bahwa porsi saat bungkus akan lebih banyak jika dibandingkan porsi makan di restoran. Jika Anda membeli dalam bentuk bungkus, nasi Padang bahkan dapat dimakan 2 hingga 3 orang. Namun jika Anda makan di langsung di rumah makan Padang, entah emang karena rasanya yang enak atau kenapa banyak sekali pengunjung yang merasa kurang dengan porsi nasinya. Tambuah ciek da.

6. Perpaduan Gulai Nangka Dan Daun Singkong

credit: traveloka.com

Dalam satu porsi nasi Padang pasti selalu ada perpaduan Gulai Nangka dan daun Singkong. Tidak hanya perpaduan sayuran, seporsi nasi Padang juga akan disiram dengan berbagai kuah gulai. Dan tidak ketinggalan sambalado.

Itulah 6 fakta menarik tentang rumah makan Padang. Jika Anda baru mengetahui fakta-fakta di atas, sekarang coba langsung pergi ke rumah makan Padang terdekat dan buktikan faktanya.

featured image: getlink.pro

Reply