Destinasi Menarik Sepanjang Bromo, Tengger dan Semeru

Belum punya tujuan untuk melancong? Daerah Probolinggo di Jawa Timur bisa jadi salah satu pilihan. Dari kabupaten ini, banyak destinasi yang layak dijadikan tempat memuaskan dahaga traveling. Terutama bagi yang suka wisata alam serta budaya. Destinasi mana saja yang menarik untuk dijelajahi? Berikut daftarnya. 

Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru

Banyak destinasi menarik di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Foto: bromolinks.wordpress.com

Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru ini adalah salah satu taman nasional yang sarat dengan kekayaan. Tidak hanya alamnya yang indah, tapi juga floranya. Di taman nasional ini kita bisa melihat langsung habitat flora yang menarik. Tak hanya itu, di taman nasional ini juga kita akan disuguhi wajah ekosistem yang unik. Menikmati sensasi dari vulcano yang masih aktif yang ada di kawasan hutan lindung. Tentu juga menikmati budaya serta tradisi masyarakat  Tengger yang tak terkenal dengan upacara Kasadanya. Menuju ke taman nasional ini, rute favoritnya memang dari kota Probolinggo. 

Puncak Gunung Penanjakan

Gunung Penanjakan salah satu destinasi favorit untuk melihat sunrise di kawasan Gunung Bromo. Foto: Smartmama.com

Di Bromo,  salah satu destinasi yang terkenal di kalangan para pelancong adalah puncak Gunung Pananjakan. Ya, dari puncak Penanjakan, lanskap serta panorama alam yang  spektakuler  bisa dilihat. Dari tempat ini, anugerah Tuhan yang maha Indah bisa diringkas dalam satu tebasan pandangan. Lautan pasir berlatar Gunung Bromo, Gunung tertinggi di Jawa – Gunung Semeru juga bisa ditangkap jelas dari sini. Selain itu, Puncak Penanjakan juga terkenal di kalangan turis pemburu sunrise atau matahari terbit. Ya, di Penanjakan, indahnya detik-detik matahari terbit yang menyembul perlahan dari balik Puncak Semeru bisa disaksikan. Sungguh dramatis dan mempesona. Di sana, kita merasakan, betapa agung dan indahnya ciptaan Tuhan. 

Danau Indah Para Pendaki, Ranu Pane dan Ranu Gegolo

Indahnya Rana Pane, danaunya para pendaki. Foto: Katalogwisata.com

Di kawasan Taman Nasuonal Bromo-Tengger dan Semeru, yang punya daya tarik tidak hanya Gunung Bromo dan  tradisi masyarakat Suku Tengger. Yang menakjubkan, tidak hanya sunrise  indah di Penanjakan. Tidak hanya itu. Banyak yang bisa dinikmati. 

Baca juga:  Merangin, Kabupaten Pilihan Pecinta Air Terjun

Dan, melancong kesana, bukan hanya soal berkuda atau  berzig-zag mengendarai jip di lautan pasir. Sekali lagi tak hanya itu. Banyak yang tak kalah menarik, kalau  masuk di kawasan taman nasional tersebut. 

Masih satu kawasan di dalam Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, ada dua danau yang indah. Dua danau itu adalah Ranu Pane dan Ranu Gegolo. Ini danaunya para pendaki gunung. Jadi, bagi yang pernah bolak-balik mendaki Gunung Semeru, pasti hapal seperti apa indahnya  Ranu Pane dan Ranu Gegolo. 

Bahkan banyak yang mengatakan,  tak lengkap rasanya kalau kita mendaki Semeru jika tak menikmati indahnya Ranu Pane dan Gegolo. Bisa dikatakan ini destinasi wajib bagi para pendaki yang hendak “menaklukan” puncak gunung tertinggi di Jawa tersebut. 

Jadi, jika kamu punya kesempatan datang dan singgah ke kawasan Bromo, Tengger dan Semeru, jangan lewatkan singgah dan menikmati  sensasi keindahan di ketiga destinasi tersebut. Di sana,  kita akan melihat dan merasakan salah satu karya terindah Tuhan di Tanah Jawa. 

Di sana pula, kita akan tahu betapa menariknya tradisi serta jejak sejarah Suku Tengger. Saat digelar upacara sakral Kasada, adalah saat tepat untuk mengenal suku Tengger tersebut. 

Di sana, kita juga bisa jadi ksatria ‘dadakan’, menunggang  kuda di padang pasir  bak para punggawa kerajaan zaman dulu  Di sana pula, kita bisa menguji adrenalin, naik jip atau mendaki gunung. Tinggal pilih saja sesuai selera dan tentunya kocek di kantong. Pun soal tempat menginap, tak usah khawatir. 

Bagi yang cekak dan punya dana pas pasan, melancong ala backpackeran bisa dipilih.  Di sana, banyak bertebaran penginapan kelas melati. Bagi yang dompetnya tebal tentu hotel-hotel berbintang yang punya view menakjubkan bisa jadi pilihan.

Reply