Yuk, Cicipi Steak Versi Lokal dengan Bumbu Khas Solo!

Kuliner steak pasti diidentikkan dengan makanan khas Barat bukan? Makanan dari irisan daging dan potongan sayur ini memang sudah terkenal di Indonesia. Banyak restoran yang menyajikan dan berspesialisasi di makanan ini.

Tapi jangan salah, Indonesia juga punya versi steak sendiri loh! Steak ini tentunya dibuat agar menghasilkan rasa yang sesuai dengan lidah orang lokal. Apalagi kalau bukan selat solo, makanan yang bahkan menjadi hidangan khas yang harus dicicipi apabila berkunjung ke kota Solo.

Rata-rata isinya sama dengan steak ala Barat. Namun yang membedakan adalah kuah siraman atau saus yang terbuat dari bawang putih, kecap, dan cuka. Tekstur sausnya lebih cair dibandingkan dengan steak biasa dan dibuat cenderung berkuah.

Artikel berikut akan mengulas rekomendasi selat solo yang paling terkenal. Simak terus ya!

Warung Selat Solo Mbak Lies

Sumber: Maw Mblusuk

Menurut beberapa review, selat solo di Warung Mbak Lies ini berbeda dari yang lainnya, karena rasa kuahnya dominan asam dan gurih. Berbagai jenis menu olahan selat solo disajikan. Mulai dari selat lidah, selat bistik, selat galantin, sampai timlo. Harga selat di Warung Mbak Lies dibanderol sekitar Rp.14.000,00 hingga Rp.21.000,00

Lokasi : Jl. Veteran Gg. 2 No.42, Serengan, Kota Surakarta

Jam Buka : 08.00-17.00 WIB

Selat Tenda Biru

Sumber: YouTube

Selain terkenal dengan selat solo yang memiliki rasa gurih, Warung Tenda Biru juga terkenal dengan berbagai jenis makanan khas Solo. Mulai dari sop matahari sampai gudeg tersedia disini. Warung Tenda Biru biasanya selalu dipadati pengunjung, khususnya pada jam makan siang. Sehingga agak sulit mencari tempat duduk walaupun tempat yang disediakan cukup luas, selalu dipadati dengan pengunjung yang ingin mencicipi selat solo di Warung Tenda Biru ini.

Baca juga:  Warkop 'Burjo' Van Kuningan

Lokasi : Jl. K. H. Samanhudi No.1, Laweyan, Kota Surakarta

Jam Buka : 09.00-21.00 WIB

Selat Kusumasari

Sumber: picdeer

Selain selat solo, Restoran Kusumasari juga menawarkan berbagai macam makanan khas Solo, baik tradisional atau modern seperti makaroni, kroket, sup matahari, es krim, dan masih banyak lagi. Lokasinya terdapat di tengah kota, sehingga mudah dijangkau oleh transportasi apapun. Harga makanan dan minuman yang disajikan pun relatif lebih tinggi daripada yang lainnya karena lokasi strategis dan fasilitas AC yang disediakan.

Lokasi : Jl. Brigjend Slamet Riyadi No. 111, Kemlayan, Kota Surakarta

Jam Buka : 09.00-21.00 WIB

Reply