Walau Hanya Gerobakan, Tongseng Pak Agus Bisa Membuat Lidah Langsung Jatuh Cinta

Salah satu kuliner khas Indonesia, adalah tongseng. Tongseng adalah kuliner berkuah kental yang dilengkapi potongan daging khas Solo. Bahan utamanya bisa daging sapi. Atau daging kambing. Tapi biasanya kebanyakan pakai daging kambing.

Diracik dengan tomat, irisan kol, tongseng pun jadi kuliner yang akan langsung membuat lidah jatuh cinta. Di Jakarta, ada penjual tongseng yang cukup terkenal. Tongseng Pak Agus namanya. Jualannya hanya pakai gerobak. Tapi soal rasa jangan ditanya. Waktu Pak Jusuf Kalla masih jadi Wakil Presiden, sehabis menunaikan solat Jumat, kerap mampir ke tongseng Pak Agus.

Ya, tongseng Pak Agus, lokasinya memang tak begitu jauh dari rumah dinas Wakil Presiden yang ada di Jalan Ki Mangunsarkoro. Pak Agus berjualan di area parkiran Mesjid Sunda Kelapa yang memang jaraknya hanya sepelemparan batu dari rumah dinas RI-2.

Jadi, jika kamu sedang di Jakarta, dan ingin merasakan soto tangkar yang enak, tinggal datang saja ke Mesjid Agung Sunda Kelapa. Cari saja ke area parkiran yang ada di dekat mesjid. Di sana banyak para penjual makanan. Cari gerobak bertuliskan tongseng Pak Agus asli. Pasti ketemu, karena Pak Amat jualan tongseng tiap hari. Dan, hanya dia yang jualan tongseng di sana.

Pak Agus sendiri mulai buka gerobak tongsengnya dari pukul 10.00 sampai dengan 17.00 WIB. Bila tak ingin berebut tempat makan, datang saja jangan bersamaan dengan jam makan siang. Maklum karena tongseng Pak Agus bukan warung makan atau restoran. Hanya disediakan bangku plastik untuk pembeli yang ingin menyantap tongseng di tempat. Itu pun kursinya hanya beberapa biji saja. Soal harga, sangat terjangkau. Semangkok tongseng plus nasi sekitar 20 ribuan. Murah, tapi tak murahan. Gerobakan kaki lima, tapi rasa kelas restoran bintang lima. Masaknya pun masih pakai cara tradisional. Pakai arang kayu.

Walau gerobakan, tapi soal rasa, tongseng Pak Agus boleh diadu. Lidah dipastikan akan langsung jatuh cinta, begitu pertama kali mencicipinya. Pak Kalla contohnya. Dia langsung jatuh cinta, sampai kerap mampir hanya untuk semangkuk tongseng Pak Agus.

Baca juga:  Tips Cara Aman Makan Ikan Peda

Masih bingung dengan lokasinya? Sangat mudah menemukannya. Tinggal pakai Google Maps. Cari saja Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, RT.6/RW.4, Menteng, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat. Di jalan itu, Mesjid Agung Sunda Kelapa berada. Pasti ada di Google Maps. Mesjid ini juga cukup terkenal. Terletak di belakang Gedung Bappenas. Bersebrangan dengan rumah dinas Wakil Presiden.

Jika sudah puas menikmati semangkuk tongseng Pak Agus, dan ingin santai sejenak, tinggal langkahkah kaki saja seberang Gedung Bappenas. Di depan Gedung Bappenas, ada taman cantik nan rindang. Taman Suropati. Di sana kamu bisa istirahat sejenak di bawah pohon-pohon yang rindang.

Reply