Menu

Referensi Tempat Kuliner Enak dari Pak Menteri

Punya hobi nguliner, tapi bingung mau makan dimana? Tidak usah bingung. Sudah banyak buku tentang tempat makan enak. Tinggal datang saja ke toko buku terdekat, seabrek buku yang berisi tempat-tempat makan enak.

Mau yang kaki lima, atau yang bintang lima, tinggal pilih sesuai selera. Mau di kota mana, cari saja di rak-rak buku khusus traveling. Lengkap. Semua tersedia. Bahkan buku yang berisi tempat makan enak di luar negeri pun ada.

Atau jika kamu malas datang ke toko buku, tak usah bingung juga. Buka saja internet. Langsung tuju Mbah Google, ketik tempat makan enak yang ingin dicari. Sedetik, seabrek informasi akan langsung muncul. Cara lainnya mendapat referensi dari mulut ke mulut. Bisa dari teman, sahabat atau kerabat.

Nah, soal referensi tempat makan enak, saya sedikit punya informasi yang mungkin bermanfaat menambah referensi hobi kuliner kamu. Informasi ini saya dapatkan berasal dari seseorang yang bukan orang sembarangan. Dia, orang penting. Tjahjo Kumolo namanya.

Pasti kamu tahu, siapa dia. Wajahnya sering wara-wiri di layar kaca. Dia, tak lain adalah Menteri Dalam Negeri. Ya, Pak Tjahjo, adalah salah satu pembantu Presiden Jokowi. Pak Tjahjo selain jadi menteri, ia juga tukang nguliner. Pak Tjahjo, dikenal sebagai salah satu menteri yang memang punya hobi makan. Menu yang paling disukainya sate dan sop kaki kambing.

Menariknya, ia tak pilih-pilih tempat makan. Asal enak, di pinggir jalan pun jadi. Jadi, mentang-mentang jadi menteri, tempat makan pun harus yang bintang lima. Mesti restoran mahal. Dia, tidak seperti itu. Bahkan seringnya ia makan di warung kaki lima. Lebih nendang katanya.

Nah, suatu sore, saya sempat ngobrol dengannya. Saat itu, menjelang lebaran. Awalnya membahas soal menu makanan yang biasa disantapnya saat lebaran. Obrolan kemudian melebar ke soal tempat makan. Ternyata, Pak Menteri punya banyak referensi tempat makan enak.

Baca juga:  Mencicipi Nasi Goreng Langganan 'Pak Gubernur dan Wali Kota'

1. Warung Sop Kambing Enak di Jakarta

Ilustrasi warung sop kambing

Referensi pertama yang diinformasikan Pak Tjahjo adalah tempat enak untuk menikmati sop kambing di ibukota. Menurutnya, salah satu warung sop kambing yang enak bisa ditemui di Jalan Teluk Betutu, Jakarta. Letak warung ini, dekat dengan air mancur Bundaran Hotel Indonesia. Ia sering ke warung itu. Kata dia, ini salah satu warung sop kambing terenak di Jakarta.

Warung sop kambing lainnya yang enak, kata dia, ada Jalan Barito. Warung itu letaknya ada di sederetan penjual burung yang ada di sana. Dua warung yang disebutkannya, buka baik siang maupun malam.

Sementara kalau santap sop kambing malam hari, ia menyarankan datang ke warung sop kambing yang ada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Biasanya, kalau malam ingin makan sop,  ia suka datang ke warung sop yang ada di Blok M. Warung sop kambing langganan dia lainnya, ada di Tebet, depan Pasar Tebet.

” Saya dua hari sekali makan sop kambing. Kadang makan nasi padang yang ada di Senen,” ujarnya.

2. Kuliner Kawasan Blok M, Restoran Jepang dan Ayam Goreng Berkah

Sumber foto: Sukadapur.com

Tempat makan enak lainnya yang direferensikan Pak Tjahjo, ada di Blok M, Jakarta Selatan. Kata dia, kawasan Blok M, bisa dikatakan gudangnya tempat makan enak. Di kawasan ini,  ada beberapa restoran Jepang. Bagi yang suka makanan Jepang, ia merekomendasikan restoran Jepang yang ada di Blok M, Jakarta Selatan.

Nah, bagi yang ngefans berat pada ayam goreng, ia menyarankan mencoba ayam goreng Berkah yang juga ada di daerah Blok M. Ia mengaku rutin datang ke warung ayam goreng Berkah di Blok M. Kata dia, rasanya beda. Gurih dan renyah.

Baca juga:  Nikmatnya Campur Lorjhuk : Kuliner Khas Kabupaten Pamekasan, Madura

3. Nasi Goreng Babat dan Gulai Sapi di Semarang

Sate Gereja Blenduk Semarang. Sumber foto: Tribunnews.com

Referensi tempat makan enak Pak Tjahjo, tak hanya yang ada di Jakarta. Ia juga punya referensi tempat nguliner enak di kota Semarang. Kata dia, di dekat Jembatan Mberok, salah satu jembatan legendaris di Kota Semarang, ada warung nasi goreng babat yang enak. Ia sering datang ke sana. Bahkan itu warung langganan dia sejak zaman ia masih SMA.

” Nasi goreng babat, plus telor, pete dan parunya mantap. Itu yang membuat asam urat saya naik ha ha ha,” ujarnya sambil tertawa.

Tapi memang kata dia, Semarang itu bisa dikatakan kota kuliner. Banyak tempat makan enak di ibukota provinsi Jawa Tengah tersebut. Salah satu tempat makan enak legendaris di Semarang, adakah warung sate dekat Gereja Blenduk. Menu andalan di warung sate Gereja Blenduk favorit dia, adalah nasi goreng babat, sate dan tentunya juga sop kambing. Rasanya, mantap kata dia.

Tempat makan enak lainnya di Semarang, adalah warung Gulai Sapi Bustaman. Atau bagi yang suka mie, ia menyarankan datang ke warung mie Jawa Mataram. Bagi yang cinta ayam goreng, ayam goreng Gendon patut dicoba, katanya.

Sumber foto: Otonomi.co.id

” Kalau nasi gudeg, bisa coba nasi gudeg Mbak Tum, Bangkong. Atau mencoba kepala ikan manyung pedes Kalibanteng.

Tempat lain yang bisa memanjakan lidah di Semarang, kata Tjahjo, adalah warung Sego Koyor dekat warung sate kambing 29, depan Gereja Blenduk. Kata dia, rasanya mantap. Selain Semarang, di Kota Demak juga kata dia, ada tempat makan enak yakni warung asem-asem yang ada dekat masjid.

Baca juga:  Menikmati Bakso Legendaris Langganan Menteri

4. Sate Kerbau Kudus dan Sate Kambing Kapuran 29 Semarang

Sumber foto: Hellosemarang.com

Kota Kudus juga, menurut Pak Tjahjo, banyak tempat yang enak untuk memuaskan lidah. Di kota ini, salah satu kuliner yang terkenal adalah sate kerbau.  Ini beda dengan sate kambing.

” Kalau di Kudus, boleh coba sate kerbau, soto kerbau. Kalau di Pati yang enak itu nasi gandul sapi, tahu telor. Di Rembang ada seafood kota Juwana. Di Blora, ada sate ayam. Di Semarang juga ada sate kambing kapuran 29. Bisa juga coba tongseng kambing Pak Amat Jalan Thamrin,” katanya.

5. Udang Kepiting Pemalang dan Sate Sapi Pak Keri Ungaran

Sate Sapi Pak Keri, Ungaran. Sumber foto: Everplaces.com

Soal tempat kuliner enak, Pak Tjahjo juga mereferensikan Kota Pemalang. Katanya, kuliner di Pemalang, tak kalah nikmat dengan yang ada di kota lainnya. i kota ini, kata dia, ada warung udang kepiting yang nendang rasanya. Kota lain yang direferensikan Pak Tjahjo adalah Ungaran. Kata dia, di Ungaran ada satu tempat nguliner yang tak boleh dilewatkan. Nah, kalau sedang di Ungaran,  ia menyarankan untuk mencoba sate dan soto sapi Pak Keri. Atau mencicipi nasi goreng yang ada di alun-alun kota Ungaran.

6. Bakso Campur Salatiga dan Soto Bening Boyolali

Soto rumput Boyolali. Sumber foto : Adeknakemal.blogspot.co.id

Kota lainnya yang direferensikan untuk berburu makan enak, adalah kota Salatiga dan Boyolali. Kata Pak Tjahjo, di dua kota ini, banyak tempat makan enak. Salah satunya, warung bakso campur di Salatiga. Ia sendiri mengaku, setiap singgah ke Salatiga, pasti akan mampir ke warung bakso campur.

Sedangkan di Boyolali, salah satu kuliner yang tenar di sana adalah soto bening. Jika sedang berkunjung ke Boyolali, ia selalu menyempatkan datang ke warung soto bening rumput atau ke warung sate. ” Nah kalau di Grobogan yang enak itu swike dan garang asem ayamnya,” kata Pak Tjahjo.

 

Agus Supriyatna

Hanya orang biasa. Tukang ngopi, tukang baca. Tukang nulis. Senang jalan.

Komentar kamu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kuliner, Pernik
Buku Ini, Layak Jadi Referensi Backpacker Pemula

Ingin melancong tapi punya dana terbatas? Tak usah khawatir. Tinggal backpackeran saja. Ya, melancong dengan backpackeran sudah jadi gaya hidup...

Close