Kindle: Teman Jalan yang Nyaman di Mata dan Tahan Lama


Walaupun ada yang bilang perjalanan bukan hanya soal tempat tujuan, tapi perjalanan bisa sangat panjang dan membosankan. Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang tidak hanya mengisi kekosongan tapi juga menambah wawasan. 

Tentu saja buku bukan sekedar pelarian dari rasa bosan atau pengantar tidur saja. Bagi sebagian orang, membaca buku justru bisa menjadi kegiatan utama jalan-jalan mereka. Pergi ke alam terbuka hanya untuk rebahan santai sembari menikmati buku bisa menjadi acara asyik tersendiri.

Se-hobby apapun membaca buku dalam perjalanan, tentu tidak ada yang mau membawa buku-buku berat dalam ransel atau koper kita. Alangkah bahagianya kalau kita bisa membawa banyak bahan bacaan tanpa menyita banyak tempat atau menambah beban bawaannya.

Jalanbareng.com Kindle Jules Verne
Mengapa tidak baca buku di tablet atau smartphone saja? Sudah pernah mencobanya? Pengalaman saya sih layar smartphone terlalu kecil, dan layar tablet terlalu melelahkan untuk dipakai membaca lama, tidak nyaman. Apalagi kalau dibaca di luar ruangan, di bawah sinar matahari pasti akan memantul tidak kelihatan.

Selain itu daya tahan baterai-nya tidak lama. Sayang sekali kalau smartphone atau tablet yang berguna untuk komunikasi dan mencari informasi tidak bisa digunakan karena baterainya habis kita pakai baca berjam-jam.

jalanbareng_kindle_manga

Ebook Reader seperti Kindle mungkin bisa dipertimbangkan sebagai pengganti buku. Selain ukurannya yang portabel, mudah dibawa ke mana-mana, layarnya yang menggunakan e-ink juga nyaman tidak menyilaukan.  Selain itu, tak perlu khawatir charger ketinggalan karena piranti ini memiliki daya tahan baterai minimal satu bulan! (tanpa WiFi).  

Walaupun kapasitas penyimpanan Kindle hanya 2GB -4GB, ribuan buku berformat teks bisa disimpan di dalamnya. Jadi banyak pilihan bacaan yang bisa dibawa untuk mengisi perjalanan. Selain buku teks, buku bergambar seperti komik atau manga pun bisa dengan nyaman dibaca.

Baca juga:  Tips Menghadapi Banjir Saat Traveling

Mendapatkan Ebook Gratis

Terus kalau sudah punya Kindle dari mana dapat ebooknya? Tentu paling baik dengan mempunyai akun Amazon dan membeli ebook di sana. Selain membeli, jika memiliki akun Prime Amazon, kita juga bisa meminjam buku dengan gratis. Atau bisa juga dengan program Kindle Unlimited, dimana kita membayar sekitar 10 USD per-bulan untuk akses tak terbatas ke semua koleksi ebooks Amazon.

Bagi yang tidak ada dana membeli buku tak perlu khawatir, ada banyak situs yang menyediakan ebook gratis dan legal seperti Project Gutenberg, FeedBooks atau OpenLibrary

Sayangnya koleksi ebooks berbahasa Indonesia sangat minim sekali atau bahkan tidak bisa kita dapatkan.
Tapi bagus juga sih membaca buku-buku berbahasa asing, memperluas wawasan dan menambah perbendaharaan kata untuk jalan-jalan berikutnya!

Reply