Mau Melihat Sakura Mekar? Ke Taman Sakura Saja!

Siapa sangka, ternyata Indonesia juga punya Taman Sakura lho!

Siapa yang tak kenal dengan bunga Sakura yang cantik ini? Identik dengan negeri matahari terbit, bunga ini hanya mekar satu kali dalam setahun pada saat musim semi di Jepang, mulai Januari hingga April. Menyaksikan Sakura bermekaran di musim semi menjadi salah satu pilihan sebagian besar traveler yang berwisata ke Jepang.

Sayangnya, di masa pandemi ini, Jepang dan beberapa negara yang menjadi destinasi wisata untuk melihat Sakura masih belum menerima wisatawan.

Ternyata, tidak jauh dari Jakarta ada Taman Sakura,nih. Jadi, traveler tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati bunga Sakura yang bermekaran. Kamu bisa datang ke Kebun Raya Cibodas-LIPI atau biasa disebut Kebun Raya Cibodas.

Tentang Kebun Raya Cibodas-LIPI

Kebun Raya Cibodas (foto: alam priangan)

Lokasi Kebun Raya Cibodas terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Dengan ketinggian kurang lebih 1.300 – 1.425 meter di atas permukaan laut, kebun raya ini memililki suhu rata-rata 21°C. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan akhir pekan sekaligus menikmati udara segar dan keindahan berbagai jenis tumbuhan. Kebun seluas 84,99 hektar ini berjarak ±100 KM dari Jakarta.

Kebun Raya Cibodas didirikan oleh Johannes Ellias Teijsmann yang merupakan seorang kurator Kebun Raya Bogor pada 11 April 1852. Pada waktu itu, kebun ini bernama Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas). Pada awal-awal pendiriannya, Kebun Raya Cibodas menjadi tempat aklimatisasi beragam jenis tumbuhan asal luar negeri yang mempunyai nilai penting dan ekonomi, seperti Pohon Kina.

Kemudian tempat ini berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor dan bernama Cabang Balai Kebun Raya Cibodas. Status Kebun Raya Cibodas kemudian meningkat menjadi Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas. Unit ini menjadi bagian dari deputi Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang berada di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor .

Baca juga:  D’Praya, Hotel Nan Tenang di Tengah Sawah

Spot-spot menarik di Kebun Raya Cibodas

Sungai di Taman Sakura (foto : mandalawangicibodas.com)

Kebun Raya Cibodas menawarkan beragam aktivitas wisata bernuansa alam. Selain itu, traveler juga bisa mengenal lebih banyak tentang beragam jenis tanaman yang ada di sini. Terdapat beberapa spot yang menarik, seperti:

  • Taman Sakura
  • Taman Obat
  • Taman Rhododendron
  • Taman Lumut
  • Taman Liana
  • Rumah Kaca

Melihat Sakura Mekar di Taman Sakura

Foto : www.gotravelly.com

Bagi yang ingin melihat bunga Sakura bermekaran, traveler bisa berkunjung ke Taman Sakura. Terdapat sekitar 435 pohon Sakura yang sudah ditanam sejak 1953. Kebun Raya Cibodas menjadi tempat yang cocok untuk habitat tanaman ini karena udaranya yang sejuk. Ditambah lagi dengan kontur tanah, iklim, dan perawatan yang membuat pohon-pohon Sakura tumbuh dengan subur.

Tahukah traveler, pohon-pohon Sakura yang ada di Taman Sakura ini terbilang unik? Bunga-bunga Sakura ini mekar dua kali dalam setahun, lho!

Jadi penasaran kan ingin melihat langsung kecantikan bunga Sakura? Untuk melihat bunga Sakura yang bermekaran, kamu bisa datang pada waktu bunga ini bersemi, yaitu sekitar Januari-Februari dan Juli-Agustus.

Taman Sakura bisa jadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan di bulan-bulan tersebut. Nikmati pemandangan indah bunga Sakura sambil berkeliling melalui jalur setapak yang ada. Atau menyebrangi sungai kecil dengan airnya yang jernih mengalir di dasar lembah melalui jembatan kecil yang unik. Kamu juga akan disuguhi pemandangan batu alam dan air terjun di sisi sungai yang terlihat sangat alami.

Kalau pun saat berkunjung ternyata melewatkan pemandangan cantik bunga Sakura, tenang saja. Traveler tetap bisa menikmati pemandangan indah di sekitar tempat ini atau menikmati fasilitas lainnya. Ada Teater Alam Terbuka, Wahana Wisata Cibodas, dan Wahana Permainan Anak. Atau mau mencoba kemping di Camping Ground yang tersedia? Kamu juga tidak perlu khawatir dengan fasilitas umumnya, seperti toilet dan tempat ibadah.

Baca juga:  Pesona Rawa Bento yang Memukau

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Taman Sakura akhir pekan mendatang? Kalau iya, jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatannya, yah! Jangan lengah, terus memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun! Atau memilih tetap dirumahaja untuk sementara ini? Tidak apa, masukkan saja dulu ke dalam bucket list untuk traveling nanti setelah pandemi berakhir.  Tetap jaga kesehatan, yah!

Alamat Kebun Raya Cibodas

Jl. Kebun Raya Cibodas

Sindangjaya, Kec. Cipanas,

Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253

Operasional

Senin sd Jumat 08.00 – 16.00

Senin sd Minggu & Libur Nasional 08.00 – 16.00

Tiket masuk

Pengunjung Domestik : Rp. 16.500

Wisatawan Asing : Rp. 16.500

Tarif masuk mobil : Rp. 20.000

Tarif masuk motor : Rp. 5.000

One Response

  1. Avatar Wenny

Reply