Kepulauan Mandeh, Raja Ampatnya Tanah Minang

Keindahan dan eksotisme Raja Ampat sudah mendunia. Disebut, salah satu surganya keindahan alam tropis. Rupanya, Sumatera Barat juga punya destinasi seindah Raja Ampat. Hanya saja kurang tenar. Mungkin karena belum banyak dipromosikan.

Kepulauan Mandeh, demikian nama Raja Ampatnya tanah Minang. Letaknya juga mudah dijangkau. Bagi kamu yang punya niat melancong ke Sumatera Barat (Sumbar), baiknya masukan Kepulauan Mandeh dalam daftar kunjunganmu. Dijamin akan banyak kenangan menakjubkan yang bisa kamu catat dari kisah perjalananmu.

Kepulauan Mandeh sendiri tak begitu jauh dari Kota Padang, pusat keramaian di Sumbar. Jaraknya dari Kota Padang, sekitar 65 km. Jika ingin nyaman datang ke sana, tinggal sewa mobil saja. Tiket masuknya pun murah meriah. Tak akan menguras kantong. Plus, penduduknya yang ramah dan hangat.

Kepulauan Mandeh sendiri adalah gugusan pulau-pulau kecil yang menghadap langsung ke Samudra Hindia. Memiliki luas sekitar 70 hektar, Raja Ampatnya Sumbar ini punya pemandangan yang menakjubkan.

Di sana, kamu akan dimanjakan oleh pantainya yang berpasir putih bersih. Hutan mangrove yang rimbun. Serta wajah lautan yang biru bersih. Pokoknya, instagramable banget. Pemandangan alam yang fotogenik. Karena itu tak salah jika Kepulauan Mandeh dijuluki Raja Ampatnya orang Minang.

Tidak hanya bisa menikmati lanskap alam yang memikat, para pelancong yang datang ke sana pun bisa melakukan beragam kegiatan. Ada spot untuk yang hobi snorkeling. Keindahan alam bawah laut di Kepulauan Mandeh, tak kalah memikat dengan Raja Ampat.

Terumbu karang dan rumput lautnya masih terawat. Juga hewan laut di dalamnya. Kegiatan snorkelingmu di Kepulauan Mandeh, pasti akan memuaskan. Bagi yang suka kemping, Kepulauan Mandeh juga jadi pilihan yang tepat. Menyepi dari hiruk pikuk kota hanya ditemani debur ombak lautan akan jadi pengalaman kemping yang mengesankan. Kamu bisa juga bisa mancing ikan sepuasnya. Enaknya lagi, tak perlu kami susah payah bawa peralatan memancing. Ada banyak tempat penyewaan alat pancing di sana.

Baca juga:  Asyiknya Mempelajari Sejarah Industri Rokok di House of Sampoerna Surabaya

Tapi kalau tak begitu kemping, jangan khawatir. Banyak penginapan dengan tarif ramah di kantong di sana. Dan bagi kamu yang suka kegiatan yang memacu adrenalin, kamu bisa coba kegiatan terjun payung. Ada operator yang menyediakan jasa kegiatan terjun payung di sana.

Atau ingin kegiatan yang lebih santai tapi sedikit menantang? Tinggal naik banana boat saja. Di Kepulauan Mandeh, ada operator yang akan dengan senang hati, mengantar anda keliling gugusan pulau dengan banana boat. Menarik bukan?

Tidak usah khawatir pula kamu akan kelaparan. Sudah ada fasilitas warung makan di Kepulauan Mandeh. Dan, jangan ragukan soal rasa. Tanah Minang terkenal sebagai surganya kuliner enak.

So, tunggu apa lagi? Punya rencana melancong ke Sumbar? Melipir sebentar saja ke Kepulauan Mandeh. Bisa pakai jalur darat atau laut. Jika ingin cepat sampai, bisa naik kapal dari Bungus atau Teluk Bayur. Atau ingin lebih santai, tinggal sewa saja mobil. Ada banyak jasa penyewaan mobil di Kota Padang dengan harga yang tak mencekik dompet.

Reply